by

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300 GR Sport, Varian Termahal

Toyota resmi meluncurkan Land Cruiser 300 GR Sport untuk pasar Jepang pada Senin (2/8/2021). Mobil ini merupakan varian termahal yang dipasarkan oleh pabrikan berlogo T.

Di Jepang, harga mobil Toyota Land Cruiser 300 GR Sport dibandrol 7,700,000 Yen atau setara Rp 1,01 miliar untuk mesin bensin 3.5-liter. Sementara pilihan mesin diesel 3.3-liter, banderolnya tembus 8,000,000 Yen atau Rp 1,05 miliar.

Apa yang membuat model GR Sport begitu mahal? Mau tahu kelebihannya secara detail? Berikut bahasan lengkap spesifikasi Land Cruiser 300 GR Sport:

Tampil Gagah Dengan Pelek Aluminum 18 Inci Beraksen Gelap

land cruiser 300 gr sport
Toyota Land Cruiser 300 GR Sport mengusung pelek aluminum 18 inci dengan warna abu-abu gelap.

Ciri Land Cruiser 300 GR Sport dapat terlihat di eksterior. Ada banyak komponen dengan aksen hitam yang sehingga tampilannya beda.

Sebut saja ada special radiator grille, special front bumper, special rear bumper, wheel arch molding hitam, emblem Toyota di belakang warna hitam, mud guards belakang, pelek aluminum 18 inci dengan warna abu-abu gelap.

Bukan cuma itu, Toyota juga memberi emblem GR Sport di depan, samping, dan belakang. Tidak ketinggalan lower back door decals, rocker molding hitam, outdoor side door handle hitam, dan lain-lain.

Baca juga  Tak Harus Beli, Segini Biaya Sewa Toyota Yaris Terbaru

Kombinasi semuanya menjadikan tampilan varian GR Sport lebih sporty. Lalu yang juga menarik, pengembangan eksterior seperti itu berdasar masukan dari para pembalap Dakar Rally.

“Untuk 2023, Team Land Cruiser Toyota Auto Body berencana ikut dalam Dakar Rally dengan basis utama (Land Cruiser) 300 Series GR Sport,” seperti dikutip dari laman resmi Toyota.

Lalu desain interior mobil ini juga tidak kalah istimewa. Ada pilihan kombinasi warna kabin hitam dan merah. Kemudian Toyota memberi pula berbagai keistimewaan. Sebut saja setir yang dibalut kulit dengan penyematan GR emblem.

Interior Land Cruiser Cruiser GR Sport pun memiliki tampilan head unit khusus ketika diaktifkan. Smartkey dengan emblem GR, head rest bangku pertama dengan emblem GR, dan lain-lain.

Fitur Offroad yang Istimewa

land cruiser 300 gr sport
Dengan kemampuan off road yang bertambah Toyota juga memperkuat SUV tersebut dengan bodi dan rangka lebih ringan 200 kg.

Salah satu yang mencolok dari dari Land Cruiser generasi terbaru ini adalah klaim kemampuan offroad yang lebih baik dibanding pendahulunya. Peningkatan kemampuan off road ini dikatakan Toyota akibat dari revisi di bagian suspensi.

Selain itu juga adanya penggunaan teknologi electronic kinetic dynamic suspension system (E-KDSS). Sistem ini berfungsi untuk memberikan fleksibilitas gerak suspensi dan diklaim dapat mendukung artikulasi kaki-kaki saat off-road atau meminimalisir body roll di jalan rata.

Baca juga  World Premiere Toyota Land Cruiser 2021, Catat Tanggalnya!

Sistem E-KDSS ini sendiri merupakan pengembangan dari KDSS yang digunakan pada seri LC 200 sebelumnya. Dengan kemampuan off road yang bertambah Toyota juga memperkuat SUV tersebut dengan
bodi dan rangka lebih ringan 200 kg, penurunan pusat gravitasi, penyempurnaan distribusi bobot, dan penguatan struktur suspensi.

Ada pula teknologi terkini seperti multi-terain monitor untuk memudahkan pengendara melihat rintangan offroad yang dihadapi di depan mobil. Tidak ketinggalan ada mode berkendara yang bisa mengatur secara otomatis pilihan yang dibutuhkan ketika melewati medan tertentu.

Mobil ini pun didukung mesin konfigurasi V6 dengan kapasitas 3,5-liter untuk varian bensin dengan torsi puncak 650 Nm dan tenaga maksimal 415 PS.

Sementara varian dieselnya mengusung mesin konfigurasi V6 berkapasitas 3,3-liter. Dengan capaiann tenaga 309 PS pada torsi 700 Nm.

Demikian ulasan terkait Land Cruiser 300 GR Sport terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update konten berita otomotif.

Terbaru