oleh

Suzuki S-Presso Sudah di Indonesia, Bisa Pesan?

Tampak beberapa unit Suzuki S-Presso sudah di Indonesia. Kabar ini terdengar lewat unggahan di media sosial @indra_fathan, berupa foto S-Presso sedang diangkut truk di area Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Pada artikel kami sebelumnya mengenai Suzuki S-Presso (Agustus 2021), kami juga menginformasikan bahwa mobil ini sudah terdaftar di DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual). Mobil mungil tersebut memiliki nomor DID20211020609 sejak 25 Maret 2021 dengan status ‘Selesai Masa Pengumuman’.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya lagi jor-joran di tahun 2022. Belum lama ini, mereka meluncurkan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater baru, yaitu Suzuki Ertiga Hybrid. Bukan tidak mungkin selanjutnya adalah peluncuran S-Presso di Tanah Air.

Foto di media sosial jadi bukti bahwa Suzuki S-Presso sudah di Indonesia dan prediksinya meluncur tepat di ajang GIIAS 2022. Pameran otomotif itu sendiri siap berlangsung Agustus mendatang.

Hadirnya Suzuki S-Presso tentu akan jadi pengganti dari Karimun Wagon R yang sudah berhenti produksi. Mobil mungil ini bakal menemani eksistensi Suzuki Ignis yang sudah bermain lebih dahulu di segmen city car. Atau jangan-jangan, hadirnya Suzuki S-Presso justru akan menggantikan Suzuki Ignis?

Baca juga  Dijual Murah, Apa Kelebihan Suzuki XL7?

Kami mencoba konfirmasi ke salah satu Wiraniaga diler mobil Suzuki di Tangerang Selatan perihal Suzuki S-Presso sudah di Indonesia. Namun sayangnya, Wiraniaga tersebut masih belum memaparkan informasi lebih lanjut.

“Belum ada info dari pusat untuk Suzuki S-Presso. Kami sedang fokus untuk Suzuki Ertiga Hybrid,” jawabnya singkat pada Kamis (16/6/2022).

Kemudian kami juga mencoba mengkonfirmasi ke pihak manajemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), namun belum ada jawaban sampai artikel ini ditayangkan.

Sekilas Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso
Suzuki S-Presso

Sebagai informasi, Suzuki S-Presso sebelumnya sudah dijual di negara India sejak 2019 lalu. Menariknya, di tanah Hindustan tersebut, Suzuki S-Presso dijual dengan kisaran rentang harga mulai dari 411.000 hingga 498.000 Rupee atau kisaran Rp 79,5 juta  hingga Rp 96,5 jutaan.

Di India, Suzuki S-Presso Suzuki mengusung basis mesin yang sama dengan Suzuki Karimun Wagon R, yaitu K10B berkapasitas 996 cc. Mesin tersebut diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 67 dk pada 5.500 rpm serta torsi maksimum di angka 90 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm.

Baca juga  Sejarah Suzuki Baleno, Transformasi Sedan ke Hatchback

Bukan hanya mesin saja, untuk transmisinya juga sama dengan karimun Wagon R. yaitu menggunakan sistem Auto Gear Shift (AGS) 5-percepatan.

Untuk fiturnya, mobil yang sekilas mirip dengan Suzuki Ignis ini sudah mengadopsi beberapa fitur modern. Seperti ABS, rear parking system, dual airbag serta Electronic Brake force Distribution (EBD).

Kemudian ada pula fitur sensor parkir, keyless entry, door lock by speed, head unit yang bisa terkoneksi dengan Android dan Apple CarPlay.

Soal dimensi, mobil mungil ini memiliki panjang 3.565 mm. Sementara lebarnya sebesar 1.520 mm dengan tinggi 1.549 mm. Dimensi tersebut didukung dengan jarak sumbu roda sebesar 2.380 mm dan ground clearance sebesar 180 mm.

Untuk menyelaraskan dimensi dan desain body, mobil ini didukung dengan pelek berdiameter 14 inci. Apakah di Indonesia akan mengusung spesifikasi yang sama?

Moladiners, itulah ulasan mengenai Suzuki S-Presso yang sudah terlihat di area Pelabuhan Tanjung Priok. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru