Suzuki GSX R400 Japstyle, Paduan Sport dan Tracker

Moladin – Suzuki GSX R400 sebagai motor sport yang ramping berubah menjadi lebih gambot di tangan juragan Fortuna Motocafe, yang biasa disapa Bang Doel. Pemilik bengkel di Jl. Pondok Cabe Raya No. 36 ini mengubah tampilan GSX yang macho jadi terlihat menggelembung.

“Terlihat lebih gembung, tapi bukan bobber. Tetapi lebih cenderung ke Japstyle, tepatnya perpaduan sport dan tracker,” buka juragan bengkel yang punya nama asli Abdullah ini.

Sang pemilik motor yang juga biasa disapa dengan Abah Arifin, menginginkan motor sportnya nyaman dipakai harian. Maklum warga Reni Jaya, Pamulang ini merasakan GSX R400-nya kurang bisa diajak kompromi di jalanan Jakarta yang makin parah macetnya. Kalau dibiarkan standar rasanya punggung dan pinggang kurang bisa diajak kompromi saat riding lama dan macet. Pegel Bro.

Untuk mengubah tampilannya agar nyaman dipakai harian, Bang Doel, langsung menyasar pada rangka standarnya. “Rangka standar tak bisa dibiarkan, harus menyesuaikan dengan fungsinya nanti sebagai harian. Sehingga rangka mesti dipotong mulai bagian tengah hingga belakang. Kemudian subframe diuat ulang dengan presisi seperti  yang dimau,” tambah Bang Doel.

 

Tak Banyak Ubahan di Bagian Kaki-Kaki

suzuki-gsx-r400-japstyle,-paduan-sport-dan-trackerArm bawaan Suzuki GSX R400 |Foto: Contributor Moladin

Arm asli Suzuki GSX R400 yang memang sudah kokoh dan menarik, tak perlu digusur. Arm bawaan ini menunjang tampilan motor yang bodinya lebih gambot ini tetap terlihat sporty.

Begitu pula dengan shockbreker. Shockbreker bawaan model upsidedown tetap dipertahankan. Sayang juga kan shocbrekernya sudah mumpuni, standarnya memiliki kualitas yang bagus dan pas buat meredam di bagian depan motor.

 

Headlamp Adaptasi Honda Scoopy

suzuki-gsx-r400-japstyle,-paduan-sport-dan-trackerHeadlamp adopsi Honda Scoopy |Foto: Contributor Moladin

Yang unik, lampu depan motor mengadopsi dari motor matik, Honda Scoopy. “Pas bingung mau cari-cari model lampu, lihat lampu Scoopy kayaknya unik ditempelin di motor ini. Malah terlihat motor lebih modern di sini. Pasangnya juga gak terlalu sulit. Hanya bikin dudukan tambahan saja supaya pas nangkringnya,” kekeh Bang Doel yang dikenal di kalangan Bikers penyuka modif ini.

Tangki standar jelas tergusur. Bengkel yang memang kondang dengan ketok pelat ini membuat tangki baru dengan menyesuaikan rangka standar depan. Hasilnya tangki terlihat menggembung dan menjadi focus di bagian motor.

 

Jok Custom Sesuai Tema Modifikasi

suzuki-gsx-r400-japstyle,-paduan-sport-dan-trackerJok custom sesuai konsep modifikasi |Foto: Contributor Moladin

Bagian jok, menyesuaikan tema motornya dibuatkan customnya. Sedangkan aki supaya terlihat rapi, dibuatkan cover custom sekaligus dengan dudukan custom. Pokoknya soal getok-getok pelat, memang Bang Doel jagonya.

Untuk menunjang kenyamanan riding, ban standar juga digusur, diganti dengan model dual purpose. “Pilihan kembangan seperti kemauan pemilik, jadi seperti scrambler,” ternya Bang Doel.Ban ukuran 120/70-17 nemplok di depan dan belakang dipakai ban ukuran 169/60-17.

 Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *