oleh

Sejarah Honda Civic di Indonesia, Sudah 11 Generasi!

Mengenal sejarah Honda Civic di Indonesia, tidak kalah serunya dengan sejarah Honda City yang telah kita kupas sebelumnya. Mobil ini bahkan sudah hadir sejak 1970-an.

Kemudian mobil tersebut terus berevolusi hingga sekarang sudah 11 generasi. Dari tadinya mobil mungil, berubah jadi agak bongsor. Kini masuk di level sedan mengengah yang bersaing dengan Toyota Corolla Altis.

Ingin tahu lebih jauh tentang sejarah Honda Civic? Simak bahasan berikut:

Berawal Dari Hathcback Ringkas, Honda Civic Koper Generasi ke-1

Sejarah Honda Civic
Saat ini Honda Civic generasi ke-1 sudah masuk ke jajaran mobil klasik yang sudah langka keberadaannya.

Bicara mobil Honda Civic sudah ada sejak tahun 1972 secara global. Inilah yang dimakan Honda Civic Generasi ke-1. Hanya saja baru masuk Indonesia pada 1975 dalam versi dua pintu, ketika itu dipakai oleh pembalap legendaris Aswin Bahar. Kemudian dijual massal pada 1976.

Kendaraan ini dikenal juga sebgai Civic Koper. Kemungkinan, karena dimensinya yang kecil dan compact. Bisa jadi juga karena mobil ini mirip seperti Mini Cooper yang kala itu juga lumayan banyak beredar di Indonesia.

Oya mobil ini memang berukuran kompak, dan inilah cikal bakal kei car Honda mula-mula. Saat ini Honda Civic generasi ke-1 sudah masuk ke jajaran mobil klasik yang sudah langka keberadaannya.

Biasanya mobil ini hanya nongol di pameran-pameran otomotif sebagai barang display.

Honda Civic Generasi ke-1 ini mengusung mesin berkapasitas 1.169 cc, 4 silinder dengan pendingin air serta dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan. Sistem pengeraman ini terbilang canggih di jamannya.

Khas mobil dengan silinder kecil tentu saja memilki kelebihan konsumsi bahan bakar yang lumayan irit.

Baca juga  Uji Konsumsi BBM Mobilio, Benarkah Efisien?

Honda Civic Generasi ke-2

Sejarah Honda Civic
Pada model ini ada kemajuan sedikit, dimensinya lebih besar dibanding Civic sebelumnya.

Mungkin diantara kamu pembaca pernah merasakan memiliki Honda Civic Excellent. Mobil ini hadir di Indonesia pada tahun 1979 hingga 1983. Inilah yang dinamakan Honda Civic generasi ke-2.

Pada model ini ada kemajuan sedikit, dimensinya lebih besar dibanding Civic sebelumnya. Mungkin hal ini dilakukan utuk menyesuaikan perkembangan jaman kala itu, dimana orang lebih suka berkendara bersama keluaraga.

Pun dengan desainnya sedikit lebih modern. Bumper depan dan belakangnya sudah terbuat dari bahan plastik, namun desain grille masih mirip, hanya dimensinya saja yang diperbesar.

Honda Civid Exellent mengusung mesin 1.335 cc. Transmisinya kala itu tersedia versi manual dan semi otomatis dengan sebutan Hondamatic.

Versi Sedan Hadir di Generasi Ke-3, Honda Civic Wonder

Sejarah Honda Civic
Di Indonesia, Honda Civic generasi ke-3 hadir sejak tahun 1983 – 1987.

Di genrasi ke-3 ini Honda Civic semakin beragam. Yakni hadir dalam dua varian hatchback dan sedan.

Di Indonesia, Honda Civic generasi ke-3 hadir sejak tahun 1983 – 1987. Disebut juga sebagai Civic Wonder. Mobil ini dibekali mesin 1.500 cc, 4 silinder. Desainnya jauh lebih modern, yakni sebagai sedan salon khas Jepang. Tapi bodinya masih didomonasi oleh desain boxy.

Oleh karena bodi kotak, versi hatchbacknya disebut juga sebagai Wonder Setrikaan. Pasalnya dari sisi bentuk sungguh mirip setrika. Panjang, dan ciri khasnya cuma punya 3 pintu.

Di era ini Civic bersaing ketat dengan Toyota Corolla DX di Indonesia.

Grand Civic dan Civic Nouva, Generasi ke-4

Sejarah honda civic
Honda Civic generasi ke-4 ini kala itu bersaing ketat dengan Toyota Corolla TwinCam.

Sejarah Honda Civic di Indonesia berlanjut. Civic generasi ke-4 rilis pertama kali pada tahun 1987, mobil ini tenar dengan sebutan Grand Civic. Lalu untuk versi hatchback disebut Civic Nouva.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM CR-V, Benarkah Boros?

Hadir dengan desain yang sudah terlihat lebih modern dan diproduksi hingga tahun 1991. Honda Civic generasi ke-4 ini kala itu bersaing ketat dengan Toyota Corolla TwinCam .

Terkait mesin, mobil ini sudah menggunakan besin B16A berteknologi DOHC dan VTEC. Mesin ini berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder yang cukup irit. Ubahan signifikan ada pada sistem suspensi yang sudah menggunakan model double wishbone.

Civic Genio dan Estilo, Generasi ke-5

Sejarah Honda Civic
Honda Civic Generasi ke-5 ini hadir dengan sebutan Honda Genio.

Sejarah Honda Civic berikutnya berlanjut pada generasi ke-5. Pada generasi ini terjadi revolusi desain yang sudah mulai “kapsul” atau membulat. 

Honda Civic Generasi ke-5 ini hadir dengan sebutan Honda Genio. Diproduksi dari tahun 1991 hingga 1995. Pada versi hatchbacknya dinamai Honda Estilo diproduksi pertengahan antara tahun 1992-1995.

Honda Civic Ferio, Generasi ke-6

Sejarah Honda Civic
Waktu itu kedua  Honda Civic ini sudah di produksi di Indonesia, di pabrik perakitan Honda di Gaya Motor Sunter.

Pada generasi ke-6, Honda merilis Civic Ferio. Diproduksi pada tahun 1995 sampai 2000, model ini juga cukup populer. Hanya saja cuma ada dalam desain sedan.

Waktu itu kedua  Honda Civic ini sudah di produksi di Indonesia, di pabrik perakitan Honda di Gaya Motor Sunter. Populasinya pun cukup banyak, dan menjadi salah satu favorit modifikator.

Honda Civic Generasi ke-7

sejarah honda civic
Sosok Civic Generasi Ke-7

Di tahun 2000, Honda menelurkan lagi model terbarunya dengan kode bodi EM, ES, EP dan EV. Mesin yang digunakan memakai K Series yang cukup bertenaga.

Untuk model yang satu ini perubahnnya sudah lumayan banyak, terutama dari segi desain. tapi sayangnya mobil Civic generasi ini kurang diminati pasar.

Baca juga  All New Honda Civic Type R Prototype, Kapan Rilis ?

Honda Civic generasi ke-7 diproduksi hingga tahun 2004.

Honda Civic Generasi ke-8

Sejarah Honda Civic
Civic generasi ke-8

Sejarah Honda Civic berikutnya adalah hadir pada tahun 2005 hingga 2011. Model ini terbilang sukses di pasaran. Desain body juga terbilang sporty dan mewah.

Di Indonesia, mesin yang ditawarkan terdiri dari 1.800 cc dan 2.000 cc. Hingga kini, masih banyak orang yang mencari Civic FD ini untuk digunakan sebagai kendaraan harian karena mesin yang andal dan irit bahan bakar.

Honda Civic Generasi ke-9

Sejarah Honda Civic
Honda Civic generasi ke-9

Honda Civic berikutnya lahir di tahun 2011 dan diproduksi hingga 2016. Generasi ini lebih menonjolkan kesan modern, dan aerodinamis.

Dengan kode bodi FB, Civic generasi Sembilan ini dibekali dengan banyak fitur baru sebagai peranti utama. Sebut saja rem ABS, Vehicle stability assist, dan electronic brake distribution yang jadi fitur andalannya.

Pakai Mesin Turbo, Honda Civic Generasi ke-10

Sejarah Honda Civic
Mobil ini lebih panjang di banding versi terdahulunya.

Generasi berikutnya adah Honda civic yang rilis di tahun 2016. Dengan kode bodi FC dan FK, model ini jadi model yang paling baru. Mesinnya memakai 1.500 cc, 4 silinder turbo.

Pada generasi ini juga, Honda merayakan 43 tahun kehadiran Civic di Dunia otomotif Internasional. Jika dilihat dari tampilan, model ini punya desain yang cukup gahar dan sangat sporty. Tak heran banyak orang yang menyukai desain terbaru Civic ini.

Dari ukuran, model ini mendapatkan ukuran yang lebih panjang. Wheelbasenya memanjang 1,2 inci serta bodinya melebar hampir 2 inci. Ruang kabinnya pun cukup lega, nyaman digunakan. 

Honda Civic Generasi ke-11

Sejarah Honda Civic
Honda Civic 2021

Nah inilah generasi terkhir Honda Civic di Indonesia yanhg baru saja meluncur pada 28 Oktober lalu. Model ini hanya ada satu varian yang dijual, yaitu RS.

Kelebihannya tentu tampilan sporty. Sekaligus menggunakan mesin 1.500 cc turbo dengan performa lebih mantap. All New Honda Civic ini ditawarkan pada harga Rp 567 juta on the road Jakarta.

Demikian ulasan terkait sejarah Honda Civic di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru otomotif.

Terbaru