Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sejarah Honda Scoopy di Indonesia, Sudah 5 Generasi

by Reza Agis Surya Putra
Sejarah Honda Scoopy

Honda Scoopy hadir sebagai salah satu motor skuter matik yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah kamu tentang sejarah Honda Scoopy?

Memiliki tampilan retro, Honda Scoopy punya desain yang cukup unik. Bodinya membulat, dengan gaya retro namun sporty. Meski bergaya retro, faktanya skuter matik Honda ini cukup digemari oleh kalangan muda Tanah Air.

Siapa sangka, skuter matik yang kerap digunakan sebagai moda transportasi masyarakat perkotaan ini rupanya sudah hadir dalam 5 generasi.

Mulai dikenalkan pada tahun 2010 sebagai generasi awal, Honda Scoopy bisa dikatakan jadi pilihan lain selain Honda BeAT sebagai skuter matik yang paling digemari masyarakat.

Mari kita kenali, sejarah perjalanan 5 generasi Honda Scoopy di Indonesia.

1. Generasi pertama Honda Scoopy Meluncur 2010

Sejarah Honda Scoopy

Honda Scoopy pertama kali hadir di tahun 2010

Pada tahun 2010, PT Astra Honda Motor kenalkan produk skuter matik bergaya retro yang diberi nama Honda Scoopy.

Kala itu, skuter matik ini dibekali oleh mesin berkapasitas 108 cc dengan sistem pengabutan bahan bakar karburator. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga sebesar 6,09 kW pada putara 800 rpm dan torsi maksimum yang dihasilkan 8,32 Nm pada putaran 5500 rpm.

Pada bagian roda, motor skuter matik retro ini menggunakan velg dengan ukuran diameter 14 inci.

Baca juga  Honda CBR1000RR-R Fireblade Rilis, Harga Tembus Rp1 Miliar

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, Honda Scoopy generasi pertama dengan karburator ini dibanderol dengan harga Rp 13.500.000 On the Road (OTR) Jakarta.

2. Sejarah Honda Scoopy Berubah Jadi Injeksi di Generasi Kedua

Sejarah Honda Scoopy

Generasi kedua Honda Scoopy hadir di tahun 2013

Pada tahun 2013, PT Astra Honda Motor melakukan penyegaran pada Honda Scoopy setelah 3 tahun menemani masyarakat Indonesia.

Penyegaran dilakukan pada sektor penerangan. Dimana Honda Scoopy generasi kedua ini menggunakan model lampu membulat dan menyatu dengan model projector.

Astra Honda Motor juga memperluas bagian kompartemen bawah jok yang saat itu sanggup menampung barang bawaan dengan kapasitas 15,4 liter. Di klaim, bagasi bawah jok itu mampu menampung 1 buah helm half face.

Meski masih menggunakan mesin dengan kapasitas yang sama, sistem pengabutan bahan bakar Honda Scoopy generasi ke 2 ini sudah berubah menjadi sistem injeksi.

Tenaga mesin pun turut berubah menjadi 6,27 kW pada 8000 rpm dan torsi 8.68 Nm pada 6500 rpm.

Generasi kedua Honda Scoopy ini dibanderol dengan harga 13,9 juta On the Road (OTR) Jakarta.

3. Honda Scoopy generasi ketiga hadir 2015

Sejarah Honda Scoopy

Generasi ketiga Honda Scoopy hadir di tahun 2015

Selang dua tahun kehadiran Honda Scoopy generasi kedua, Astra Honda Motor kembali melakukan penyegaran pada Honda Scoopy pada tahun 2015. Ini merupakan tonggak sejarah Honda Scoopy generasi ketiga.

Baca juga  5 Modifikasi BeAT yang Bisa Jadi Inspirasi

Pada generasi ketiga ini, Honda Scoopy telah menggunakan mesin dengan teknologi eSP. Tak hanya itu, AHM juga menghadirkan fitur Idling Stop System (ISS) yang memungkinkan mesin motor mati disaat gas motor tidak dipuntir.

Tidak cuma itu, pada generasi ketiga Honda Scoopy ini juga hadir fitur ACG Starter yang membuat starter mesin menjadi lebih senyap dan answer back system yang mempermudah pencarain motor di parkiran.

Meski hahdir dengan banyak perubahan dari sisi fitur, Scoopy generasi ketiga masih mengusung mesin dengan kapasitas yang sama dengan versi sebelumnya yakni 110 cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 6,4 kW pada 7500 rpm dan torsi 9,1 Nm pada 6000 rpm.

Honda Scoopy generasi ketiga itu dibanderol dengan harga Rp 16,25 juta On the Road (OTR) Jakarta.

4. Generasi keempat Honda Scoopy Meluncur 2017

Sejarah Honda Scoopy

Honda Scoopy generasi keempat hadir di tahun 2017 dengan berbagai fitur tambahan

Pada tahun 2017, AHM kembali menghadirkan versi terbaru dari Honda Scoopy. Membedakan dari versi sebelum-sebelumnya, kali ini Honda Scoopy hadir dengan roda yang berdiameter 12 inci.

Desain lampu utama motor ini nampang telah menyambung dengan lampu sein dan telah dibekali dengan sistem pengereman Combi Brake System (CBS). Pada generasi keempat ini juga dihadirkkan port pengisian daya smartphone.

Baca juga  5 Kelebihan Yamaha Aerox 155 Connected Terbaru

Sayangnya AHM tetap mempertahankan kubikasi mesin yang sama dengan versi sebelumnya yakni, mesin 110 cc.

Honda Scoopy generasi keempat dijual dengan harga Rp 17,8 juta OTR Jakarta.

5. Generasi kelima hadir di tahun 2020, pakai keyless

generasi honda scoopy

Generasi kelima Honda Scoopy sudah pakai keyless

Tahun 2020 jadi gebrakan bagi varian skuter matik Honda Scoopy. Skutik ini kembali hadir dengan banyak ubahan baik dari sisi desain maupun fitur.

Ubahan hadir pada sektor rangka, skuter matik ini telah menggunakan model sasis eSAF sama seperti yang digunakan pada Honda Genio dan juga Honda BeAT terbaru.

Struktur mesin juga telah mendapatkan ubahan meski masih mempertahankan kapasitas mesin yang sama dengan versi sebelumnya.

Saat diuncurkan Honda Scoopy generasi terbaru memiliki 4 varian yakni, Fashion, Sporty, Stylish dan Prestige. Menyoal harga jualnya, varian Fashion dan Sporty dijual dengan harga Rp 19,95 juta sedangkan untuk varian Stylish dan Prestige dibanderol dengan harga Rp 20,75 juta OTR Jakarta.

Nah itu tadi sejarah Honda Scoopy di Indonesia. Silahkan absen generasi keberapa Honda Scoopy milik kamu.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika