Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Sinyal Kia EV5 Siap Masuk Indonesia, EV9 Paket Hemat!

by Firdaus Ali
eksterior kia ev5

Kia Indonesia mulai menyebar teaser terkait SUV listrik terbarunya yaitu EV5 di sosial media resmi. Bisa jadi ini pertanda bahwa mobil listrik tersebut bakal dijual di Tanah Air, tidak lama lagi.

“Bersiap, Kia EV5 akan menggebrak pasar dengan desain yang tegas, interior yang lega dan fleksibel, sempurna untuk keluarga tanpa mengorbankan estetika atau performa,” tulis akun Instagram @kia_indonesia.

Pasalnya sudah berkali-kali saat Instagram resmi Kia di Indonesia menampilkan sosok mobil baru, tidak lama lagi produk tersebut bakal dijual di Tanah Air. Seingat kami, hal tersebut terjadi di Kia EV6 GT-Line, Kia EV9, dan lain-lain.

Lalu kapan kira-kira Kia EV5 akan dijual di Indonesia? Sabar dulu. Pasalnya saat ini mobil tersebut juga baru diperkenalkan secara global di Chengdu Motor Show, Cina pada akhir Agustus 2023. Kemudian mulai dijual pada akhir 2023 di Cina dan setelah itu ke negara-negara lain.

Maka dari itu, Indonesia kemungkinan bakal dapat unit EV5 pada tahun 2024. Walau masih lama, tapi dengan spesifikasi yang mumpuni, tentu adik dari KIA EV9 ini wajib ditunggu kehadirannya.

Berapa kira-kira harganya? Pihak Kia juga belum memberikan informasi ke publik. Namun begitu, mobil SUV listrik ini akan dijual di bawah Kia EV9. Mungkin saja setara dengan harga Kia EV6 GT-Line yang tembus Rp 1,3 miliar.

Baca juga  Harga Mobil Listrik Esemka Bima EV, Bikin Kaget!

Spesifikasi KIA EV5

Desain Eksterior KIA EV5 Mirip EV9 Tapi Lebih Kecil

Kia EV5

Desain eksterior sekilas mirip Kia EV9

Tampilan eksterior Kia EV5 kental dengan perpaduan aura futuristik dan ciri khas dari Brand Kia. Bagian depan disematkan grill dengan desain Tiger Nose yang diimbangi dengan bumper bergaya bold serta headlamp yang pipih dengan lekukan yang apik.

Bagian samping terlihat lekukan dan garis yang simpel namun tetap terlihat tegas. Dan untuk mendukung estetika penampilannya, disematkan velg two tone dengan desain yang eye catching.

Pada bagian belakang, desain lampu hadir dengan gaya pipih menyesuaikan lampu depan. Pun begitu juga dengan bumpernya, hadir dengan gaya bold dan lekukan yang menarik.

Sekilas, tongkrongannya mirip dengan Kia EV9. Hanya saja dimensinya lebih kecil. Dilansir dari laman kianewscenter, target market Kia EV5 adalah keluarga milenial yang berarti kepraktisan menjadi titik fokus di samping desain modern dan kenyamanan. Perpaduan desain eksterior dan kenyamanan interior membuat mobil ini menjadi SUV yang cocok untuk menemani perjalanan.

Baca juga  Kia Sonet Modifikasi Autospot & Concept Motorsport, Galak!

Interior dengan 7-Seater?

Kia EV5

Jok depan dan dashboard Kia EV5

Masuk ke dalam bagian interior, mobil asal Korea Selatan ini hadir dengan tampilan yang unik. Kia mengatakan bahwa interior EV5 terinspirasi dari raung keluarga di rumah yang nyaman. Sejauh ini mereka cuma menampilkan desain baris pertama saja. Di mana terliht jok yang tampak menyatu antara pengemudi dan penumpang.

Kemudian jok dibungkus dengan material kulit berkualitas warna beige, dipadukan dengan aksen warna abu-abu di doortrim dan dashboard. Untuk mendukung fitur hiburan, ada head unit touchscreen model floating yang tersambung dengan panel cluster. Ada pula ambient lighting 64 warna dengan kecerahan yang dapat disesuaikan selaras dengan mode berkendara.

Hadir pula fitur wireless charging dibagian tengah serta steering switch untuk memudahkan pengemudi mengontrol audio dan beberapa fitur mobil. Oh ya, fitur Connected Car Navigation & Cockpit (ccNC) generasi baru dan kontrol pemanas hadir, sehingga penumpang dapat memilih pengaturan yang mereka sukai dengan kemudahan yang sama seolah-olah mereka sedang duduk di kursi favorit mereka di rumah. Tidak ketinggalan, di atapnya ada kaca besar atau panoramic sunroof untuk membuat kabin terasa lebih luas.

Baca juga  9 Mobil Listrik Paling Murah di Indonesia, Mulai Rp 200 Jutaan

Walau begitu, soal konfigurasi joknya untuk penumpang belakang belum disebutkan sama sekali. Di sektor belakang, Kia cuma menampilkan EV5 dengan jok yang terlipat rata lantai. Alhasil kami cuma mengetahui tersedia ruang yang lapang untuk bagasinya. Hanya saja terkait kapasitas penumpangnya bakal bisa 7-orang atau 5-orang, belum ada detail lebih lanjut.

Performa Kia EV5

interior kia ev5

Interior KIA EV5

Soal performa motor elektrik dan baterainya, spesifikasi KIA EV5 memang belum terungkap. Walau demikian, berbagai media asing memprediksi bahwa tidak akan terlalu beda dari sedan KIA EV6 yang pakai kapasitas 77,4 kWh. Dengan begitu, jarak tempuhnya kemungkinan di atas 400 Km, mengingat desain SUV umumnya punya bobot lebih berat dan aerodinamika yang tidak sebaik sedan.

Jika benar, tentunya performa KIA EV5 ini istimewa untuk sebuah SUV listrik. Tidak hanya pas untuk dipakai di dalam kota, tapi juga bisa diajak berkendara ke luar kota. Mantap bukan?

Bagaimana, tertarik meminang Kia EV5 atau justru sekalian EV9 saja? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika