by

Spesifikasi Toyota Raize, SUV Mungil Adik Rush

Spesifikasi Toyota Raize – Kabar mengenai kehadiran sosok mini sport utility vehicle (SUV), Toyota Raize semakin kencang terdengar. Jika melihat spesifikasi, adik Toyota Rush ini memang sangat cocok untuk pasar otomotif Tanah Air.

Bagaimana tidak? Mesin irit, desain gagah khas SUV 5-penumpang, serta fitur berlimpah jadi daya tariknya. Terlebih lagi, Toyota belum memiliki pemain di kelas tersebut.

Kehadiran Raize juga diperkuat oleh kepastian saudara kembarnya, Daihatsu Rocky yang siap meluncur di Indonesia pada 2021. Hal menarik lain, harga Toyota Raize sangat terjangkau. Di negara asalnya yaitu Jepang, kembaran Daihatasu Rocky ini dijual mulai  JPY 1.679.000 atau setara Rp217 jutaan.

Oleh karena spesifikasi Toyota Raize yang istimewa serta harganya yang terjangkau, mobil ini mendapatkan sambutan positif dari konsumen negeri Sakura. Hal tersebut terungkap dari data pemasanan yang mencapai ribuan unit.

Berdasarkan data Toyota Jepang, selama Januari 2020 penjualan Raize mencapai 10.220 unit. Sedangkan pada November 2019 sebesar 7.484 unit dan 9.117 unit di Desember 2019.

Angka ini jelas melampaui target yang ditentukan oleh Toyota Jepang, sekitar 4.000 unit per bulan. Diprediksi, jumlah tersebut masih akan meningkat hingga pertengahan 2020.

Tentu penjualan baik tersebut harapannya bisa diikuti saat Toyota Raize masuk Indonesia. Bagaimana kemungkinannya bersaing dengan kompetitor di Tanah Air? Ingin tahu spesifikasi lengkapnya? Simak bahasan berikut ini:

Menakar Kemungkinan Toyota Raize Masuk Indonesia

Toyota Raize, Mini SUV yang digadang-gadang akan masuk Indonesia
Mini SUV yang digadang-gadang akan masuk Indonesia, yakni Toyota Raize

Melihat animo positif tersebut, tentunya bukan tidak mungkin jika Toyota Raize juga akan mampu bersaing di Indonesia. Salah seorang petinggi Toyota Indonesia pun sempat angkat bicara.

Anton Jimmy Suwandi selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) memaparkan, tidak sedikit konsumen yang sudah menanyakan kehadiran mobil tersebut di Indonesia. Tentu ini peluang baik untuk pasar otomotif Tanah Air.

“Jujur saya belum bisa komentar yes or no (untuk mendatangkan Toyota Raize). Sangat menarik tentunya bisa mengisi celah kosong di antara Toyota Rush,” ujar Anton.

Baca juga  Bocor! Tanggal Peluncuran Toyota Agya Facelift 2020 di Indonesia

Lebih lanjut Ia juga menjelaskan, untuk memboyong produk baru masuk ke Indonesia. Tentunya perlu beberapa kajian antara perusahaan dan pihak prinsipal. Tidak sesederhana yang dibayangkan konsumen.

“Harus melalui proses kajian lagi di internal kami dan juga prinsipal. Apakah mobil baru itu layak atau tidak dirilis di dalam negeri. Khusus mini SUV sendiri, saat ini kami tengah mempelajarinya,” beber Antun.

Sejauh ini, Toyota Indonesia sudah menyampaikan kepada prinsipal. Jadi tidak menutup kemungkinan kedepannya Toyota Raize juga akan diboyong untuk pasar Nasional. “Sementara ini, kami belum bisa berikan konfirmasi yang pasti,” ungkapnya.

Bila di jual di sini, Toyota Raize bakal bertarung dengan Honda HR-V, MG ZS, Mazda CX-3 dan lain-lain. Lawannya memang sudah banyak, hanya saja belum ada yang benar-benar menguasai pasar. Mungkin cuma HR-V yang sukses, maklum dialah pelopor di kelas tersebut.

Kehadiran Raize bukan tidak mungkin bakal merebut tahta dari HR-V. Oleh karena itulah kuncinya, harus punya harga tepat. Mungkin kisarannya bisa antara Rp200 – 300 juta, tergantung dari fitur dan spesifikasi Toyota Raize yang ditawarkan.

Harga Toyota Raize yang terjangkau juga bisa didapat kalau produk ini diproduksi di Indonesia. Bila impor, maka kemungkinan untuk bersaing bakal sulit!

Harga Toyota Raize di Jepang

Toyota Raize 2WD Tipe X JPY 1.679.000 (Rp217 jutaan)
Toyota Raize 2WD Tipe XS JPY 1.745.000 (Rp225 jutaan)
Toyota Raize 2WD Tipe G JPY 1.895.000 (Rp245 jutaan)
Toyota Raize 2WD Tipe Z JPY 2.060.000 (Rp267 jutaan)
Toyota Raize 4WD Tipe X JPY 1.918.800 (Rp248 jutaan)
Toyota Raize 4WD Tipe XS JPY 1.984.800 (Rp256 jutaan)
Toyota Raize 4WD Tipe G JPY 2.133.700 (Rp276 jutaan)
Toyota Raize 4WD Tipe Z JPY 2.282.200 (Rp295 jutaan)
   
*kurs JPY 1 = Rp 129
Baca juga  7 Daftar Mobil LCGC Terbaik untuk Sehari-hari

Eksterior Toyota Raize yang Begitu Menggoda

spesifikasi Eksterior Toyota Raize yang modern
Eksterior Toyota Raize yang modern, jadi daya tariknya

Laris manisnya mobil ini di Jepang, kuat dugaan spesifikasi Toyota Raize dalam hal desain menjadi daya tarik utamanya. Desain Raize cukup istimewa, dan terbilang kekar dan sportif.

Hal ini semakin diperkuat dengan hadirnya grille trapesium di bagian depan, serta lampu utama yang sudah menggunakan LED dan DRL.  Tampilan eksterior juga semakin terasa lengkap melalui hadirnya fog lamp, serta didukung dengan pelek alloy dengan desain sporty berukuran 17 inci.

Pada pilar D bergaya floating dan bumper dengan cladding tebal di bawah. Dilihat lebih dekat, desainnya begitu mirip dengan Toyota RAV4 terbaru. Dimensi Toyota Raize memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm.

Istimewanya lagi, mobil ini dibangun dari basis Toyota New Global Architecture (TNGA). Sebuah rangka yang ringan namun kokoh, seperti yang telah digunakan oleh kendaraan Toyota terbaru lain. 

Interior dengan Desain Menarik Jadi Daya Tariknya

Interior Toyota Raize dengan desain menarik
Interior dengan desain modern

Sisi interior, nampaknya cukup menarik untuk diperhatikan. Bagian setir menggunakan model 3-bilah. Ada sentuhan aksen alumunium pada bagian setir, pintu, dan kover AC untuk membuat tampilan semakin sportif.

Bagian interior semakin lengkap, berkat hadirnya sistem hiburan berupa head unit layar sentuh berukuran 8 inci di tengah dasbor. Nuansa mewah semakin terasa, berkat hadirnya instrument cluster yang sudah mengaplikasikan sistem digital.

Dalam hal konfigurasi bangku, Toyota Raize mampu menampung 5-orang. Masing-masing orang yang berada di dalam kabin juga mendapat head rest.  Soal bagasi, Raize juga cukup luas. Jika dirasa kurang, kamu bisa melipat bangku baris keduanya dengan sistem 60:40.

Spesifikasi Toyota Raize untuk Mesin

Raize
SUV terbaru Toyota ini ditawarkan dalam pilihan mesin 1.0 liter turbo dan 1.2 liter

Spesifikasi Toyota Raize untuk mesin, tersedia dalam dua pilihan: 1.0 liter turbo dan 1.2 liter. Dengan spesifikasi mesin tersebut tampaknya, SUV ini nampaknya ditujukan untuk penggunaan di jalur perkotaan.

Baca juga  Segini Konsumsi BBM Calya, Benarkah Efisien?

Mesin 1.0 liter turbocharged 3-silinder tentunya menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Tenaga yang dihasilkan sebesar 96 dk dengan torsi 140 Nm.

Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi transmisi otomatis D-CVT. Selain itu, mobil ini juga tersedia dalam pilihan transmisi 6-percepatan manual. Tersedia dalam pilihan 2WD dan 4WD.

Berdasarkan data internal Toyota, konsumsi BBM sistem penggerak 2WD dengan 18,6 km/liter dan 4WD dengan 17,4 km/liter.

Sementara untuk mesin 1.2 liter bukan barang aneh untuk Toyota. Raize bisa berbagi dengan Toyota Calya. Jadi kehadiran mobil ini di pasar Tanah Air sudah punya banyak kemudaan.

Jajaran Fitur yang Tersedia di Toyota Raize

spesifikasi Toyota Raize
Daftar fitur yang tersedia di Mini SUV terbaru Toyota sungguh berlimpah dan menjamin keselamatan berkendara

Spesifikasi Toyota Raize juga istimewa untuk fitur-fiturnya. Teknologi canggih jadi bekal adik Toyota Rush ini mampu diterima pasar, khususnya saat ini di Jepang. Terlebih mobil ini ditawarkan dengan banderol terjangkau, tentunya bisa menjadi salah satu pilihan baru di pasar otomotif.

Beragam fitur-fitur yang tersedia pada SUV ini antara lain dual airbags, curtain airbag, blind-spot monitoring, dan adaptive cruise control. Ada pula fitur LED headlamp with adaptive driving beam, smart parking system, cornering lamps, dan pedestrian detection system.

Seluruh fitur tersebut kemungkinan akan menjadi fitur standar pada seluruh varian Raize di Indonesia. Menariknya lagi, seluruh fitur keselamatan yang ada sukses membawa Toyota Raize mengantongi bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan versi JNCAP (Japan New Car Assesment Program).

Itulah tadi bahasan soal spesifikasi Toyota Raize dan kemungkinannya masuk ke pasar Indonesia. Bila benar mini SUV ini dijual di Tanah Air, apakah kamu tertarik untuk membeli mobil yang satu ini? Well.. kita tunggu bersama kehadirannya bersama-sama.

Baca juga:

Terbaru