oleh

Sejarah Isuzu MU-X, Gagah Namun Kurang Populer

Sejarah Isuzu MU-X menarik untuk diulas. Sebab, mobil yang didatangkan langsung (CBU) dari Thailand ini punya tampilan gagah.

Lalu MU-X juga mengusung spesifikasi mesin diesel 2.500 cc yang bandel. Oleh karenanya, seharusnya SUV tersebut bisa jadi pesaing ketat Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero. Hanya saja kenyataannya, mobil ini kalah pamor dibandingkan dua pesaingnya tersebut.

Sejarah Isuzu MU-X bermula dari tahun 2013. Di mana mobil ini diluncurkan pertama kali di Thailand. MU-X adalah hasil kolaborasi Isuzu dengan General Motors (GM), lantaran itu platform awal yang digunakan serupa Chevrolet Trailblazer dan Holden Colorado.

Kemudian MU-X pertama kali hadir di Tanah Air lewat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Secara desain, mobil ini memang tidak seeksotis Pajero Sport atau Fortuner.

Namun demikian, Isuzu MU-X lebih menawarkan ketangguhan mesin. Di mana soal mesin diesel brand Isuzu pamornya sudah lebih dahulu dikenal masyarakat Indonesia melalui Isuzu Panther.

Mau tahu lebih detail sejarah Isuzu MU-X khususnya di Indonesia? Simak bahasan berikut:

Isuzu MU-X Generasi Pertama Meluncur 2014

Sejarah Isuzu MU-X
Isuzu MU-X 2014

Isuzu MU-X lansiran 2014 mengusung tampilan eksterior yang terbilang sederhana namun tetap bernuansa gagah. Meluncur di Indonesia pertama kali pada IIMS.

Mobil ini punya ciri khas, pada bagian depan, desain grillnya tidak neko-neko. Hanya mengadopsi aksen krom dengan sentuhan desain garis horizontal, bagian ujung kanan kirinya mengarah ke atas menyelaraskan desain lampu utama yang sudah menggunakan projector headlamp. Untuk melengkapi kesan gagahnya, pada bagian bumper disematkan foglamp yang dibalut material plastik keras berwarna hitam.

Baca juga  Program Spesial Isuzu Jelang Lebaran 2021

Isuzu MU-X generasi pertama ini mengusung mesin diesel 4JK1-TC 2.500cc 4-silinder VGS Turbo yang diklaim menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 320 Nm. Memang terlihat lebih kecil dari pesaingnya, namun dari dulu mesin Isuzu memang tidak pernah didesain untuk performa, melainkan durabilitas dan efisiensi.

Kemudian, untuk dimensi dari Isuzu MU-X adalah panjang 4.845, lebar 1.860, dan tinggi 1.840 mm. Kemudian untuk ground clearance 230 mm serta jarak sumbu rodanya di angka 2.845 mm, sedangkan kapasitas tangka BBM sebesar 65 liter.

Nah, soal fiturnya MU-X generasi awal ini sudah disematkan head unit berukuran 7 inci yang sudah diintegrasikan dengan Smartphone (true mirroring), HDMI, USB, CD, dan Bluetooth. Kemudian terdapat juga 8 unit speaker, steering wheel control dan cruise control, serta Passive Entry Start System (PESS).

Selain itu, terdapat pula fitur keselamatan seperti Stability dan Traction Control, Dual SRS Airbag, ABS + EBD + TCS.

Soal pilihan warna untuk Isuzu MU-X lansiran 2014 hingga 2016 adalah Cosmic Black Mica, Titanium Silver Metallic, Uluru Brown Metallic, Splash White dan Fjord Blue Metallic.

Isuzu MU-X 2017 – 2019 (Facelift)

Sejarah Isuzu MU-X
Isuzu MU-X 2017

Sejarah Isuzu MU-X kembali bergulir pada tahun 2017 dengan munculnya versi facelift. Terdapat beberapa ubahan pada mobil 7-seater ini, antara lain bagian depan dari eksteriornya.

Pada bagian eksterior, terdapat penambahan fitur New Front Grill Ornament serta Body kit yang membuat tampilan MU-X terlihat lebih sporty. Kemudian pada bagian bumper depan, posisi DRL berada tepat disamping foglamp dan terintegrasi dengan body kit.

Baca juga  Sejarah Chevrolet Captiva di Indonesia, SUV Alternatif!

Kemudian, pada bagian interior, bagian jok mobil mengusung warna yang lebih cerah yaitu Ivory Colour. Selain itu,  audio head unit juga ukurannya lebih besar, yaitu 8 inci dilengkapi dengan Airplay Wifi dan Nav System. Tak hanya itu saja, untuk lebih memanjakan penumpangnya, speaker audio menjadi 8 titik, dimana pada generasi sebelumnya hanya ada 6 titik.

Oh ya, MU-X facelift ini memiliki tiga pilihan varian, yaitu 4×4, Premier dan Royale sebagai varian tertingginya. Adapun perbedaan yang signifikan dari masing-masing varian tersebut adalah untuk varian 4×4 menggunakan transmisi manual 5-percepatan, sedangkan Premier dan Royale mengadopsi transmisi otomatis 5-percepatan.

Kemudian, untuk varian Royale, terdapat fitur roof monitor untuk memanjakan penumpang bagian tengah dan belakang. Sementara untuk varian Premier mengusung fitur yang dengan Royale namun tidak ada roof monitornya.

Pada bagian kaki-kakinya, Isuzu MU-X varian 4×4 dan Premier masih mengadopsi velg alloy berukuran 16 inci. Sementara untuk MU-X varian Royale sudah menggunakan velg berukuran 20 inci dan desain yang lebih elegan.

Nah, soal fitur keselamatan Isuzu MU-X versi facelift lansiran 2017 ini mendapat tambahan fitur, seperti Hill Start Aids, Hill Descent Control (HDC), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), ABS, EBD Fitur ini berfungsi menahan mobil agar tidak meluncur mundur saat berhenti di tanjakan. Ditambah lagi dengan fitur All New camera 360 pada varian tertinggi (MU-X Royale).

“Isuzu MU-X memang kurang laku dibandingkan dengan para kompetitornys seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero series. Namun, menurut saya mesin yang digunakan MU-X tergolong kuat dan irit BBM. Salah satu penyebab konsumen masih ragu adalah terbatasnya jumlah jaringan diler dan bengkel resmi Isuzu,” ujar Bobby selaku penjual mobil bekas di Cirendeu.

Baca juga  Cek Perbedaan Toyota Raize 1.0 Turbo Vs 1.2, Beli yang Mana?

Sementara itu, untuk Isuzu MU-X facelift (lansiran 2017) menawarkan 6 pilihan warna menarik. Yaitu White, Brown, Titanium Silver, Cosmic Black, Brown Metallic, dan Osybian Blue.

Sejarah Isuzu MU-X Generasi Kedua Dimulai Tahun 2021, Pakai Mesin 1.900 cc

Sejarah Isuzu MU-X
Isuzu MU-X 1.900 cc.

Sejarah Isuzu MU-X kembali terukir di tahun 2021 di Indonesia. Isuzu menghadirkan generasi kedua atau MU-X 4×4 bermesin diesel 1.900 cc yang dijual dengan harga Rp 559,8 juta (OTR Jakarta).

MU-X yang diluncurkan pada event GIIAS 2021 tersebut diperuntukkan untuk konsumen fleet (perusahaan), buka individu. Karenanya fitur yang diusung juga terbilang sederhana, sebut saja panel instrumen masih kombinasi analog dan digital, AC model putar, kemudian belum ada audio steering switch.

Mobil ini mengusung mesin diesel common rail RZ4E dengan kapasitas 1.900 cc dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Hasilnya, tenaga maksimalnya diklaim mampu meraih angka 147 dk serta torsi 359,4 Nm.

Untuk fitur keselamatan Isuzu MU-X 4×4 sudah menyematkan ABS (Anti-Lock Bracke System), EBD (Electronci Brake-force Distribution), BA (Break Assist), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA) & Hill Decent Control (HDC) serta dimensi disk brake yang lebih besar.

Moladiners, itulah ulasan mengenai sejarah Isuzu MU-X di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru