oleh

Sejarah Honda City Sedan di Indonesia, Sudah 5 Generasi!

Sejarah Honda City tidak terslepas dari sebuah perjalanan sedan kompak Jepang. Dimana awalnya mobil ini adalah hasil evolusi dari sebuah hatchback mungil.

Di negeri asalnya Jepang mobil Honda City pertama kali diluncurkan pada tahun 1981 berlanjut di tahun 1986. Inilah generasi pertama dan kedua Honda City secara global.

Desain pertama kali City adalah hatchback. Sekaligus jadi mobil terkecil yang diproduksi Honda kala itu.

Sesungguhnya sejarah Honda City di Jepang tidak panjang. Cuma sampai 1993. Lalu tidak pernah diproduksi versi sedan. Pasar Negeri Sakura cuma memasarkan versi turbo dan cabriolet, semuanya berbasis hathcback.

Kemudian barulah pada 1996, City sedan dibuat untuk pertama kalinya di Thailand. Basisnya adalah Honda Civic. Jadi tidak salah kalau menyebutnya Baby Civic.

Hingga kemudian perjalanan City sedan berlanjut terus, hingga saat ini sudah generasi kelima. Di Indonesia sendiri, City terbaru meluncur pada akhir Oktober 2021 dengan berbagai keunggulan.

Ingin tahu lebih dalam tentang sejarah Honda City, terutamanya di pasar otomotif Tanah Air alias Indonesia? Simak bahasan berikut:

1. Generasi Pertama Honda City Sedan Masuk Indonesia (1996 – 2001) 

Sejarah Honda City
Honda City generasi pertama yang mengusung bodi sedan

Sejarah Honda City sedan memang bermula dari Thailand. Mobil ini hadir dibuat untuk konsumen negara berkembang, termasuk Indonesia. 

Pakai kode bodi SX8, mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin: 1.300 cc dan 1.500 cc. Di era ini, City bersaing sengit degan Toyota Soluna, yang telat hadir lantaran terhambat krisis moneter di tahun 1998.

Kemudian pada tahun 2000, Honda menghadirkan City yang sudah disempurnakan. Mobil tersebut lebih istimewa karena mesin 1.500 cc sudah dibenamkan teknologi VTEC. Alhasil lebih irit konsumsi BBM.

Ada pula stabilizer bar pada suspensi belakang. Alhasil model ini lebih nyaman diajak berkendara. Versi facelift ini dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai Honda City Type Z.

Baca juga  Kompetisi Brio Slalom 2022 Dimulai, Hadir di 4 Kota!

2. Honda City Sedan Generasi Kedua Pakai Platform Honda Jazz (2002 – 2007)

Sejarah Honda City
Sosok City sedan generasi kedua meluncur tahun 2002

Di era 2000 awal, pertempuran sedan sedang gencar-gencarnya. Honda merilis generasi terbaru dari City di tahun 2002. Mobil tersebut sudah menggunakan platform GD yang juga dipakai pada Honda Jazz.

Saat pertama kali diluncurkan, City dibekali dengan teknologi i-DSI pada mesin L15 1.500 cc yang menjanjikan efisiensi bahan bakar optimal. Di periode ini Honda juga merilis mesin VTEC 1.497 cc.

Mesin anyar tersebut mampu menghasilkan tenaga 110 hp dengan torsi 143 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis CVT.

Mobil ini pun sukses di pasaran. Nama City mulai kesohor sebagai mobil yang memiliki performa mumpuni di kelasnya. Di sisi lain konsumsi bahan bakartetap irit.

Beberapa pengujian mencatat, Honda City sedan generasi kedua ini berhasil mencatatkan konsumsi BBM hingga 21 Km/liter. Sedangkan pesaing terdekatnya, Toyota Vios sebagai kompetitor yang hadir pertama kali pada 2003, hanya mampu mencetak angka 17,24 Km/liter kilometer.

Tak hanya unggul pada efisiensi bahan bakar, ternyata Honda City juga andal dalam hal akomodasi penumpang maupun barang dibanding Suzuki Baleno sekalipun.

3. Honda City Generasi Ketiga (2008 – 2012)

sejarah honda city - generasi ketiga
Ciri khas generasi keempat Honda City sedan pakai grille depan horizontal tiga lapis

Selanjutnya generasi ketiga Honda City di Indonesia makin bertenaga lagi. Sedan tersebut masih mengusung mesin 1.500 dengan teknologi i-VTEC terbaru. Dapat menghasilkan tenaga hingga 118 PS dan torsi 145 Nm.

Kemudian dari sisi dimensi lebih panjang jadi 4.420 mm (+5 mm dibanding model lama). Lebarnya juga meningkat jadi 1.695 mm (+5 mm dibanding model lama). Sementara untuk ground clearance tetap. Hanya saja tinggi mobil berkurang 15 mm menjadi 1.480 mm.

Baca juga  Kupas Tuntas Honda CR-V Facelift 2021, Cocok Untuk Indonesia

Tidak kalah menarik, jarak sumbu rodanya memanjang hingga 100 mm. Hal ini membuat ruang kabin semakin luas, sehingga semakin nyaman untuk pengemudi dan penumpang. Bagasi juga semakin lega dengan total kapasitas 506 liter.

Dalam sejarah Honda City, ini merupakan generasi ke-3 yang dipasarkan sejak 2008. Tetap berbagi basis dengan Honda Jazz.

4. Honda City Generasi Empat (2013 – 2020)

sejarah honda city - generasi keempat
City sedan generasi keempat

Sejarah Honda City berlanjut masuk generasi keempat. Kali ini rilis pertama kali di India pada 2013 secara global. Ada tambahan pilihan mesin diesel untuk negeri Bollywood dengan kubikasi 1.5L i-DTEC.

Kehadiran mesin diesel adalah berfokus pada efisiensi. Hanya saja memang mesin diesel City tidak pernah dijual di Indonesia.

Honda City generasi keempat meluncur di Tanah Air pada 2014 dengan mesin bensin yang sudah disempurnakan. Kini konsumsi BBM jadi lebih baik. Hanya saja basis mesinnya tidak berubah, masih 1.5L i-VTEC.

Kemudian dari sisi rangka dibuat lebih ringan namun dengan tingkat rigid yang semakin istimewa. Alhasil untuk berkendara jadi semakin menyenangkan. Fitur keselamatan Honda City generasi keempat sudah cukup lengkap. Ada sistem pengereman ABS dan EBD, serta brake assist (BA).

Selanjutnya di tahun 2017, City generasi keempat mendapat facelift. Lampu depan pakai LED baru dan ada daytime running light.

Masuk ke interior, ada head unit layar sentuh 8 inci di versi facelift. Fitur hiburan itu mampu memutar musik melalui USB, AUX, dan fitur Bluetooth. Tentunya menemani sepanjang dengan kabin yang cukup kedap.

5. Honda City Generasi Kelima Pakai Mesin DOHC (2021 – Sekarang)

sejarah honda city - generasi kelima
Inilah City terbaru yang menggunakan basis serupa dengan City Hatchback

Butuh waktu hampir 4 tahun untuk Honda dalam merilis versi terbaru dari mobil sedan ini. Hingga akhirnya diperkenalkanlah All New Honda City pada 28 Oktober 2021.

Baca juga  9 Jenis Mobil yang Dipasarkan di Indonesia

Kini sudah tidak lagi menggunakan basis serupa Honda Jazz, pasalnya mobil tersebut sudah tidak diproduksi. Platformnya sekarang sama dengan Honda City Hatchback.

Ciri khas paling terlihat adalah penggunaan mesin baru dengan tambahan teknologi DOHC. Alhasil mampu mengeluarkan tenaga mencapai 121 PS serta torsi 145 Nm.

Mobil yang terhitung sebagai generasi kelima ini menawarkan desain semakin elegan dan fitur-fitur canggih yang pertama kali hadir di kelasnya. Adapun pembaruanya seperti penggunaan Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

Lampu depan All New Honda City kini juga menggunakan Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Door Mirror with LED Turning Signal yang tampil semakin elegan.

Tampilan baru juga tampak pada desain Alloy Wheel 16” yang semakin gagah. Sementara pada bagian belakang, All New Honda City juga dilengkapi dengan Rear Combi Lamp with LED Light Bars dan Shark Fin Antenna yang menambah kesan stylish.

Tidak sampai disitu, unit ini juga sudah dilengkapi dengan perangkat layar infotainment ukuran 8 inci. Ada pula speaker yang berjumlah 8 unit untuk memanjakan telinga ketika mendengaar musik.

All New Honda City dijual dengan harga Rp 355 juta (OTR Jakarta). Cukup mahal bila dibanding Vios. Pasalnya mobil ini tidak mendapat relaksasi pajak dari pemerintah, maklum masih impor dari Thailand.

Demikian ulasan terkait sejarah Honda City di Indonesia.  Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru