Selasa, Mei 28, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Suzuki XL7 Meluncur Februari? Kompetitor Xpander Cross

by Baghendra Lodra
suzuki xl7 meluncur

Suzuki XL7 Meluncur – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tengah merencanakan kelahiran produk baru bergaya crossover. Disinyalir mobil itu adalah Suzuki XL7.

Bocoran di sosial media mengatakan, peluncurannya berlangsung pada Februari 2020. “Launching XL7 akan dibuatkan acara Suzuki Day, estimasinya tanggal 15 Februari. Lokasi di Museum Purna Bakti (TMII),” seperti dikutip dari Instastory akun @indra_fathan.

Ingin tahu spesifikasi Suzuki XL7? Apa saja keistimewaannya? Simak bahsan berikut:

Mirip XL6 yang Dijual di India

suzuki xl7 meluncur

Bocoran sosok Suzuki XL7 (Sumber: OLX)

Bila melihat produk Suzuki di luar negeri, maka tampilan XL7 begitu mirip XL6 yang dijual di India. Hanya saja ada perbedaan dari sisi nama. Kenapa?

Di Negeri Bollywood, mobil ini pakai konfigurasi tempat duduk untuk enam penumpang. Bangku di sektor tengah menggunakan gaya captain seat.

Sementara Indonesia sepertinya lebih mementikan kapasitas penumpang banyak. Di bangku tengah, pakai desain standar dan mampu memuat tujuh penumpang. Alhasil namanya menjadi Suzuki XL7.

Bagaimana soal spesifikasi mesinnya? Di India, Suzuki XL6 menggunakan jantung mekanis hybrid. Walau demikian, ketika Suzuki XL7 meluncur di Indonesia nanti, tidak akan menggunakan hybrid. Mesinnya kemungkinan pakai basis yang sama dengan Suzuki Ertiga Tanah Air, berkode K15B.

Baca juga  Peluncuran Hyundai Santa Fe Terbaru, 7 April 2021

Mesin tersebut berkapasitas 1.462cc, punya teknolodi DOHC dan VVT. Torsi puncaknya mencapai 13,8 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 103,2 hp pada 6.000 rpm. Padanannya adalah sistem transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga:

Suzuki XL7 Meluncur, Apa Beda dengan Ertiga?

Suzuki XL7 Meluncur 003

Mobil ini berbasis Suzuki Ertiga dengan berbagai revisi tampilan dan fitur, sehingga terlihat lebih gagah

Bila melihat bocoran gambar yang beredar di dunia maya, Suzuki XL7 memiliki desain lebih gagah. Hadir berbagai aksesori untuk memperkuat aura SUV, sebut saja over fender, skid plate, dan roof rail. Pelek juga berganti dengan 10 palang.

Perbedaan lain, ada di paras. Desain grille baru hadir bergaya trapesium. Lampu depan LED pun muncul untuk meningkatkan visibilitas berkendara lebih baik dengan tambahan daytime running light.

Belum jelas lagi, fitur apa yang bakal disematkan Suzuki ke XL7. Jika berkaca pada XL6 di India, harusnya bakal berlimpah. Di sana, mobil ini sudah mengadopsi cruise control untuk mempertahankan kecepatan tertentu ketika melewati jalan bebas hambatan. Ada pula voice command yang memudahkan pengendara dalam mengatur fitur hiburan.

Baca juga  6 Kiat Lulus Uji Emisi Mobil Ala Suzuki, Tidak Sulit

Tidak ketinggalan, Suzuki XL6 pun punya auto head lampd dan follow me home untuk kenyamanan pengendara. Fitur-fitur di Suzuki Ertiga juga dipertahankan, sebut saja smart key, auto AC, keyless entry, dan head unit layar sentuh.

Entah nanti, Suzuki XL7 bakal punya fitur sebanyak XL6 atau tidak? Mari kita tunggu sama-sama peluncurannya!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika