by

Spesifikasi BMW F900R, Rival Kawasaki Z900 di Indonesia!

Spesifikasi BMW F900R – Motor naked sport dari BMW, F900R siap meluncur di Tanah Air. Kuda besi ini dijadwalkan tampil ke muka publik pada 9 April, bertepatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020.

Jika melihat spesifikasi, BMW F900R siap mengganggu eksistensi Kawasaki Z900 di Indonesia. Bagaimana tidak? Dari sisi kapasitas mesin, sama-sama 900 cc. Kemudian soal tampilan juga bergaya naked sport.

“Mid size roadster segment atau yang sering dikenal dengan naked bike di Indonesia ini adalah sasaran kami dari memasukkan F900R ke Indonesia. Walau dominasi market ini di Indonesia dipimpin oleh kawasaki, kami suka itu,” ujar CEO PT Maxindo Moto Indonesia, Joe Frans selaku pemegang merek BMW Motorrad.

Sejauh apakah motor BMW bisa mengalahkan eksistensi Kawasaki Z900? Buat kamu yang penasaran, simak detail spesifikasi BMW F900R berikut ini:

Spesifikasi Mesin Bertorsi Besar Jadi Kelebihan BMW F900R

 

spesifikasi bmw f900r
Jantung mekanisnya punya torsi besar di putaran mesi bawah

Di atas kertas, spesifikasi mesin F900R memang tidak istimewa. Pakai konfigurasi cuma dua silinder. Kapasitas murninya hanya 853 cc.

Baca juga  Konsumsi BBM Yamaha MT-15, Irit?

Beda jauh dengan Kawasaki Z900 yang mengaplikasikan konfigurasi empat silinder. Kapasitasnya juga mencapai 948 cc.

Hanya saja, keistimewaan bisa didapat setelah putar selongsong gasnya. Klaim BMW Motorrad, torsi lebih dari 87 Nm bisa keluar di putaran mesin rendah 4.500 – 8.500 rpm. Sementara torsi puncaknya adalah 92 Nm.

Lalu untuk tenaga maksimalnya mencapai 105 hp pada 8.750 rpm. Padanan jantung mekanis tersebut, transmisi 6-percepatan manual dengan koling basah multiple-disc.

Konektivitas Smartphone

spesifikasi bmw f900r
Panel instrumen TFT besar hadir di motor ini, bisa terintegrasi smartphone

Spesifikasi BMW F900R selanjutnya yang juga menarik, kehadiran panel instrumen dengan konektivitas smartphone. Alhasil kamu bisa mengangkat telepon, mendengar musik, sampai memantau navigasi sambil berkendara.

Panel instrumen motor ini juga pakai teknologi layar TFT 6,5 inci. Efeknya, informasi tentang motor dapat terlihat jelas meski kondisi siang dalam malam hari. Kawasaki Z900 juga mengadopsi layar TFT, tapi ukurannya lebih kecil cuma 4,3 inci.

Kelebihan lain F900R, punya opsi keyless untuk membuat keamanan kuda besi lebih terjaga. Keyless tidak bisa dibobol dengan mudah oleh maling. Fitur ini memang sebatas opsi, meski demikian bukan tidak mungkin menjadi standar kelengkapan saat meluncur di Indonesia!

Baca juga  Dua Motor BMW Terbaru Siap Meluncur di IIMS 2020

Baca juga:

Adaptive Cornering Light

BMW F900R 003
Lampu depannya bisa bergerak otomatis mengikuti manuver motor

Keistimewaan spesifikasi BMW F900R ditunjang pula opsi adaptive cornering light. Fitur ini memungkinkan pencahayaan depan motor bisa beradaptasi mengikut kondisi jalan.

Pergerakan cahaya secara otomatis ini terjadi dengan jarak main 7 derajat. Alhasil visibilitas berkendara semakin baik, terutama saat menunggangi motor di malam hari. Teknologi adaptive cornering light biasa ditemukan di mobil-mobil mewah.

Fitur ini memang sebagai opsi di F900R Jerman, hanya saja belum tahu apakah di Indoensai nanti akan jadi standar atau tidak. Satu yang jelas, Kawasaki Z900 selaku rival belum memilikinya.

Kelebihan Spesifikasi BMW F900R Punya Mode Berkendara dan Pengaturan Suspensi Elektrik

BMW F900R 004
BMW F900R merupakan rival Kawasaki Z900 di Indonesia

Naked sport rival Kawasaki Z900 tersebut juga memiliki fitur mode berkendara: rain dan road. Kelebihan rain, mencegah ban belakang selip saat melintas di jalan licin. Ada pula anti-lock braking system (ABS) serta Automatic Stability Control (ASC) sebagai standar.

Baca juga  Spesifikasi BMW S1000XR, Motor Adventure "Kebal Korona"

Istimewanya lagi, ada opsi fitur electronic suspension adjustment (ESA). Fitur ini berguna membuat berkendara lebih nyaman sesuai kebutuhan. Suspensi belakangnya dapat beradaptasi secara otomatis sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

Mungkin satu-satunya yang tidak dipunya BMW F900R untuk melawan Kawasaki Z900 adalah harga terjangkau. Pasalnya Z900 saat ini dipasarkan dengan banderol sangat murah buat motor 900 cc, hanya Rp250 juta (OTR Jabodetabekser).

Sementara harga BMW F900R memang belum diumumkan. Hanya saja melihat saudaranya yaitu BMW F850GS dijual setengah miliar, kemungkinan motor ini juga banderolnya tidak jauh!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru