Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi dan Harga Suzuki Fronx 2023, Rival Rocky-Raize!

by Tigor Sihombing

Harga Suzuki Fronx resmi diumumkan untuk pasar India pada April 2023. Banderolnya mulai Rp 134 jutaan untuk varian mesin 1.2 liter dan Rp 175 jutaan khusus yang bermesin 1.0 Liter Turbo.

Fronx sendiri, pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Auto Expo India yang berlangsung Januari 2023. Dilihat dari dimensi dan mesinnya, SUV berlogo S ini memiliki spesifikasi yang pas untuk jadi rival Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Tanah Air.

Buat yang belum tahu, Fronx merupakan SUV Suzuki yang belum pernah ada sebelumnya. Mobil ini sesungguhnya mengambil basis dari Baleno. Maka dari itu, banyak media yang menyebutnya sebagai Baleno SUV atau Baleno Crossover.

Walau meluncur di India, tapi bukan tidak mungkin ke depannya pasar Indonesia kebagian unit. Apalagi Suzuki memang sering mengimpor produk dari Negeri Bollywood untuk dijual di Tanah Air. Bahkan yang lebih menarik lagi, ada kabar bahwa Fronx akan diproduksi di Indonesia.

Oleh karena itulah, penting untuk mengetahui spesifikasi Suzuki Fronx 2023 secara lengkap. Mau tahu eksterior, interior, fitur, dan mesin SUV terbaru dari pabrikan berlogo S ini? Lalu kapan kira-kira Suzuki Fronx masuk Indonesia? Berikut bahasannya:

Eksterior Suzuki Fronx

eksterior suzuki fronx

Suzuki Fronx punya warna two tone untuk eksteriornya

Menurut pernyataan resmi Suzuki di laman Nexa Experience, Fronx dirancang sebagai sebuah crossover. Desainnya terinspirasi Suzuki Grand Vitara dan Baleno. Memang hal ini sangat terlihat jelas di bagian depannya, kombinasi tersebut membuatnya tampil maskulin, tapi tetap manis dilihat.

Terlihat di tampilan depan, mobil mengusung grille jaring yang didesain dengan aksentuasi krom, DRL LED, dan bumper cukup besar dengan lampu di atasnya. Sentuhan macho pada ekteriornya juga terlihat penggunaan overvender berwarna hitam hingga roof rail yang belum diketahui fungsinya, apakah hanya aksesoris semata atau atau bisa digunakan sebagai pembawa roofbox?

Bicara dimensi eksterior, Suzuki Fronx panjangnya cuma 3.995 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.550 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 2.520 mm. Kemudian untuk rodanya pakai velg 16 inci dengan band 195/60 R16. 

Baca juga  Modifikasi Suzuki Ertiga, Mau Elegant atau Sporty?

Di atas kertas, sesungguhnya dimensi Suzuki Fronx 2023 lebih ringkas dibanding rivalnya yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Tidak percaya? Si kembar memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Artinya Fronx cuma menang di lebar bodi.

Tersedia pula pilihan warna bodi two tone buat yang mau tampil beda: earthen brown + black, splendid silver + black, dan opulent red + black.

Pilihan Mesin Suzuki Fronx 2023: 1.000 cc Turbo dan 1.200 cc

interior suzuki fronx 001

Tersedia pilihan mesin 1.0 turbo dengan teknologi mild hybrid di Suzuki Fronx

Bicara mesin, Suzuki Fronx terbaru 2023 tersedia dalam dua pilihan: 1.0 liter turbo dan 1.2 liter nonturbo. Opsi tersebut persis dengan yang dipunya oleh Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia.

Khusus Fronx 1.0 liter, pakai teknologi BoosterJet (mild hybrid) dengan kapasitas murni 998 cc. Di atas kertas, bisa mengeluarkan torsi puncak 147,6 Nm pada 2.000-4.500 rpm dan tenaga maksimal 100,06 PS pada 5.500 rpm. Kemudian untuk mesin 1.0 liter turbo di Suzuki Fronx akan dapat padanan transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis.

Soal konsumsi BBM, Fronx bermesin 1.000 cc turbo mild hybrid bisa menghemat bensin hingga 21,5 km/liter untuk transmisi manual dan 20,02 km/liter untuk transmisi otomatis. Lalu untuk tangki bensin SUV ini punya kapasitas hingga 37 liter. Dengan kata lain, dengan tangki BBM penuh, Fronx mampu melaju dari Jakarta ke Jawa Timur tanpa perlu isi bensin di tengah perjalanan.

Tersedia pula pilihan mesin nonturbo dan nonhybrid untuk SUV Suzuki Fronx 2023. Di atas kertas pakai kapasitas murni 1.197 cc, Dual Jet, Dual VVT. Bisa melontarkan torsi puncak 113 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 89,73 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk versin 1.2 liter, padanan transmisinya adalah 5-percepatan manual dan 5-percepatan auto gear shift (AGS).

Baca juga  Peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu di GIIAS 2023?

Mesin 1.200 cc milik Fronx memang tidak terlalu bertenaga layaknya 1.000 cc turbo. Hanya saja soal menghemat BBM lebih jago. Klaim Suzuki, Fronx 1.2 liter bisa mengirit hingga 21,8 km/liter untuk transmisi manual dan 22,89 km/liter dengan transmisi otomatis. Istimewa bukan?

Interior Lebih Sempit dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

interior suzuki fronx 01

Interior Suzuki Fronx

Terkait interior Suzuki Fronx 2023, hadir tampilan modern seperti Suzuki Baleno. Bedanya, dashboard SUV ini diberi sentuhan aksen perak. Kemudian ada kombinasi warna two tone (merah dan hitam) di jok, dahsboard, dan panel pintu.

Sementara untuk konfigurasi joknya cuma cukup untuk 4-orang, ini tampak dari kehadiran 4 head rest, dua di depan dan dua di belakang. Lalu bicara bagasi, cuma muat barang 308 liter. Artinya interior Fronx tidak terlalu lega dibanding kompetitornya. Tidak percaya? Cek saja bagasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang mencapai 369 liter. Penyebab interior Suzuki Fronx cukup sempit, lantaran dimensinya memang tidak terlalu bongsor.

Bicara fitur, mobil tersebut memiliki head unit berukuran 9 inci dengan dukungan sistem SmartPlay. Ada pula konektivitas ke Android Auto dan Apple CarPlay. Hadir fitur AC digital, wireless charging, keyless entry dengan tombol Start/Stop, paddle shift, hingga cruise control.

Sementara untuk fitur keselamatannya, di tipe tertinggi terdapat 6 titik airbag, Hill Hold Control, ESP atau Electronic Stability Program, reverse parking sensors dengan bantuan kamera 360, dan sistem pengereman yang sudah ABS dan EBD.

Kekurangan Suzuki Fronx adalah dari sisi fitur tidak dilengkapi dengan teknologi keselamatan aktif. Pasalnya rival-rivalnya seperti Toyota Raize sudah punya Toyota Safety Sense (TSS), kemudian Daihatsu Rocky juga memiliki Advanced Safety Asisst (A.S.A.).

Baca juga  Suzuki Baleno Cross Dijual Rp200 Jutaan, Masuk Indonesia?

Suzuki cuma menyediakan konektivitas mobil dengan smartwatch via Suzuki Connect. Jadi, pemilik mobil bisa melakukan berbagai pengaturan serta melihat informasi tentang Fronx, hanya dari jam tangan pintar. Istimewa bukan?

Harga Suzuki Fronx

Suzuki Fronx

Tampilan depan Suzuki Fronx.

Harga Suzuki Fronx akhrinya resmi diumumkan untuk pasar India pada Senin (23/4/2023). Mobil ini dijual dalam dua pilihan mesin: 1.0 liter turbo dan 1.2 liter.

Jika kamu mau SUV dengan harga terjangkau, maka pilih Fronx 1.200 cc yang dijual mulai ₹ 746.500 atau setara Rp 134 jutaan untuk varian termurah bertransmisi manual. Sementara untuk transmisi AGS dijual mulai Rp 160 jutaan.

Lalu harga Suzuki Fronx 2023 untuk mesin 1.000 cc turbo tentu lebih mahal. Banderolnya mulai ₹ 972.500 atau setara Rp 175 jutaan untuk varian termurah dengan transmisi manual. Khusus transmisi otomatis 6-percepatan, harganya mulai ₹ 1.205.500 atau dalam kurs Indonesia sekitar Rp 217 jutaan.

Perlu diingat, banderol tersebut adalah untuk pasar India. Begitu masuk Indonesia, bukan tidak mungkin harganya naik. Sebenarnya tidak masalah, kalau Suzuki masih bisa menahannya di rentang Rp 200 jutaan. Hal ini dikarenakan, kompetitor di kelas SUV ringkas, rata-rata memiliki patokan seperti itu.

Kalau Suzuki sampai jual SUV-nya kemahalan, tentu bisa jadi kalah saing. Lagi pula sudah jadi rahasia umum, kalau harga mobil-mobil pabrikan berlogo S, umumnya lebih murah dari Toyota. Bila pembandingnya adalah Daihatsu, maka harganya mirip-mirip.

Kapan Suzuki Fronx masuk Indonesia? Kemungkinan besar bukan tahun ini, pasalnya pabrikan berlogo S mengatakan pada 2023 bakal menghadirkan XL7 Hybrid lebih dulu. Barulah setelahnya atau tahun 2024, ada peluang Fronx dijual di Tanah Air.

Demikian ulasan terkait spesifikasi dan harga Suzuki Fronx 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika