Rabu, Mei 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Vinfast VF e34, Lebih Murah dari Hyundai Ioniq 5 Indonesia

by Tigor Sihombing
VinFast

VinFast VF e34 dikabarkan akan memasuki pasar Indonesia pada tahun 2024. VinFast VF e34 sendiri merupakan SUV listrik kompak yang diproduksi oleh VinFast, sebuah perusahaan otomotif Vietnam yang merupakan bagian dari Vingroup, salah satu perusahaan konglomerat terbesar di Vietnam.

Di negara asalanya VinFast VF e34 sudah dipasarkan sejak Maret 2021 dan menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Vietnam.

Sedangkan baru-baru ini, VinFast mengumumkan rencananya untuk melakukan ekspansi ke Indonesia pada tahun 2024. Dan Vinfast VF e34 rencanaya akan menjadi salah satu mobil pertama Vinfast yang akan dipasarkan di Tanah Air.

Di Negeri Negara Biru tersebut, VinFast VF e34 dijual dengan harga VND 690 juta atau setara dengan Rp 430 jutaan.

Untuk spesifikasi VinFast VF e34, mengutip laman resmi Vinfast Auto mobil ini didukung oleh motor listrik dengan baterai berkapasitas 42 kWh. Motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 kW atau setara 150 PS dan torsi puncak sebesar 242 Nm.

Baca juga  Presiden Jokowi Beri Lampu Hijau, Mobil VinFast Siap Melenggang di Indonesia dan Debut di IIMS 2024!

VinFast VF e34 memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.793 mm, tinggi 1.613 mm. Dimensinya jauh lebih kecil dibanding Hyundai Ioniq 5 dengan panjang 4.635 mm, lebar, 1.890 mm dan tinggi 1.647 mm .

Sedangkan pada suspensinya menggunakan MacPherson Strut di bagian depan dan Torsion Bar di bagian belakang.

Dalam hal daya jelajah, baterai 42 kWh VinFast VF e34 memungkinkan mobil ini menempuh jarak maksimal 300 km dengan satu kali pengisian daya penuh.

Soal jarak tempuh ini berbeda tipis dari Hyundai Kona EV yang mencapai 345 km (berdasarkan NEDC) atau 289 km (berdasarkan pengujian WLTP) dalam sekali pengisian daya penuh.

Lebih jauh daya jelajah Ioniq 5 Standar dengan range 384 km dalam sekali pengisian baterai saat kondisi penuh.

Hasil Uji NCAP

VinFast VF e34

Salah satu yang membuat mobil ini hanya memperoleh 4 bintang NCAP adalah karena belum memiliki fitur Autonomous Emergency Braking (AEB) standar.

Bicara standar keselamatan internasional. VinFast VF e34 telah lulus uji keselamatan ASEAN NCAP dengan hasil empat bintang dari lima bintang yang tertinggi.

Baca juga  VinFast Hadir di IIMS 2024 Bawa Pesaing BYD Dolphin

Meskipun demikian, mobil ini memperoleh lima bintang dalam tiga aspek yakni tabrakan depan dan samping, teknologi pelindung kepala, serta fitur keselamatan.

Kompartemen depan mobil tetap stabil meskipun ada risiko cedera pada pengemudi dan penumpang dewasa. Mobil ini juga mendapatkan skor baik dalam proteksi penumpang anak dan keselamatan pengendara sepeda motor berkat fitur Blind Spot Detection.

Salah satu yang membuat mobil ini hanya memperoleh 4 bintang NCAP adalah karena belum memiliki fitur Autonomous Emergency Braking (AEB) standar.

Demikian ulasan terkait VinFast VF e34 yang kabarnya akan dipasrkan di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika