by

Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio, Bagus Mana?

Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio sering jadi perbandingan untuk konsumen yang sedang berburu mobil keluarga. Baik baru atau bekasnya, MPV yang sama-sama berkapasitas 1.500 cc ini masih jadi favorit.

Sebagai kendaraan, keduanya bukanlah mobil yang sempurna. Baik Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio memiliki keunggulan dan kekurangan masing.

Nah dari pada penasaran, berikut akan kami ulas perbandingan antara Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio terbaru tipe tertinggi. Berikut ulasannya.

Mesin Siapa Paling Bertenaga?

Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio
Mesin Suzuki Ertiga terbarru berkapasitas 1.463 cc.

Suzuki Ertiga terbaru masih mengandalkan mesin andalan berkode M15A. Mesin tersebut memiliki kapasitas murni 1.491 cc 4 silinder. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 109 HP pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Sedangkan Honda Mobilio terbaru mengusung mesin SOHC 4 silinder segaris, berkapasitas 1.496 cc. Performanya sedikit lebih besar dibanding Suzuki Ertiga yakni 116 HP, yang bisa diraih pada putaran mesin 6.600 rpm. Torsi puncaknya mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm. 

Dilihat dari spesifikasi di atas, mesin Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio ternyata lebih unggul milik Mobilio. Kemudian yang juga menarik dari Mobilio, sudah pakai transmisi CVT sehingga akselerasinya halus saat melaju di kemacetan sekali pun.

Menakar Kenyamanan Kabin Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio

Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio
Kabin Suzuki Ertiga (atas) dan Honda Mobilio (Bawah).

Bicara kenyamanan, pengguna Suzuki Ertiga dijamin dengan platform terbaru, HEARTECT. Platform terbaru ini mengusung body lebih panjang 130 mm. Yang berpengaruh pda tingkat kenyamanan dan kelapangan.

Baca juga  All New Honda BR-V Sapa Warga Semarang

Tidak hanya itu, kemudahan dengan ruang kaki, ruang kepala, dan ruang bagasi yang lebih luas dibanding generasi sebelumnya. All-new Ertiga juga dilengkapi dengan cup holder berventilasi untuk menjaga minuman tetap dingin. Ini adalah salah satu fitur andalan Ertiga,

Di atas kertas All-New Ertiga memiliki ruang bagasi hanya 199 liter dalam keadaan tray bagasi dibuka. Kemudian kalau tray ditutup cuma 153 liter.

Hanya saja ketika dibandingkan, kapasitas bagasi Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio masih lebih besar punya Mobilio. Kendaraan keluarga dari Honda ini memiliki bagasi lebih luas sekitar 24 liter dibanding Ertiga, alias 223 liter. Kapasitas akan bertambah luas ketika kursi baris dua dan tiga dilipat rata.

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio

Suzuki ertiga dan Honda Mobilio
Airbag Suzuki Ertiga (atas) dan Honda Mobilio (Bawah)

Putra selaku mekanik mobil di bilangan Otosta Jakarta Timur yang kami mintai pendapatnya, mengatakan untuk fitur kedua mobil ini mirip-mirip.

“Keduanya memiliki fitur yang hampir serupa. Misalnya All New Ertiga dilengkapi fitur andalan untuk menanjak seperti hill hold control, pada Mobilio ada Hill Start Assist (HSA),” kata Putra, Selasa (24/8/2021).

Selain itu juga ada Antilock Braking System (ABS) untuk pengereman mendadak, dan dual SRS airbag. Selain itu, All New Ertiga juga sudah dilengkapi fitur ISOFIX yang akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan buah si kecil

Sebagai MPV modern, Suzuki Ertiga terbaru pada type GX yang notabene tertinggi telah memiliki sensor ultrasonik pada bumper belakang mendeteksi hambatan ketika pengendara memarkirkan mobilnya.

Baca juga  6 Kiat Lulus Uji Emisi Mobil Ala Suzuki, Tidak Sulit

Sistem tersebut menyediakan suara peringatan dan menampilkan informasi pada panel instrumen untuk membantu pengemudi tetap menerima informasi mengenai jarak kendaraan dengan hambatan.

Selain itu juga ada sistem immobilizer fitur ini juga sama ada di Mobilio terbaru.

“Nah fitur ini juga penting (immobilizer), karena berperan besar untuk mencegah mobil dari kecurian. Karena dengan fitur ini mesin tidak akan bisa dijalankan jika kunci dan ID kendaraan tidak sesuai,” tambahnya.

Selanjutnya adalah alarm keamanan. Setelah pintu dikunci dengan sistem keyless entry, alarm akan berbunyi ketika ada yang mencoba membuka pintu dengan cara yang lain, sehingga memberikan jaminan dan ketenangan.

Suzuki Ertiga juga dibekali sistem Airbag SRS, TECT (Total Effective Control Technology), Pengait kursi anak (ISOFIX), Hill hold control, ESP, ABS with EBD dan desain body yang sudah teruji aman untuk pejalan kaki.

Sedangkan pada New Honda Mobilio RS yang merupakan type tertinggi, mobil ini sudah dibekali ABS + EBD, Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Adapun fitur keamanan dan kenyamanan yang tersedia di hampir seluruh tipe New Honda Mobilio yaitu Retractable Door Mirror with Turning Signal, Alarm System, Keyless Entry, serta fitur Rear Parking Camera dan Audio Steering Switch khusus tipe CVT.

Baca juga  Honda Racing Indonesia Kenalkan Pembalap Musim 2021

Harga Suzuki Ertiva Vs Honda Mobilio

Suzuki Ertiga VS Mobilio

Bicara harga Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio siapa yang termurah? Satu yang jelas, keduanya masih mendapat diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPNBM) nol persen.

Untuk varian tertinggi Suzuki Ertiga dibandrol Rp 241,3 jutaan untuk type GX – AT. Sedangkan Honda Mobilio, versi tertingginya dibanderol Rp 248,5 juta untuk type RS CVT.

Jadi kalau kamu mau cari MPV keluarga yang terjangkau, maka Ertiga bisa jadi pilihan tepat. Hanya saja bukan berarti Mobilio tidak layak untuk dipilih. Mobil ini pas buat kamu yang menginginkan performa mesin mantap, serta ruang bagasi lebih luas.

Untuk lebih lengkapnya berikut kami sampaikan harga PPNBM nol persen Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Semua harga yang ditampilkan adalah harga on the road dan tidak mengikat.

Harga Suzuki Ertiga

  • Suzuki Ertiga GA – MT Rp 199,4 juta
  • Suzuki Ertiga GL – MT Rp 218,2 juta
  • Suzuki ErtigaGL – AT Rp 228 juta
  • Suzuki ErtigaGX – MT Rp 231,5 juta
  • Suzuki ErtigaGX – AT Rp 241,3 juta

Harga Honda Mobilio

  • Mobilio S M/T Rp 196,1 juta
  • Mobilio E M/T Rp 215,7 juta
  • Mobilio E CVT Rp 226,4 juta
  • Mobilio RS M/T Rp 238,3 juta
  • Mobilio RS CVT Rp 248,5 juta

Demikian ulasan terkait Suzuki Ertiga VS Honda Mobilio. Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru otomotif.

Terbaru