Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Ada Varian Special Edition

by Baghendra Lodra
spesifikasi kawasaki ninja zx-25r abs se 2021 01

Berencana ingin meminang motor 250 cc empat silinder milik geng hijau? Jangan asal pilih, ketahui dulu spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R model 2021 secara lengkap.

Kamu wajib tahu, bahwa motor sport ini punya dua varian yaitu: Standar dan ABS SE (Special Edition). Lalu yang terpenting, harganya tidaklah murah. Mulai dari Rp 98,85 juta (OTR Jakarta) untuk varian standar. Sementara ZX-25R ABS SE 2021 dijual Rp 116 juta (OTR Jakarta).

Walau mahal, tapi bukan berarti jarang peminatnya. Menurut Kawasaki, peminat ZX-25R bahkan membludak dan melebihi target 2.000 unit pertahun yang dibuat oleh geng hijau. Oleh karenanya, jangan kaget kalau beli motor ini harus menunggu agak lama.

Banyaknya pembeli motor tersebut, salah satunya disebabkan oleh spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R yang benar-benar beda. Di era modern, motor 250 cc dengan konfigurasi empat silinder sangatlah langka. Sejauh ini cuma Kawasaki saja yang berani meluncurkannya. Pabrikan lain, kebanyakan hanya mengaplikasikan dua silinder saja untuk motor 250 cc. Ambil contoh Honda CBR250RR dan Yamaha R25.

Lalu soal fitur, Ninja 250 cc empat silinder ini juga dirancang layaknya motor gede. Penasaran dengan spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R secara lengkap? Untuk bahasannya, cek tulisan di bawah:

Desain ZX-25R Mirip Motor WSBK

spesifikasi kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE

Warna merah putih ada di Kawasaki Ninja ZX-25R SE ABS versi 2021

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R model 2021 dalam hal desain sungguh menarik. Tampialnnya mirip motor geng hijau, ZX-10RR yang mengikuti ajang World Superbike (WSBK).

Kamu bisa lihat kesamaan dari parasnya yang memiki lubang di tengah. Hadirnya lubang tersebut bukan sekadar hiasan. Lubang ini berfungsi sebagai saluran udara. Tujuannya membuat mesin mendapat asupan udara sejuk lebih banyak.

Tubuh motor sport tersebut juga dibuat begitu kekar dan padat, didukung penggunaan knalpot under belly. Ukuran bannya sangat lebar, khas motor supersport. Karet bundar depan pakai 110/70-17 inci dan belakang 150/60-17 inci.

Baca juga  Beli Honda CB150 Verza atau Yamaha Byson?

Soal pewarnaan bodi, ZX-25R tersedia dalam opsi metallic spark black (hitam) untuk varian standar. Lalu ada lime green (hijau Kawasaki Racing Team WSBK 2021), metallic matte graphene steel (hitam emas), dan passion red (merah putih) khusus varian ABS SE.

Tabel Dimensi Kawasaki Ninja ZX-25R

PXLXT 1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Tinggi Jok 785 mm
Ukuran Ban Depan 110/70-17 inci
Ukuran Ban Belakang 150/60-17 inci

Baca juga;

Spesifikasi Mesin ZX-25R, Tenaga Tembus 51 PS

alasan beli kawasaki ninja zx-25r

Performa Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan yang terbaik di kelas 250 cc

Bicara spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R untuk mesin, kehadiran konfigurasi empat silinder untuk kapasitas 250 cc saja sudah sangat istimewa. Apalagi mendengar raungan suaranya. Benar-benar membuat para pecinta otomotif kegirangan.

Mesin ZX-25R mampu mengeluarkan torsi puncak hingga 22,9 Nm pada 14.500 rpm dan tenaga 51 PS pada 15.500 rpm. Performa yang sangat beringas untuk motor berkapasitas 250 cc.

Kalau dibandingkan dengan Yamaha YZF-R25 dan Honda CBR250RR selaku kompetitor, gapnya sangat jauh. Mesin R25 cuma bisa mengeluarkan tenaga 36 hp. Sementara CBR250RR 38,7 hp. Tenaga besar tersebut langsung menjadikan ZX-25R sebagai motor 250 cc paling bertenaga di dunia.

Alasan mesin ZX-25R mampu melontarkan performa edan adalah kehadiran ram air. Fitur ini bekerja pada kecepatan 100 Kpj. Udara otomatis masuk ke mesin sehingga meningkatkan kinerja. Kalau tanpa ram air, maka tenaga maksimalnya adalah 50 PS.

Selain mesin, berbagai komponen pendukung di ZX-25R juga sangat luar biasa. Lihat rangkanya yang menggunakan model teralis dengan bahan high tensile steel. Kemudian kaki-kaki mengadopsi milik motor gede Ninja ZX-6R selaku sang kakak.

Di depan pakai suspensi SFF-BP (Separate Function Fork Big Piston) berdiameter 37mm. Suspensi upside down tersebut merupakan buatan Showa. Kemudian untuk suspensi belakang, menggunakan tipe horizontal back-link.

Baca juga  Bocor Sosok Yamaha R15 Generasi Baru, Adopsi Desain R7

Kawasaki mengklaim dua suspensi itu bisa menghadirkan karakter handling supersport saat motor dipacu bermanuver cepat. Menariknya lagi, kombinasi dua suspensi tersebut belum pernah digunakan oleh motor sport 250 cc lain.

Tabel Performa Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R

Kapasitas Mesin 250 cc, DOHC, Empat Silinder, Pendingin Cairan
Torsi Puncak 22,9 Nm / 14.500 rpm
Tenaga Maksimal 51 PS / 15.500 rpm
Transmisi 6-Percepatan Manual

Fitur Modern Khas Motor Gede

spesifikasi kawasaki ninja zx-25r abs se 2021 01

Warna hitamnya kini dapat kombinasi emas di ZX-25R ABS SE 2021

Bicara fitur, spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R model 2021 juga tidak main-main. Sebut saja untuk selongsong gas tidak lagi pakai kabel, digantikan dengan throttle by wire. Fitur ini mirip dengan kepunyaan Honda CBR250RR.

Keuntungan throttle by wire, bukaan selongsong gas jadi semakin presisi. Selanjutnya Kawasaki bisa menyematkan power mode di ZX-25R. Fitur ini memungkinkan tenaga yang keluar dari mesin motor dapat diatur sesuai kebutuhan.

ZX-25R sendiri punya dua power mode: Full dan Low. Kemungkinan mode Low untuk berkendara lebih santai di dalam kota. Sementara mode Full diciptakan buat kamu yang ingin memaksimalkan seluruh performa motor.

Tidak hanya itu, ada pula fitur Kawasaki Traction Control (KTRC). Fungsinya untuk mencegah roda selip saat berakselerasi di permukaan jalan yang licin. Dengan begitu cengkeraman ban ke jalan jadi lebih mantap.

Belum lagi hadir assist & slipper clutch. Assist bermanfaat membuat kopling lebih ringan. Kemudian slipper clutch mampu mencegah roda belakang selip saat gigi transmisi diturunkan terlalu cepat.

Ada pula sistem pencahayaan LED untuk visibilitas berkendar lebih baik. Tidak ketinggalan immobilizer yang mencegah maling mudah membobol motor. Hadir pula cakram di kedua roda.

Soal panel instrumen, ZX-25R menggunakan kombinasi analog dan digital. Tampilannya sekilas mirip kepunyaan Ninja 250. Dari panel instrumen ini, diketahui bahwa red line mesin motor mencapai 17.000 rpm. Hal tersebut dapat diartikan mesin punya performa mantap di putaran atas.

Baca juga  Spesifikasi Aprilia GPR150 ABS, Yamaha R15 Waspadalah!

Kemudian yang tidak kalah menarik, hadir Kawasaki Quick Shifter (KQS) untuk spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE. Guna fitur tersebut, memudahkan pengendara ketika ingin melakukan perpindahan gigi naik dan turun. Kini tidak diperlukan lagi menekan kopling.

Sesuai namanya, ZX-25R ABS SE pun mendapat anti-lock braking system (ABS) sebagai sistem keselamatan standar. ABS mencegah roda terkunci ketika pengnedara melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian, pengendara bisa tetap mengendalikan motor dan menghindar dari potensi tabrakan di depan.

Harga dan Perbedaan Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE Vs Standar

spesifikasi kawasaki ninja zx-25r abs se 2021 01

Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE 2021 dijual dengan harga Rp 116 juta

Dengan spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R model 2021 yang sangat istimewa, berapa harganya? Pabrikan geng hijau menjualnya dalam dua varian: Standard dan Special Edition.

Terkait harga, ZX-25R varian standard dipasarkan Rp 98,85 juta (OTR Jakarta) dan untuk ZX-25R ABS SE Rp 116 juta (OTR Jakarta). Perbedaan kedua varian tersebut juga cukup banyak. Mulai dari kehadiran anti-lock braking system (ABS), KQS, dan berbagai aksesori.

Untuk aksesori, spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE memiliki tambahan berupa jok single seater, smoked windshield, frame slider, dan pelek dengan stiker.

Di samping itu, pilihan warna bodinya juga memiliki tiga pilihan dengan corak yang lebih atraktif. Opsi warna untuk ZX-25R ABS SE antara lain: lime green, metallic matte graphene steel, dan passion red. Beda dengan varian standard yang cuma ada satu yaitu metallic spark black.

Usai melihat spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25 ABS SE dan Standar secara lengkap, apakah kamu tertarik memilikinya? Kira-kira varian mana yang bakal kamu pilih? Atau ada Varian Motor Kawasaki lainnya yang menjadi incaran kamu?

Baca juga;

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika