by

Italia Lockdown Korona, Ducati Malah Luncurkan Streetfighter V4

Spesifikasi dan Harga Ducati Streetfighter V4 – Di tengah ancaman wabah Virus Korona di Italia, Ducati malah meluncurkan motor buas terbarunya, beberapa waktu lalu (25/3). Kuda besi bergaya naked sport ini bernama Streetfighter V4.

Kehadiran motor tersebut tentu menggiurkan buat para pecinta roda dua. Bagaimana tidak? Desainnya yang telanjang, tentu lebih nyaman untuk ditunggangi sehari-hari dibanding Panigale V4. 

“(Ducati Streetfighter V4) Motor yang memberikan kesenangan berkendara setiap saat di jalanan,” seperti dikutip dari laman resmi Ducati.

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi dan harga Ducati Streetfighter V4? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut ini:

Motor Naked Sport dengan Winglet

 

spesifikasi dan harga ducati streetfighter v4
Inilah versi telanjang dari Ducati panigale V4

Salah satu keunikan spesifikasi Ducati Streetfighter V4 adalah penggunaan winglet. Biasanya yang pakai winglet adalah motor full fairing, namun pabrikan asal Italia justru membuat naked sport dengan komponen ini. Mereka menamakannya sebagai biplane wings.

Peletakan winglet di dekat roda depan dianggap mampu meminimalkan efek roda terangkat. Kemudian aerodinamika juga jauh lebih baik dengan kehadirannya. Bahkan, winglet disebut-sebut mampu mendinginkan mesin dengan lebih baik.

Baca juga  Kelahiran Motor Buas, Benelli TNT600i Saat Wabah Korona

Baca juga:

Fitur Istimewa

spesifikasi dan harga ducati streetfighter V4
Fitur keselamatanya terinspirasi Motor MotoGP

Soal fitur modern, jangan ditanya. Harga Ducati Streetfighter V4 yang cukup tinggi, pasti memberi kompensasi ke fiturnya. Sebut saja sudah hadir layar 5 inci full TFT high resolution seperti di Panigale V4.

Pengendara juga bisa memilih dua tema di layar TFT tersebut: track dan road. Khusus track akan terlihat lap times dan rev counter scale. Sementara untuk road, bakal tampil Ducati Multimedia System (DMS) yang bisa dipakai saat berkendara harian.

Fitur keselamatan pun mirip-mirip motor MotoGP:

  • ABS Cornering EVO
  • Ducati Traction Control (DTC) EVO 2
  • Ducati Slide Control (DSC)
  • Ducati Wheelie Control (DWC) EVO
  • Ducati Power Launch (DPL)
  • Ducati Quick Shift up/down (DQS) EVO 2
  • Engine Brake Control (EBC) EVO
  • Ducati Electronic Suspension (DES) EVO

Spesifikasi Mesin Ducati Streetfighter V4 Pakai Teknologi MotoGP

Spesifikasi dan Harga Ducati Streetfighter V4 002
Jantung mekanisnya pakai kapasitas 1.000 cc dengan konfigurasi V4

Spesifikasi mesin empat silinder Ducati Streetfighter V4 sangatlah istimewa. Di dalamnya ada teknologi MotoGP, terutama komponen kepala silinder yang punya dimensi dan geometri persis Desmosedici GP.

Baca juga  4 Kelebihan Suzuki GSX-150 Bandit Dibanding Rival

Alhasil jantung mekanis berkapasitas 1.103 cc tersebut mampu melontarkan torsi hingga 123 Nm pada 11.500 rpm dan tenaga maksimal 208 hp pada 12.750 rpm. Tenaga luar biasa besar tersebut diklaim tidak memiliki rival di kelas naked sport.

Menariknya lagi, rasio gigi akhir dibuat lebih pendek dibanding Panigale V4 (versi full fairing). Efeknya torsi jadi meningkat 10 persen, sekaligus memberi efek kejut saat selongsong gas diputar.

Kaki-Kaki “Sultan”

Ducati Streetfighter V4 01
Suspensi Ohlins tersemat untuk versi V4 S

Buat Streetfighter V4, suspensi depannya pakai Showa Big Piston Forks (BPF). Ada pula pengaturan pre-load, kompresi, dan rebound untuk menyesuaikan kebutuhan. Di bagian belakang ada Sachs shochk absorber.

Kalau merasa kurang puas dengan kaki-kaki tersebut, bisa pilih Streetfighter V4 S. Motor ini punya spesifikasi yang lebih istimewa ala sultan. Lihat saja suspensi depan dan belakangnya pakai Ohlins.

Di depan ada Ohlins NIX-30 dan di belakang Ohlins TTX36. Keduanya terhubung sistem modern, Ohlins Smart EC 2.0. Diklaim mampu memberi bantingan yang terbaik sesuai kebutuhan pengendara.

Baca juga  7 Perbedaan Yamaha Vixion dan Vixion R

Tidak ketinggalan, spesifikasi Ducati Streetfighter V4 S untuk pelek juga istimewa. Pakai 3-spoke Marchesini forged aluminium alloy yang ringan. Karet bundarnya menggunakan Pirelli Diablo Rosso Corsa II dengan ukuran 120/70-17 inci di depan dan 200/60-17 inci di belakang.

Kelebihan ban Pirelli Diablo Rosso Corsa ini adalah kemampuan terbaik bisa dicapai meski suhu masih dingin. Jadi cukup nyaman untuk diajak berkendara sehari-hari. Terkait kelincahannya, tidak beda dengan Supercorsa SP.

Harga Ducati Streetfighter V4

Spesifikasi dan Harga Ducati Streetfighter V4 001
Motor ini dijual mulai Rp320 jutaan

Berapa harga Ducati Streetfighter V4? Motor ini dijual $19,995 atau setara Rp320 jutaan untuk varian V4. Sementara varian V4 S yang punya spesifikasi lebih istimewa dipasarkan $23,995 atau setara Rp385 jutaan.

Setelah melihat spesifikasi dan harga Ducati Streetfighter V4, apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

Comment

Leave a Reply

Terbaru