by

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R, Harga Mulai Rp 96 juta

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R – Akhirnya ninja empat silinder dengan kapasitas 250 cc, resmi meluncur di Indonesia pada Jum’at (10/7/2020). Peluncuran ini sekaligus menjadi world premiere bagi Ninja ZX-25R untuk dijual bebas.

Harga ZX-25R mulai dari Rp 96 juta (OTR Jakarta). Jika kamu tertarik, bisa melakukan pre-order pada 11 dan 12 Juli 2020 di Markas Kawasaki Abdul Muis Jakarta. Proses pengiriman motor sendiri bakal dilakukan pada Agustus 2020.

“Motor ini kapasitas produksinya adalah 2.000 unit setahun, begitu juga target penjualannya,” kata Head Sales & Promotion KMI, Michael C. Tanadhi.

Kelahiran ZX-25R ke dunia memang tidak penuh gegap gempita. Maklum, Indonesia masih dalam suasana pandemi Virus Korona. Alhasil PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) cuma melakukannya via streaming Youtube. Walau demikian, kesaktian kesaktian Ninja ZX-25R sama sekali tidak sirna.

Motor ini benar-benar beda. Di era modern, motor 250 cc dengan konfigurasi empat silinder sangatlah langka. Sejauh ini cuma Kawasaki saja yang berani. Pabrikan lain, kebanyakan hanya mengaplikasikan dua silinder saja untuk motor 250 cc. Ambil contoh Honda CBR250RR dan Yamaha R25.

Lalu soal fitur, Ninja 250 cc empat silinder ini juga dirancang layaknya motor gede. Penasaran dengan spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R secara lengkap? Untuk bahasannya, cek tulisan di bawah:

Desain ZX-25R Mirip Motor WSBK

kawasaki zx-25r special edition
Kawasaki Jepang sudah menampilkan motor ini dalam versi racing (warna hitam)

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dalam hal desain sungguh menarik. Tampialnnya mirip motor geng hijau, ZX-10RR yang mengikuti ajang World Superbike (WSBK).

Kamu bisa lihat kesamaan dari parasnya yang memiki lubang di tengah. Hadirnya lubang tersebut bukan sekadar hiasan. Lubang ini berfungsi sebagai saluran udara. Tujuannya membuat mesin mendapat asupan udara sejuk lebih banyak.

Tubuh motor sport tersebut juga dibuat begitu kekar dan padat, didukung penggunaan knalpot under belly. Ukuran bannya sangat lebar, khas motor supersport. Karet bundar depan pakai 110/70-17 inci dan belakang 150/60-17 inci.

Baca juga  Spesifikasi Kawasaki W175 TR, Motor Retro Scrambler Tanpa Lawan

Soal pewarnaan bodi, ZX-25R tersedia dalam opsi metallic spark black (hitam) untuk varian standar. Lalu ada lime green/ebony, metallic spark black/pearl flatdust white (hitam), dan candy plasma blue/metallic spark blue (biru) khusus varian ABS SE.

Tabel Dimensi Kawasaki Ninja ZX-25R

PXLXT 1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Tinggi Jok 785 mm
Ukuran Ban Depan 110/70-17 inci
Ukuran Ban Belakang 150/60-17 inci

Baca juga;

Spesifikasi Mesin ZX-25R, Tenaga Tembus

spesifikasi-kawasaki-ninja-zx-25r,-edan!
Performa mesinnya sangat luar biasa, Kawasaki mengklaim tenaga motor ini ada di atas 45 hp.

Bicara spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R untuk mesin, kehadiran konfigurasi empat silinder untuk kapasitas 250 cc saja sudah sangat istimewa. Apalagi mendengar raungan suaranya. Benar-benar membuat para pecinta otomotif kegirangan.

Mesin ZX-25R mampu mengeluarkan torsi puncak hingga 22,9 Nm pada 14.500 rpm dan tenaga 51 PS pada 15.500 rpm. Performa yang sangat beringas untuk motor berkapasitas 250 cc.

Kalau dibandingkan dengan Yamaha R25 dan Honda CBR250RR selaku kompetitor, gapnya sangat jauh. Mesin R25 cuma bisa mengeluarkan tenaga 36 hp. Sementara CBR250RR 38,7 hp. Tenaga besar tersebut langsung menjadikan ZX-25R sebagai motor 250 cc paling bertenaga di dunia.

Alasan mesin ZX-25R mampu melontarkan performa edan adalah kehadiran ram air. Fitur ini bekerja pada kecepatan 100 Kpj. Udara otomatis masuk ke mesin sehingga meningkatkan kinerja. Kalau tanpa ram air, maka tenaga maksimalnya adalah 50 PS.

Selain mesin, berbagai komponen pendukung di ZX-25R juga sangat luar biasa. Lihat rangkanya yang menggunakan model teralis dengan bahan high tensile steel. Kemudian kaki-kaki mengadopsi milik motor gede Ninja ZX-6R selaku sang kakak.

Baca juga  Motor Terbaru Honda: CBR250RR 2020 atau CBR1000RR-R?

Di depan pakai suspensi SFF-BP (Separate Function Fork Big Piston) berdiameter 37mm. Suspensi upside down tersebut merupakan buatan Showa. Kemudian untuk suspensi belakang, menggunakan tipe horizontal back-link.

Kawasaki mengklaim dua suspensi itu bisa menghadirkan karakter handling supersport saat motor dipacu bermanuver cepat. Menariknya lagi, kombinasi dua suspensi tersebut belum pernah digunakan oleh motor sport 250 cc lain.

Tabel Performa Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R

Kapasitas Mesin 250 cc, DOHC, Empat Silinder, Pendingin Cairan
Torsi Puncak 22,9 Nm / 14.500 rpm
Tenaga Maksimal 51 PS / 15.500 rpm
Transmisi 6-Percepatan Manual

Fitur Modern Khas Motor Gede Jadi Ciri Khas Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R

spesifikasi kawasaki ninja zx-25r
Motor ini punya fitur power mode, quick shifter, dan traction control

Bicara fitur, spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R juga tidak main-main. Sebut saja untuk selongsong gas tidak lagi pakai kabel, digantikan dengan throttle by wire. Fitur ini mirip dengan kepunyaan Honda CBR250RR.

Keuntungan throttle by wire, bukaan selongsong gas jadi semakin presisi. Selanjutnya Kawasaki bisa menyematkan power mode di ZX-25R. Fitur ini memungkinkan tenaga yang keluar dari mesin motor dapat diatur sesuai kebutuhan.

ZX-25R sendiri punya dua power mode: Full dan Low. Kemungkinan mode Low untuk berkendara lebih santai di dalam kota. Sementara mode Full diciptakan buat kamu yang ingin memaksimalkan seluruh performa motor.

Tidak hanya itu, ada pula fitur Kawasaki Traction Control (KTRC). Fungsinya untuk mencegah roda selip saat berakselerasi di permukaan jalan yang licin. Dengan begitu cengkeraman ban ke jalan jadi lebih mantap.

Kemudian yang tidak kalah menarik, hadir Kawasaki Quick Shifter (KQS). Guna fitur tersebut, memudahkan pengendara ketika ingin melakukan perpindahan gigi naik dan turun. Kini tidak diperlukan lagi menekan kopling.

Baca juga  7 Kelebihan Suzuki GSX-R150 Dibanding R15 dan CBR150R

Belum lagi hadir assist & slipper clutch. Assist bermanfaat membuat kopling lebih ringan. Kemudian slipper clutch mampu mencegah roda belakang selip saat gigi transmisi diturunkan terlalu cepat.

Ada pula sistem pencahayaan LED untuk visibilitas berkendar lebih baik. Tidak ketinggalan immobilizer yang mencegah maling mudah membobol motor. Hadir pula cakram di kedua roda.

Soal panel instrumen, ZX-25R menggunakan kombinasi analog dan digital. Tampilannya sekilas mirip kepunyaan Ninja 250. Dari panel instrumen ini, diketahui bahwa red line mesin motor mencapai 17.000 rpm. Hal tersebut dapat diartikan mesin punya performa mantap di putaran atas.

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R

spesifikasi kawasaki ninja zx-25r
Menurut kamu, apakah spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R sesuai dengan harganya?

Dengan spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R yang sangat istimewa, berapa harganya? Pabrikan geng hijau menjualnya dalam dua varian: Standard dan Special Edition.

Terkait harga, ZX-25R varian standard dipasarkan Rp 96 juta (OTR Jakarta) dan untuk versi Special Edition Rp 112,9 juta (OTR Jakarta). Perbedaan kedua varian tersebut juga cukup banyak. Mulai dari kehadiran anti-lock braking system (ABS), KQS, dan berbagai aksesori.

Aksesori yang ada di versi special edition adalah jok single seater, smoked windshield, frame slider, dan pelek dengan stiker. Di samping itu, pilihan warna bodinya juga banyak pilihan. Beda dengan varian standard yang cuma ada satu.

Usai melihat spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25 secara lengkap, apakah kamu tertarik memilikinya? Kira-kira varian mana yang bakal kamu pilih? Jangan lupa tulis jawaban di kolom komentar!

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 comments

Terbaru