Thursday, October 6, 2022

Spesifikasi Mazda CX-8 2022, Fortuner Kalah Buas!

by Tigor Sihombing
Spesifikasi Mazda CX-8 2022

Berikut spesifikasi Mazda CX-8 2022 yang baru saja dirilis PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) pada Selasa (26/7). Mobil ini siap untuk menjadi peluru baru di segmen SUV 7-seater bermesin bensin 2.500 cc, dengan penggerak roda depan (FWD). Kompetitor terdekatnya adalah Hyundai Santa Fe.

“Tentu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami, dapat memperkenalkan generasi terbaru dari Mazda CX-8 kepada publik di Indonesia. Mobil ini tentunya tidak hanya menawarkan kecanggihan tapi juga menghadirkan desain yang estetis,” kata Ricky Thio, selaku Managing Director PT EMI saat peluncuran di Jakarta.

Kalau dibanding kompetitor, kelebihan Mazda CX-8 sesungguhnya cukup banyak. Salah satunya adalah penggunaan captain seat di interior, tepatnya bangku baris kedua. Ada pula performa mesin superior yang lebih buas dibanding Toyota Fortuner 2.7 bensin dan Hyundai Santa FE bensin.

Penasaran ingin tahu spesifikasi Mazda CX-8 2022 secara lengkap? Berikut bahasa lengkapnya:

Eksterior Elegan Jadi Keunggulan Mazda CX-8

Spesifikasi Mazda CX-8 2022

Grille depan dengan garis horizontal membuat tampilan CX-8 semakin elegan

Pada eksterior ada sedikit perbedaan dibanding facia CX-8 lama dengan versi terbaru. Meski sama-sama menggunakan desain KODO, New Mazda CX-8 tampil lebih elegan dan semakin berkelas lewat penyematan grille depan bergaris-garis vertikal.

Tampang SUV berlogo M ini tentu sangat berbeda dibanding Hyundai Santa Fe selaku kompetitor yang terkesan agresif. Oleh karenanya CX-8 lebih pas untuk konsumen yang menginginan mobil berpenampilan lebih kalem dan terkesan mewah.

Lalu spesifikasi Mazda CX-8 2022 dari sisi dimensi memiliki panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.730 mm. Bodinya lebih panjang 115 mm dan tinggi 20 mm dibanding Santa Fe, tapi lebih ramping sekitar 60 mm.

Mazda CX-8 baru juga dibekali dengan pelek yang berpenampilan lebih tegas berukuran 19-inci. Di sektor lampu, tidak kalah modern, karena SUV ini sudah dibekali dengan fitur LED with Adaptive Front-Lighting System.

Baca juga  BMW X3 M dan X4 M Competition Pakai Mesin Terbuas

Tidak sampai disitu, kecanggihan lampu penerangan Mazda CX-8 masih berlanjut dengan penggunaan lampu LED type, with automatic leveling. Dimana system lampu ini akan menyorot mengikuti kondisi jalan. Selain itu lampu ennerangan utama juga dibekali dengan Daytime running lamp (DRL), Lighting signature, dan Automatic on/off function.

Pada body sama seperti mobil-mobil Mazda sebelumnya, pabrikan berlambang M ini juga masih mengandalkan teknik pengecatan TAKUMI-NURI. Menurut Mazda, teknik tersebut adalah teknologi yang menggabungkan antara kombinasi warna, highlight, bayangan, dan kedalaman warna untuk menghasilkan pantulan terbaik.

Selain itu pada eksterior juga ada penambahan fitur seperti roof rail, supaya aura SUV semakin keluar. 

Interior Konfigurasi Captain di Mazda CX-8 Seat Tidak Dipunya Kompetitor

Spesifikasi Mazda CX-8 2022

Interior Mazda CX-8 terbaru pakai captain seat

Mazda menghadirkan suasana kabin yang luas, sehingga memastikan keleluasan gerak pada CX-8. Di bagian pengemudi, kita akan melihat hadirnya teknologi G-VECTORING CONTROL PLUS (GVC Plus). Ini merupakan cara Mazda untuk membuat sebuah kendaraan mudah dikendalikan (human-centric engineering) dari balik kemudi.

Hal tersebut dimulai dari stir yang dibalut dengan kulit dan terasa nyaman digenggam. Di sana juga tersedia Audio control switches, yang memudahkan pengoprasian beberapa fitur entertainment. Ada pula fitur seats Adjustable head restraints, Power tilt, lift, lumbar support, slide, reclining (driver’s side) dan Power adjustment memory (driver’s side).

Tidak kalah istimewa, spesifikasi Mazda CX-8 2022 di interior sudah memiliki sistem audio premium BOSE. Ada pula Mazda Connect yang memberikan koneksi tanpa kabel dengan smartphone saat sedang berkendara. Tidak ketinggalan Wireless Smartphone Integration, yaitu fitur sistem integrasi yang memungkinkan pengendara mengatur ponsel dari central display, serta wireless charging (Qi).

Meski mengusung konsep SUV, penumpang belakang CX-8 terbaru dibuat senayaman mungkin dengan konfigurasi Captain Seat pada baris kedua. Ini tentu membuat penumpang belakang terasa spesial. Duduk di belakang juga semakin personal karena dilengkapi dengan Center Console, serta seat ventilation.

Baca juga  Apakah Kia Seltos 7-Seater Siap Masuk Indonesia?

Spesifikasi Mazda CX-8 2022 di interior dengan captain seat tentu jadi kelebihan tersendiri dibanding kompetitor. Pasalnya belum ada SUV bongsor yang memilikinya seperti Hyundai Santa Fe, Toyota Fortuner, hingga Mitsubishi Pajero Sport. Captain seat umumnya baru ada di SUV premium seperti Hyundai Palisade dan Mazda CX-9.

Sedangkan pada baris ketiga CX-8, ada fitur yang tidak ada pada model sebelumnya yaitu USB port. Kemudian hadir pelipatan kursi 50:50, yang membuat kompromi antara penumpang dan barang bisa lebih mudah.

Fitur-fitur unggulan lain yang melekat pada SUV premium ini antara lain: Electric Sunroof, Hands-free power liftgate yang memungkinkan kamu membuka dan menutup pintu bagasi dengan kaki.

Mesin Mazda CX-8 Tidak Pakai Turbo Tapi Tetap Superior

Spesifikasi Mazda CX-8 2022 - mesin

Mesin bensin 2.500 cc milik CX-8 sangat bertenaga

Spesifikasi Mazda CX-8 2022 di sektor mesin tidak ada beda dengan model lama. Masih mengaplikasikan konfigurasi  SKYACTIV-G 2.500 cc 4 silinder DOHC, yang mampu menghasilkan tenaga 190 PS yang bisa dicapai pada 6.000 RPM dan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm. Performa tersebut disalurkan melalui penggerak roda depan (FWD), dengan transmisi 6 speed otomatis.

Padahal di Malaysia, Mazda menghadirkan CX-8 dengan sistem gerak AWD dan teknologi turbo. Alhasil versi Malaysia bisa mengeluarkan tenaga 230 PS pada 4.250 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm.

Meski begitu untuk kompetitornya di Indonesia, mesin CX-8 tanpa turbo ini masih sangat superior. Tidak percaya? Coba bandingkan dengan Toyota Fortuner bensin bermesin 2.700 cc cuma sanggup mengeluarkan tenaga 163 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak 247Nm pada 4.000 rpm.

Kemudian kalau pembandingnya adalah Hyundai Santa Fe, CX-8 pun masih unggul. Pasalnya SUV berlogo H miring cuma bisa menelurkan torsi 232 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 180 PS pada 6.000 rpm.

Sistem Keselamatan Mazda CX-8 Terbaru

spesifikasi mazda cx-8 - interior

Sistem keselamatan canggih hadir di CX-8 model 2022

Untuk sistem keamanan yang maksimal, New Mazda CX-8 menghadirkan 360 View Monitor System yang akan membantu pengemudi dalam memarkirkan kendaraan atau sedang berkendara di jalanan yang sempit. Ada pula Smart City Brake Support yang dapat mendeteksi kendaraan baik di depan maupun di belakang kendaraan, dan secara otomatis menggunakan rem untuk membantu mencegah kecelakaan.

Baca juga  Wuling 4x4 EV Mirip Jimny, Meluncur 2023!

Lane Departure Warning System yang dapat mengenali tanda lajur pada permukaan jalan, Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Keduanya akan menggunakan sensor yang sama untuk mengingatkan pengemudi saat mendeteksi kendaraan yang mendekati dari belakang dan kedua sisi titik buta. Fitur-fitur keselamatan tersebut sesungguhnya juga dipunya oleh kompetitor yaitu Hyundai Santa Fe.

New Mazda CX-8 juga dilengkapi dengan Skyactiv-Vehicle Architecture, pendekatan unik terhadap teknologi struktur kendaraan baik dari bodi, suspensi, hingga kursi. Ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih natural dan nyaman.

Para pecinta Mazda juga dijanjikan dengan kesenyapan kabin yang memungkinkan para penumpang untuk menikmati percakapan terlepas dari kecepatan kendaraan.

Harga Mazda CX-8 2022

spesifikasi mazda cx-8 - ekterior tampak belakang

CX-8 dengan berbagai keunggulannya ternyata punya harga yang sangat mahal dibanding kompetitor

Setelah tahu spesifikasi Mazda CX-8 2022 secara lengkap, kira-kira berapa harganya? Pabrikan berlogo M menjualnya Rp 795,5 juta (OTR Jakarta) alias paling mahal dibanding para kompetitor.

Coba cek saja Hyundai Santa Fe bensin yang dijual Rp 679 juta (OTR Jakarta) untuk varian tertinggi atau Signature. Menariknya lagi, pabrikan berlogo H bahkan menyediakan Santa Fe dalam varian lain yang lebih murah seperti Prime Rp 600 juta (OTR Jakarta) dan Style Rp 570 juta (OTR Jakarta).

Apalagi kalau dibandingkan dengan Toyota Fortuner 2.7 bensin GR Sport yang cuma Rp 584,7 juta (OTR Jakarta). Pastinya Mazda CX-8 juga tetap lebih mahal.

Bagaimana setelah tahu harganya yang mahal, masih tertarik beli? Demikian ulasan terkait spesifikasi Mazda CX-8 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif

Buat kamu yang belum tahu, Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika