Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Siasat Wuling BinguoEV Main Aman di Tengah Persaingan Lawan MG 4 EV dan Neta V

by Ivan
Wuling BinguoEV vs Neta V vs MG 4 EV

Peta persaingan mobil listrik Cina makin semarak setelah MG 4 EV mengumumkan penyesuaian harga jual mendekati harga rivalnya yakni Wuling BinguoEV.

MG Motor Indonesia mengoreksi harga MG 4 EV CKD (tipe tertinggi) jadi Rp 433 juta dari banderol awal Rp 699,9 juta. Hal ini bikin harganya kian mepet harga Wuling BingouEV Premium Range yang dijual Rp 408 juta.

MG 4 EV turun harga

MG 4 EV turun harga

Kami menyoroti positioning Wuling BinguoEV yang main aman di tengah rivalitas yang berkembang juga barsama dengan kontestan lain yakni Neta V. Berikut komparasi Wuling BinguoEV vs MG 4 EV vs Neta V.

1. Wuling BinguoEV Harga di Tengah Punya Varian Bawah

Wuling Binguo EV menyuguhkan desain modern

Wuling Binguo EV menyuguhkan desain modern dan punya varian lebih rendah

Seperti sudah disinggung di atas Wuling Binguo EV hadir dengan harga kompetitif. Wuling BinguoEV Premium Range dibanderol Rp 408 juta lebih murah Rp 25 juta jika dibandingkan harga MG 4 EV CKD (tipe tertinggi) yang dijual Rp 433 juta. Meski yang termurah di persaingan ini jatuh pada Neta V yang dijual Rp 379 juta.

Namun berbeda dengan kedua rivalnya, hanya Wuling BinguoEV yang punya varian bawah. Model paling murah Wuling BinguoEV Long Range dengan jarak tempuh 333 km dijual seharga Rp 358 juta.

2. Perbandingan Kapasitas Baterai dan Jarak Tempuh

Perbandingan kapasitas baterai dan tenaga MG 4 EV vs Wuling BinguoEV vs Neta V

Perbandingan kapasitas baterai dan tenaga MG 4 EV vs Wuling BinguoEV vs Neta V

Perbandingan kapasitas baterai dan jarak tempuh Wuling BinguoEV Premium Range lagi-lagi ada di tengah kedua rivalnya. Wuling BinguoEV Premium Range sebenarnya cuma dibekali baterai 37,9 kWh dengan klaim jarak tempuh 410 km, sementara Neta V disokong baterai Lithium-ion lebih besar berkapasitas 40,7 kWh meski klaim jarak tempuhnya cuma 401 km.

Baca juga  3 Kekurangan Neta V 2023 Dibanding Kompetitor, Masih Mau Beli?

Pada MG 4 EV kapasitas baterainya paling besar yakni 51 kWh. Dengan itulah, mobil listrik ini bisa mencapai jarak tempuh hingga 425 Km dalam kondisi baterai penuh. Tim Moladin sendiri sudah pernah tes mobil ini tanpa charge rute Jakarta-Semarang full penumpang dan mobil ini bisa membuktikannya dengan meyakinkan.

Sementara untuk perbandingan tenaga, Wuling BinguoEV disupport Electrin Drive Motor cuma merilis tenaga 50 kW (67 dk) dan torsi sebesar 150 Nm. Sementara untuk menggerakkan roda, ada motor listrik di roda depan Neta V yang bisa menghasilkan tenaga 70 kW atau setara 95 PS dan torsi sama puncak 150 Nm. Tertinggi masih dipegang MG 4 EV yang disokong Permanent Magnet Synchronous Motor bertenaga 125 kW atau 167 hp dan torsi melimpah hingga 250 Nm.

3. Perbandingan Luas Bagasi

luas bagasi BinguoEV posisi jok baris kedua dilipat mencapai 790 liter

luas bagasi BinguoEV posisi jok baris kedua dilipat mencapai 790 liter

Ketiga mobil pada komparasi ini dibekali 4 pintu dan memang merujuk sebagai mobil keluarga ramah lingkungan. Jadi komposisi luas bagasi sebaiknya proper untuk mengakomodir perjalanan jarak jauh. Kami secara khusus membandingkan luas bagasi ketiganya dimana luas bagasi Wuling BinguoEV mencapai 790 liter. Sementara luas bagasi Neta V hanya 335 liter namun bisa ditambah dengan melipat jok belakangnya hingga siap menampung barang hingga 552 liter.

Baca juga  Mobil Listrik Neta Rakitan Lokal, Harganya Bakal Semurah Apa?

Paling bawah dalam urusan akomodasi barang ialah MG 4 EV. Mobil ini memiliki area bagasi yang tidak terlalu luas untuk barang, cuma bisa mengangkut 363 liter dengan kondisi semua jok digunakan untuk duduk orang. Namun bisa lebih luas saat jok belakang dilipat

4. Parade Promo Pembelian

Dian Asmahani, Sales & Marketing Director Wuling Motors

Dian Asmahani, Sales & Marketing Director Wuling Motors

Bicara mobil-mobil listrik Cina saat ini, salah satu gimmick yang ditawarkan ialah sederet promo pembelian. Tidak heran jika ketiga mobil memiliki promo menarik untuk menggugah konsumen.

Pertama untuk setiap pembelian Wuling BinguoEV maka konsumen akan mendapatkan keuntungan berupa Electric Icon Priority Pack dengan nilai Rp47.000.000 khusus bagi 1.000 konsumen pertama yang memesan varian 410 km pada periode pre-book ini.

Paket tersebut terdiri dari Lifetime Core EV Components Warranty untuk power battery, drive motor, dan motor control unit, gratis perawatan berkala hingga lima tahun, voucher listrik senilai Rp4.000.000, gratis AC Charging Pile, hingga gratis aksesoris.

Program penjualan menarik Neta V dan promo after sales

Program penjualan menarik Neta V dan promo after sales

Hampir sama dengan rivalnya itu, setiap pembelian Neta V juga diganjar promo menarik. NETA memberikan jaminan berupa Lifetime Warranty Unlimited Kilometers & Periods untuk pembelian unit NETA V. Lifetime warranty terkait High Voltage Battery, Drive Motor dan Motor Control Unit.

Baca juga  SPK MG 4 EV Selama Event IIMS 2024 Tembus 1.125 Unit, Wuling Binguo EV Apa Kabar?

Juga 1 tahun periode gratis biaya perawatan berkala di bengkel resmi (sparepart 5 Tahun / 50,000 Km), gratis saldo PLN hingga total 2,5 juta atau setara dengan 1.000 KW khusus 1.000 pemesan pertama. Sementara pada pembelian MG 4 EV sejauh ini bisa mendapatkan MG Electric Package mencakup Garansi Baterai selama 8 tahun atau setara dengan 160.000 kilometer.

Sensasi geber MG 4 EV

Sensasi geber MG 4 EV

Juga 4 Years Warranty untuk mobil tanpa batas kilometer, sehingga memberikan ketenangan pikiran lebih kepada pemilik. Terdapat garansi 5 tahun untuk Free Maintenance & Labor serta Spare Parts yang memastikan bahwa perawatan kendaraan tidak hanya mudah tetapi juga bebas khawatir.

Update 

Lepas satu hari setelah tulisan ini dirilis, tepatnya 13 Januari 2024, Wuling Motors Indonesia juga ikutan mengoreksi harga Wuling BinguoEV Premium Range jadi lebih murah.

Harga Wuling BinguoEV turun Rp 30 jutaan lantaran lolos TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 45%,. Kini varian Premium Range AC DC hanya berbanderol Rp 372 Jutaan (OTR DKI Jakarta). Ini artinya ia berbanderol paling murah dibanding dua rivalnya yakni Neta V (Rp 379 Juta) dan MG 4 EV (Rp 433 juta)

Lini produk EV kedua yang diproduksi di fasilitas pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat ini menjalani proses verifikasi yang dilakukan oleh lembaga pelaksana verifikasi, yakni PT Surveyor Indonesia dan memperoleh hasil 47,5% untuk nilai TKDN.

 

 

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika