Rabu, Mei 22, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Sejarah Honda BR-V di Indonesia, Dari Konsep Kembali ke Konsep

by Firdaus Ali
Sejarah Honda BR-V di Indonesia

Berikut akan kami ulas mengenai sejarah Honda BR-V di Indonesia. Mobil ini hadir sebagai Low SUV 7 penumpang yang menjadi jembatan bagi mereka yang mendamba ketangguhan layaknya Honda HR-V dan akomodasi lapang seperti di Mobilio.

Sejarah Honda BR-V dimulai pada 20 Agustus 2015 di event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Setelah perkenalan awal, barulah mobil ini saling berbagi platform dengan Honda Mobilio ini mulai diniagakan pada 23 Januari 2016.

Honda BR-V generasi pertama (2015-2021)

Tampil menggebrak diawal kemunculannya, menandai sejarah Honda BR-V jadi pengganjal bagi duet kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Mobil ini memang menyuguhkan hal berbeda dan terlihat lebih dinamis dari segi desain dibandingkan dengan kompetitornya tadi.

Selain desain, ada dua amunisi andalah PT Honda Prospect Motor (HPM) membungkam Rush-Terios yakni fitur dan mesin. Saat itu BR-V sudah dilengkapi dengan head unit yang bisa MirrorLink dengan tampilan layar smartphone ke monitor.

Bahkan menariknya, head unit Honda BR-V ini memiliki Nano Technology untuk menyebarkan partikel air elektrostatik ke kabin agar suhu di dalam selalu terjaga dan fresh. Ditambah dengan AC digital bikin suasana kabin mobil ini menyenangkan.

Semantara untuk mesin menggunakan jantung yang sama seperti di Mobilio dan HR-V 1.5 yakni unit 1.497 cc 4 silinder bertenaga 120 dk pada 6.600 rpm, dan torsi sebesar 145 Nm. Potensi mesin tersalur ke kedua roda depan via pilihan transmisi, otomatis CVT atau manual 6-percepatan. Meski kelemahan ‘laten’ Honda ialah intrusi suara roda tetap menelusup masuk ke kabin dikarenaka isolasi kabin yang kurang maksimal.

Bahkan untuk fitur keselamatan juga tergolong lengkap dengan aplikasi EBD, rem ABS, Electric Brake Distribution, Brake Assist (BA) dan Traction Control (TC). Termasuk mode berkendara Eco untuk mengemudi lebih efisien.

Honda BR-V Gen-1 Facelift

Kisah manis Honda BR-V sejatinya cuma bertahan 3 tahun karena PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung melakukan gebrakan dengan menghadirkan Toyota Rush dan Daihatsu Terios baru di penghujung tahun 2017. Meski setahun setelahnya PT HPM baru merespon tantangan dengan menghadirkan penyegaran pada BR-V facelift yang dihadirkan di IIMS 2018.

Baca juga  Honda BR-V Gen 2 Vs Mitsubishi Xpander Cross Facelift, Pilih Mana?

Honda BR-V gen-1 facelift benar-benar memikul tugas berat. Meski wajahnya yang agresif dipermanis garnish-garnish krom, ada sejumlah fitur tambahan yang diganti untuk meraih hati konsumen. Sebut saja power retractable door mirror, antena shark fin, tambahan arm rest, pasokan head unit floating ukuran 8 inci yang mendukung konektivitas USB Port, AUX input, Bluetooth, HDMI dan Android Mode dengan smart app car.

T

Sejarah Honda BR-V di Indonesia
Honda BR-V facelift (2019)

Tak kehabisan akal, Honda kembali memberikan penyegaran terhadap BR-V pada 2019 dengan ‘embel-embel’ facelift. Honda BR-V Facelift juga hanya mengusung ubahan minor di sisi eksterior, mulai dari desain lampu DRL baru, garnish foglamp baru, serta desain gril, bumper dan under spoiler baru. Kemudian desain setirnya juga mirip Honda Jazz.

Honda BR-V gen 2 (2021-sekarang)

Sejarah Honda BR-V di Indonesia
Honda BR-V gen-2

Genap 6 tahun kehadiran Honda BR-V, mobil ini akhirnya mendapatkan revolusi total. All New Honda BR-V lahir pada 21 September 2021 sebagai representasi model konsep Honda N7X.

Honda BR-V generasi kedua memang butuh waktu untuk dilirik dan mendapatkan hati masyarakat. Mobil dengan kepanjangan BR-V merupakan akronim dari Bold Runabout Vehicle seyogianya benar-benar tampil beda.

Honda BR-V generasi kedua hadir dengan pilihan 5 varian, S MT, E MT, E CVT, Prestige CVT dan Prestige CVT with Honda Sensing. Kemudian harganya kala itu dijual mulai dari Rp 275,9 juta sampai yang termahal Rp 339,9 juta.

“Honda baru BR-V baru mengusung desain model anyar, meninggalakan desain sebelumnya. Selain itu, fitur-fiturnya juga lebih lengkap dan modern serta dimensi yang lebih lega. Hampir semuanya tampil baru, mulai dari mesin, desain eksterior dan interior serta fitur-fiturnya yang cocok dengan kebutuhan market di Indonesia. Untuk dikelasanya, Honda BR-V baru jelas lebih unggul dari sisi fitur-fiturnya yang modern dan mumpuni,”” ungkap Yusal Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM waktu itu.

Baca juga  Honda N7X Produksi Massal Meluncur 21 September 2021?

Desain eksterior Honda BR-V Gen-2 terlihat lebih modern serta mewah. Hal tersebut dapat dilihat untuk varian teritngginya atau Prestige, yang kini parasnya pakai lampu depan LED dan grille mirip kepunyaan Odyssey.

Pada bagian belakang, All New BR-V mengusung desain lampu rem yang mirip Honda City Hatchback. Ada pula spoiler atap yang lebih sederhana.

Kemudian seperti model lamanya, aksesori seperti skid plate hadir di setiap sisi mobil masih tetap dihadirkan untuk menambah aura SUV. Di atap pun, tersedia antena sharkfin dan roof rail persi generasi pertama.

Velg BR-V Prestige mengalami ubahan ukuran. Dari sebelumnya pakai 16 inci, kini jadi 17 inci. Sementara desain peleknya tidak beda. Kemudian ground clearancenya juga lebih tinggi, yaitu 220 mm.

Soal teknologi dan fitur, BR-V generasi kedua ini tergolong lengkap dan canggih di kelasnya. Yaitu adanya remote start engine. Teknologi ini memungkinkan pemilik mobil mengaktifkan mesin dan menghidupkan AC dari jarak jauh.

Selanjutnya, untuk varian tertinggi juga sudah dilengkapi dengan Honda Sensing. Di dalam Honda Sensing terintegrasi dengan fitur seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Semua fitur Hond Sensing itu bertugas mencegah kecelakaan secara aktif. Caranya bisa dengan memberi peringatan, melakuakn pengereman secara otomatis, mengoreksi setir, dan lain-lain.

Ada pula Honda LaneWatch yang meningkatkan pandangan di spion kiri mobil. ketika berpindah jalur ke kiri, akan ada tampilan area blind spot di layar head unit untuk mencegah terjadi tabrakan dengan kendaran lain.

Honda BR-V N7X Edition Meluncur di IIMS 2024

Sejarah Honda BR-V di Indonesia berlanjut di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 dengan meluncurnya Honda BR-V N7x Edition.

Baca juga  Ini Hasil Uji Konsumsi BBM Honda BR-V Terbaru

Secara tampilan, eksterior Honda BR-V N7X Edition masih mempertahankan desain All New Honda BR-V. Hanya saja, ada beberapa ubahan yang ditambahkan sehingga lebih stylish serupa dengan konsep N7X saat melakukan debut di 2021 lalu.

Honda BR-V N7X Edition tersedia dalam 3 varian, yaitu E CVT, Prestige CVT, dan Prestige CVT with Honda Sensing. Adapun harganya sebagai berikut:

  • Honda BR-V N7X E CVT: Rp 319.400.000
  • Honda BR-V N7X Prestige CVT: Rp 343.400.000
  • Honda BR-V N7X Prestige with Honda Sensing: Rp 363.400.000

Honda BR-V N7X Edition punya warna spesial yaitu Sand Khaki Pearl. Warna Sand Khaki Pearl pertama kali diperkenalkan pada model All New Honda HR-V tahun 2022. Semenjak diperkenalkan warna tersebut menjadi salah satu warna terlaris dan selalu diminati oleh konsumen Honda HR-V.

Warna khaki sendiri dipilih dengan alasan sejalan dengan konsep stylish, di mana pada dunia fashion warna ini dikenal mewakili karakter yang klasik, elegan, dan tak lekang jaman.

Warna inilah yang tidak dimiliki varian lain semisal varian BR-V E CVT yang hanya punya pilihan warna Premium Opal White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Selain memiliki warna baru yang lebih eye catching, BR-V N7X Edition juga mengadopsi konsep two tone. Kemudian untuk menegaskan identitasnya, disematkan emblem N7X Edition yang terletak di bagian grill depan.

Kemudian, pada eksterior New BR-V N7X Edition meliputi penambahan New Exclusive N7X Edition Aero Kit yang terdiri dari Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Under Spoiler serta Dark Chrome Emblem. Kosmetik ini tidak dimiliki pada Honda BR-V standar.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika