oleh

Spesifikasi Toyota Innova, Review, dan Harga 2022

Membahas mengenai spesifikasi Toyota Innova selalu menarik. Sebab mobil MPV ini selalu mendapat respons positif dari masyarakat di setiap generasinya.

Toyota Innova hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel serta dua pilihan transmisi yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan dengan teknologi Sport Sequential Switchmatic. Kemudian untuk tipe ada 2 yaitu G dan V. Tentunya dari kedua tipe tersebut harga, tampilan dan fiturnya berbeda.

Untuk spesifikasi Toyota Innova bermesin bensin menggunakan jenis mesin 1TR-FE 1.998 cc 4-silinders in-line, 16 valve DOHC with Dual VVT-i. kemudian untuk Toyota Innova bermesin diesel menggunakan 2 GD FTV 2.393 cc 4-silinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler.

Semua tipe Toyota Innova mempunyai dimensi yang sama. Yaitu panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Selanjutnya untuk wheelbase ada di angka 2.750 mm dan ground clearance 178 mm.

Kemudian, untuk ukuran velg, semua tipe Innova juga sama. Yaitu velg alloy 16 inci dengan profil ban 205/65 R16. Oh ya, untuk varian Luxury pada tipe G dan V, kursi tengahnya sudah menggunakan captain seat.

Pada fitur keselamatan, seluruh tipe dan varian Toyota Innova telah dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), SRS Airbags, dan Emergency Brake Signal.

Nah, untuk mesin, dimensi dan ukuran velg dari Toyota Innova G dan Innova V memang sama. Lantas apa saja yang membedakan dari kedua tipe tersebut. Mari kita simak review Toyota Innova berikut ini.

Baca juga  Toyota GR Supra 35th Anniversary Edition, Tidak Semua Bisa Beli

Eksterior Toyota Innova G dan V

Spesifikasi Toyota Innova
Eksterior Innova G dan V

Perbedaan spesifikasi Toyota Innova varian G dan V ada di sisi eksteriornya yang jika dilihat secara sekilas memang terlihat sama. Namun begitu, nyatanya spesifikasi Toyota Innova untuk eksterior berbeda.

Jika diperhatikan lebih seksama, perbedaan Innova G dan V yang pertama ada dibagian grill bumpernya. Innova tipe G memiliki gril bumper dengan kelir silver yang mengikuti warna bodi mobilnya. Sementara itu, pada tipe V kita lihat grill bumpernya menggunakan aksen chrome sehingga terkesan lebih elegan.

Selain itu, untuk Toyota Innova tipe V juga sudah menyematkan teknologi fitur retractable, elektrik, dan welcome light pada spionnya. Sehingga memudahkan pengemudi dan penumpang saat masuk ke kabin dikarenakan ada sorotan lampu dari bagian tersebut.

Sementara itu untuk spion dari Toyota Innova tipe G hanya menggunakan fitur elektrik serta warna rumah spion sama dengan warna bodi mobil keluarga ini. Oh ya, untuk mempertegas perbedaan tipe G dan V, dibagian belakang juga ada emblem G atau V.

Tak hanya itu saja, untuk Innova V juga sudah ada New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish.

Perbedaan Interior Toyota Innova G dan V

Spesifikasi Toyota Innova
Interior Innova V

Selanjutnya, dari sisi kabin interior juga terdapat perbedaan spesifikasi Toyota Innova G dan V. Dimana untuk tipe V jelas lebih mewah berkat adanya aksen kayu alias wood panel  dan warna silverpada beberapa bagian. Alhasil kabin interior Innova V terlihat lebih mewah.

Baca juga  Honda Step WGN Air dan Spada Meluncur, Lawan Voxy

Selain itu, untuk Innova tipe V juga sudah mengadopsi ambient light yang membuat penumpang bisa lebih menikmati kenyamanan kabin saat melakukan perjalanan. Oh ya, untuk Innova V juga terdapat meja yang bisa dilipat pada punggung kursi depan.

Nah, untuk headunit juga ukurannya beda. Headunit Innova G berukuran 8 inchi yang bisa mengakomodasi Radio, Bluetooth, USB dan Mirroring. Sementara untuk Innova V berukuran 9 inci alias lebih besar. Selain itu, headunit untuk Innova tipe V juga sudah disematkan teknologi Miracast dan Smartphone Connection.

Khusus untuk tipe G dan V dengan varian Luxury, sudah dilengkapi dengan Integrated Air Purifier yang berfungsi meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil. Fitur ini bekerja secara otomatis ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin.

Mesin Innova Bensin Vs Diesel

Spesifikasi Mesin Toyota Innova
Tersedia pilihan mesin bensin dan diesel di Innova

Spesifikasi Toyota Innova selanjutnya membahas soal mesin. Pabrikan berlogo T memberi opsi mesin bensin dan diesel. Khusus yang mesin bensin menggunakan jenis 1TR-FE 1.998 cc 4-silinders in-line, 16 valve DOHC with Dual VVT-i. Kemudian untuk Toyota Innova bermesin diesel menggunakan 2 GD FTV 2.393 cc 4-silinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler.

Soal tenaga, antara mesin bensin dan diesel outputnya juga berbeda. Begitu pula dengan torsi puncaknya. Mesin bensin pada Toyota Innova di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimum 137 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncaknya 183 Nm pada putaran mesin 4000 rpm. Sementara itu untuk tenaga dari mesin diesel Toyota Innova 147 hp pada 3.400 rpm serta torsinya di angka 342 Newton Meter.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Avanza, Mobil Sejuta Umat

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Innova

spesifikasi toyota innova
Ketahui kelebihan dan kekurangan Toyota Innova sebelum beli

Kelebihan Toyota Innova

  • Cocok untuk mobil keluarga
  • Ketersediaan sprepart mudah
  • Mesin bandel
  • Harga purna jual masih stabil

Kekurangan Toyota Innova

  • Konsumsi BBM kurang efisien
  • Tidak ada sunroof
  • Harga mahal

Daftar Harga Toyota Innova Terbaru Bensin dan Diesel

Diesel Toyota Sudah Euro 4
Toyota Kijang Innova edisi 50th

Harga Toyota Innova Mesin Bensin

  • G MT                                        Rp 359.800.000
  • G AT                                         Rp 380.700.000
  • G Luxury MT                         Rp 364.650.000
  • G Luxury AT                          Rp 387.100.000
  • V MT                                        Rp 413.100.000
  • V AT                                         Rp 433.500.000
  • V Luxury MT                         Rp 419.321.000
  • V Luxury AT                          Rp 440.000.000

Harga Toyota Innova Mesin Diesel

  • G MT                                       Rp 378.400.000
  • G AT                                        Rp 399.700.000
  • V MT                                       Rp 442.400.000
  • V AT                                        Rp 462.300.000

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi Toyota Innova. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru