Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Spesifikasi Kia EV9 GT-Line 2023, Harganya Cuma Segini!

by Tigor Sihombing
spesifikasi kia ev9 gt-line - eksterior depan

Akhirnya Kia membeberkan harga dan spesifikasi Kia EV9 GT-Line di GIIAS 2023. Mobil listrik bergaya SUV tersebut dijual tidak sampai Rp 2 miliar. 

Dibangun di atas E-GMP (Electric Global Modular Platform), diklaim mampu menyuguhkan jarak tempuh yang jauh hingga 497 Km untuk sekali pengecasan baterai. Kia EV9 juga dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya ultra fast charging 800 volt yang memungkinkan baterai dapat diisi ulang secara singkat. Cukup 15 menit, maka mobil sudah bisa diajak melaju hingga 239 Km.

“Kami sangat gembira dengan peluncuran Kia EV9 GT-Line pada hari ini, sebuah Battery Electric Vehicle SUV terbaru yang memiliki berbagai keunggulan. Kia EV9 GT-Line juga menunjukkan komitmen Indomobil group dalam mendukung program pemerintah terkait kendaraan elektrifikasi, terutama untuk merek Kia di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri saat peluncuran di GIIAS 2023 pada Kamis (10/8/2023).

Lalu yang juga jadi kelebihan Kia EV9 GT-Line, punya bodi bongsor lebih dari 5 meter. Alhasil kabinnya sangat lapang dan bisa memuat 3 baris bangku dengan total 7-orang di dalamnya.

Kehadiran Kia EV9 GT-Line di GIIAS 2023, sekaligus menjadi debut perdananya di Asia Tenggara. Dipilihnya Indonesia, didasari atas potensi besar pertumbuhan kendaraan listrik di Tanah Air yang terus mengalami tren positif.

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi KIA EV9 GT-Line 2023 dan harganya? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Eksterior KIA EV9 GT-Line, Tanpa Spion Digital

spesifikasi kia ev gt-line - eksterior belakang

Versi Indonesia Kia EV9 GT-Line tidak punya spion digital

Bicara eksterior Kia EV9 GT-Line 2023, menampilkan bahasa desain SUV listrik murni mengadopsi desain ‘Bold for Nature’, yang mengilhami kombinasi elemen dari alam dan material. Di atas kertas memiliki jarak sumbu roda 3.100 mm, didukung dengan velg 21 inci dan ban 285/45 R21.

Sementara untuk dimensinya punya panjang 5.015 mm, lebar 1.980 mm dan tinggi 1.780 mm. Kurang lebih, sebongsor Hyundai Palisade.

Baca juga  5 Kelebihan Wuling Almaz Hybrid, Lebih Irit dan Cepat!

Desain gril tetap mengadopsi ‘Digital Tiger Face’ khas Kia. Tidak ketinggalan, penggunaan lampu Daytime Running Light (DRL) LED berbentuk ‘Star Map’ menciptakan pola pencahayaan animasi. Varian GT-Line juga mendapat eksterior lebih gagah dengan tambahan body kit.

“Kia EV9 GT-Line adalah kendaraan Listrik terbaru dari Kia yang hadir guna memenuhi permintaan pasar untuk SUV full size yang ‘zero emission’ dan kenikmatan berkendara yang berbeda,” kata Andrew Nasuri.

Hanya saja yang agak berbeda dari spesifikasi Kia EV9 GT-Line di Indonesia, spion digital tidak hadir. Menurut pihak Kia, ini dikarenakan regulasi di Tanah Air yang belum memperbolehkannya. Padahal di Korea Selatan, varian GT-Line sudah mengadopsinya. 

2. Interior dengan Captain Seat Nyaman

spesifikasi kia ev9 gt-line - jok belakang

Captain Seat dengan dynamic di EV9 GT-Line

Spesifikasi Kia EV9 GT-Line untuk interior menawarkan konfigurasi 3-baris. Khusus jok penumpang baris kedua pakai captain seat. Ada pula fitur Ventilated and Heated Seats di baris pertama dan kedua. Fitur Relaxation Seats di baris pertama dan kedua juga hadir. Lalu khusus untuk penumpang baris kedua, terdapat Dynamic Body Care.

Fitur kenyamanan lain di interior Kia EV9 GT-Line 2023 adalah Dual Panoramic Sunroof yang menjadikan kabin terasa semakin lega. Ada pula Head Up Display, wireless charger, hingga Premium Sound System dari Meridian dengan 14 speakers. Aura mewah semakin terasa dengan kombinasi warna interior putih dan hitam. Tidak ketinggalan, ada layar besar di head unit yang terintegrasi panel instrumen. 

Soal kapasitas bagasi, jok belakang SUV listrik ini bisa dilipat rata lantai secara elektrik dengan tombol. Alhasil ruang belakangnya jadi sangat lega untuk meletakkan banyak barang. Kalau belum cukup, di bawah kapnya masih terdapat bagasi tambahan. 

Baca juga  Chery OMODA 5 EV Jadi Mobil Listrik Favorit, Kok bisa?

Hadir pula fitur Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V) yang membuat mobil ini dapat menyalurkan daya listriknya ke alat elektronik rumah tangga atau kendaraan listrik lainn. Ini membuat Kia EV9 GT-Line menjadi sebuah mobil listrik yang dapat diandalkan di berbagai kondisi.

3. Kia EV9 GT-Line Pakai Penggerak AWD dengan Jarak Tempuh 497 Km

spesifikasi kia ev gt-line - eksterior belakang

Varian GT-Line di Kia EV9 pakai penggerak AWD

Spesifikasi Kia EV9 untuk performa motor elektriknya cukup beragam di global, ini sesuai dengan Electric Global Modular Platform (E-GMP) dan memanfaatkan teknologi baterai generasi keempat Kia. Ada pilihan varian Standard Range yang pakai baterai berkapasitas 76,1-kWh yang secara ekslusif ditawarkan dengan penggerak rear wheel drive (RWD). Kemudian untuk varian Long Range  mengadopsi baterai berkapasitas 99,8-kWh, memiliki opsi penggerak RWD dan all wheel drive (AWD).

Hanya saja untuk pasar Indonesia yang masuk adalah EV9 GT-Line 2023, alias Long Range dengan penggerak AWD. Di atas kertas motor elektriknya bisa menghasilkan torsi 700 Nm dan tenaga maksimal 385 PS. Kemampuan akselerasinya dari 0 hingga 100 cuma 5,3 detik. Ini tentu catatan waktu yang fantastis untuk sebuah SUV 3-baris dengan panjang lebih dari 5 meter.

Soal kapasitas baterai, Kia EV9 GT-Line dibekali kapasitas 99,8 kWh. Dalam kondisi baterai penuh, bisa melaju dengan jarak tempuh hingga 497 kilometer. Soal konsumsi listriknya disebut-sebut sangat irit dengan klaim, 228 wh/km.

Bicara cas baterainya dibutuhkan waktu sekitar 10 jam 45 menit apabila menggunakan pengisian daya AC atau Wallbox Charging berkapasitas 11 kW, sementara penggunaan Ultra Fast Charging berjenis DC dengan kapasitas 250 kW,
hanya membutuhkan waktu sekitar 23 menit.

4. Fitur Keselamatan KIA EV9

spesifikasi kia ev gt-line - dashboard

Dashboard modern SUV listrik KIA

Soal keselamatan, harga KIA EV9 GT-Line yang hampir Rp 2 miliar tersebut tentu dikompensasi dengan fitur-fitur keselamatan mumpuni. Ada ADAS yang terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning and Crossing, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Safe Exit Assist, Safe Exit Warning, Highway Driving Assist, dan Highway Driving Pilot.

Baca juga  Penjualan Lamborghini Urus Tembus 15 Ribu Unit

Selain itu, terdapat juga fitur keselamatan lain, seperti Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Surround View Monitor, Parking Distance Warning, dan Parking Collision Avoidance Assist. Tidak ketinggalan, Kia EV9 GT-Line turut dilengkapi dengan fitur canggih Remote Smart Parking Assist 2 yang akan memungkinkan mobil dapat diparkir secara otomatis, baik melalui
remote atau dari dalam kendaraan.

5. Harga Kia EV9 GT Line, Tidak Sampai Rp 2 Miliar

spesifikasi kia ev9 gt-line 2023 - eksterior

Paras gagah Kia EV9 GT-Line

Dengan spesifikasi tersebut, berapa harga Kia EV9 GT-Line 2023? Untuk pasar Indonesia mobil ini dijual Rp 1,975 miliar (OTR Jakarta). Ini sudah termasuk home charger dan garansi baterai 8 tahun.

Bagi pengunjung yang melakukan pembelian kendaraan Kia EV9 GT-Line dan kendaraan Kia lain di GIIAS 2023, juga berkesempatan mendapatkan Lucky Dip dengan hadiah menarik, mulai dari Google Nest, E-Money, Voucer BBM, hingga TV Samsung 55 inch. Selain itu, Kia juga menyediakan pembiayaan menarik melalui Kia Finance, Powered by IMFI, yang berupa program kepemilikan kendaraan Kia dengan uang muka yang ringan.

“Kia EV9 GT-Line CBU Korea Selatan, buat yang pesan sekarang, delivery dilakukan sebelum akhir tahun 2023, November kurang lebih. Kuota kami tidak banyak cuma sekitar 30-50 unit,” kata Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo.

Demikian ulasan terkait harga dan spesifikasi Kia EV9 GT-Line 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika