oleh

4 Solusi Pintu Mobil Tidak Tertutup Rapat, Mudah!

Solusi pintu mobil tidak tertutup rapat tidaklah sulit dan disebabkan beberapa faktor. Umumnya karena karet pintu mobil yang sudah aus alias getas, namun ada juga penyebab lainnya yang tentu harus diwaspadai.

Salah satu penyakit mobil yang sudah berumur lebih dari lima tahun adalah pintu mobil yang tidak bisa tertutup rapat. Tentu hal tersebut menyebabkan kekedapan mobil jadi tidak optimal, bahkan debu dan air hujan bisa berpotensi masuk ke dalam kabin mobil.

Seperti sudah diketahui, fungsi dari pintu mobil adalah sebagai akses keluar masuk penumpang ke dalam mobil. Faktor usia pemakaian mobil memang bisa memicu pintu mobil tidak bisa tertutup rapat, namun penyebab lain dari hal tersebut juga bisa disebabkan karena pemilik yang kurang melakukan perawatan pada komponen bagian pintu mobil.

“Penyebab pintu mobil tidak bisa tertutup rapat umumnya karena faktor usia mobil, namun bisa juga disebabkan karean pemilik mobil yang kasar saat buka tutup pintu mobil dan tidak pernah melakukan perawatan pada bagian komponen pintu mobil,” terang Pak Bandot, mekanik bengkel spesialis bodi dibilangan Tangerang Selatan. (7/10/2021).

Berikut beberapa solusi pintu mobil tidak tertutup rapat yang bisa kamu lakukan:

Coba Lakukan Ini Kalau Mau Pintu Mobil Tertutup Rapat Kembali

1. Ganti karet pintu mobil

solusi pintu mobil tidak tertutup rapat
Karet pintu yang getas harus segera diganti

Solusi pintu mobil tidak tertutup rapat yang pertama adalah dengan mengecek kondisi karet pintu mobil, utamanya jika mobil sudah berumur lebih dari lima tahun.

Baca juga  10 Pelanggaran Lalu Lintas yang Paling Banyak Kena Tilang!

Sebab, umumnya kondisi karet pintu mobil jika sudah berumur lebih dari lima tahun kelenturannya akan berkurang, bahkan bisa keras alias getas.

Solusinya cek kelenturan karet pintu mobil, apakah ada yang robek atau kondisinya sudah aus. Jika demikian kondisinya maka karet pintu tersebut harus diganti dengan yang baru.

Namun jika kondisi karet pintu mobil masih layak pakai namun hanya bergeser posisinya, maka bisa diperbaiki dengan cara menempatkan kembali posisi karet pintu ke asalnya dengan benar.

“Karet pintu yang sudah aus harus diganti dengan yang baru agar pintu bisa kembali normal fungsinya. Jika sudah mengeras harus ganti yang baru, selain itu gunakan karet yang orisinil biar awet dan kualitasnya terjamin. Untuk harganya kisaran mulai dari Rp 250 ribuan ke atas,” imbuh Pak Bandot.

2. Bersihkan bagian doorlock

solusi pintu mobil tidak tertutup rapat
Bersihkan doorlock kalau kotor, karena ini jadi penyebab pintu mobil tidak tertutup rapat

Solusi pintu mobil tidak tertutup rapat berikutnya adalah dengan mengecek bagian doorlock. Jika kondisinya hanya kotor maka bisa dibersihkan dengan grease.

Untuk membersihkannya, buka terlebih dahulu bagian handle pintu atau dootrim, cek bagian komponennya dan pastikan semua masih layak pakai dan tentunya dibersihkan pula.

Semprotkan grease ke bagian yang terdapat kotoran atau karat, biarkan beberapa saat dan dilanjutkan dengan membersihkan menggunakan kain lap.

Selain kotoran, bisa juga kerusakan doorlock akibat pemilik mobil yang sering menutup pintu dengan cara dibanting. Jika sudah mengalami kerusakan, maka solusinya harus diganti dengan yang baru.

Baca juga  8 Tips Berkendara Mobil Malam Hari Biar Tidak Ngantuk!

“Jangan menutup pintu terlalu keras. Benturan yang keras bisa mengakibatkan gigi penggerak mengalami perubahan posisi. Gigi penggerak berkaitan dengan lengan atau batang penggerak. Batang penggerak yang bengkok akibat benturan bisa memicu sistem doorlock tidak lancar atau seret. Jika komponen tersebut sudah rusak parah ya harus diganti baru. Harga barunya, seperti contoh Kijang Innova kisaran Rp 800 ribuan,” terang Pak Bandot.

3. Setel ulang bagian engsel pintu

solusi pintu mobil tidak tertutup rapat
Engsel pintu moibl yang sudah turun, sebaiknya disetel ulang agar bisa tertutup rapat kembali

Solusi pintu mobil tidak tertutup rapat selanjutnya adalah dengan menyetel ulang bagian engsel pintu. Imbas dari engsel pintu yang sudah bergeser karena korosi atau baut engsel yang sudah aus menyebabkan pintu mobil akan turun. Solusinya setel dan ganti dengan engsel yang baru.

“Kalau kondisi engselnya hanya turun sedikit dan tidak parah itu bisa diperbaiki dengan hanya menyetel ulang. Namun jika sudah korosi parah dan kondisinya tidak layak pakai ya ganti baru, untuk Innova harganya kisaran Rp 850 ribuan,” jelas Pak Bandot.

4. Bersihkan dan setel pengait pintu

solusi pintu mobil tidak tertutup rapat
Pengait pintu juga harus dicek kalau pintu mobil kamu tidak tertutup rapat

Solusi pintu mobil tidak tertutup rapat berikutnya adalah dengan mengecek kondisi pangait pintu. Komponen ini memang jarang mengalami masalah, namun bukan berarti tidak akan terjadi masalah sama sekali.

Bahan materialnya yang terbuat dari besi tentunya bisa muncul korosi jika jarang dibersihkan akibat tumpukan kotoran debu atau sering terkena air.

“Pengait pintu yang geser atau bautnya lepas bisa jadi penyebab pintu tidak rapat. Solusinya cek dan bersihkan. Namun jika kondisinya sudah tidak layak baiknya ganti yang baru, harganya tidak mahal, kisaran Rp 200 ribuan,” imbuh Pak Bandot.

Baca juga  3 Cara Mengetahui Kena Pajak Progresif Motor dan Mobil

Itulah tadi bahasan soal solusi pintu mobil tidak tertutup rapat. Jika keseluruhan solusi itu sudah kamu coba, tapi juga masih bermasalah, ada baiknya bawa ke bengkel spesialis pintu mobil terpercaya.

Penyebab pintu mobil bermasalah

solusi pintu mobil tidak tertutup rapat

Ada beberapa penyebab pintu mobil mengalami masalah, seperti contohnya pintu mobil yang tidak bisa tertutup rapat atau muncul bunyi berisik pada pintu mobil. Berikut beberapa penyebabnya:

  • Sering menutup pintu mobil dengan keras

Banyak pemilik mobil yang saat menutup pintu mobil dilakukan dengan keras atau membanting. Hal tersebut akan berakibat beberapa komponen seperti doorlock dan engsel pintu akan mengalami kerusakan jika dilakukan secara terus menerus.

  • Sering membiarkan pintu terbuka lama

Penyebab beriutnya adalah seringnya pintu mobil terbuka lama. Daun pintu yang menggantung terlalu lama bisa menyebabkan engsel pintu bermasalah karena menahan berat bobot daun pintu.

  • Jarang melakukan perawatan pintu mobil

Fungsi pintu mobil sangat vital, karenanya dibutuhkan perawatan secara berkala. Bersihkan karet-karet pintu, bagian engsel serta bagian pengait pintu. Jika beberapa hal tersebut tidak pernah dilakukan maka komponen-komponen tersebut berpotensi mengalami aus atau kerusakan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai solusi pintu mobil tidak tertutup rapat. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru