by

Bocoran Toyota Raize Pakai Mesin Baru, Performanya Mantap!

Mobil baru Toyota yang akan diluncurkan pada 30 April 2021, Toyota Raize diketahui bakal pakai mesin baru. Pengertian baru di sini, mesin tersebut belum pernah digunakan pada model Toyota di Indonesia sama sekali.

Hal ini diketahui lewat bocoran brosur Toyota Raize yang beredar di dunia maya. Dari pantauan tim moladin, mobil SUV kembaran Daihatsu Rocky itu memiliki dua opsi mesin: 1.2 liter dan 1.0 liter.

Adapun mesin yang digunakan pada All New Toyota Raize ini merupakan pengembangan baru dari Toyota. Hal tersebut terungkap, lantaran kode mesin yang diadopsikan pada mobil ini berbeda dari model Toyota pada umumnya.

Jika biasanya model Toyota dengan mesin 1.2 liter seperti di Agya atau Calya, menggunakan kode 3NR-VE, DOHC, Dual VVT-i, dan berkonfigurasi empat silinder. Performanya juga cuma bisa mengeluarkan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm.

Bandingkan dengan All New Toyota Raize yang pakai mesin berkode WA-VE berteknologi 12 Valve, DOHC, dan Dual VVT-i. Kemudian jantung mekanis 1.2 liter milik Raize, mengusung konfigurasi cuma tiga silinder.

Baca juga  Toyota Sienta Welcab, Akomodir Kebutuhan Lansia dan Difabel

Di atas kertas, mesin Raize yang berkubikasi murni 1.198 cc itu bisa melontarkan performa lebih baik lagi. Torsi puncaknya tembus 113 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm. Padanannya adalah sistem transmisi CVT ata 5-percepatan manual.

Entah apa alasan Toyota memakai mesin tiga silinder untuk Raize. Meski punya performa mesin lebih baik, namun depot daya berkonfigurasi ganjil dikenal lebih tidak nyaman, karena memiliki getaran yang kuat dibanding mesin empat silinder.

Ada Pula Opsi Mesin 1.0 Liter Turbo di Toyota Raize

toyota raize pakai mesin baru
Tersedia dua opsi mesin untuk Toyota Raize yaitu 1.2 liter dan 1.0 liter turbo, namun sama-sama pakai konfigurasi tiga silinder

Mesin baru tersebut tidak hanya diadopsikan pada varian 1.2 liter. Untuk varian 1.0 liter Turbo, spesifikasinya juga belum ada di mobil Toyota sebelumnya, serta mampu menghasilkan performa yang tidak kalah mantap.

Jika melihat bocoran dari brosur, kembaran Daihatsu Rocky tersebut pakai mesin baru berkode 1KR-VET. Jantung mekanis itu merupakan pengembangan dari mesin tiga silinder 1KR-VE yang ada di Agya dan Cayla. Salah satu pembedanya adalah kemunculan turbo.

Baca juga  7 Perbedaan Toyota Avanza dan Transmover Taksi

Dengan tambahan teknologi turbo, maka mesin 1.0 liter milik Raize bisa melontarkan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm dan tenaga maksimal 98 PS pada 6.000 rpm. Performa itu memang meningkat tajam dibanding milik Agya dan Calya.

Hanya saja kalau dibanding kompetitor seperti Nissan Magnite, maka mesin Raize tidak ada apa-apanya. Pasalnya mesin Magnite yang sama-sama berkubikasi 1.0 liter bisa memuntahkan torsi hingga 160 Nm pada 2.800-3.600 rpm dan tenaga 100 PS pada 5.000 rpm.

Selain dibekali dengan mesin tiga silinder baru berkapasitas 1.0 liter turbo dan 1.2 liter, Toyota Raize juga sudah dilengkapi dengan fitur tambahan yang membuatnya lebih nyaman saat dikendarai.

Adapun beberapa fitur yang sudah disematkan, antara lain penerangan dengan teknologi LED, serta dibekali dengan fitur tambahan berupa Smart Entry with Push Start Button, ABS, Vehicle Stability Control serta sensor parkir dan kamera parkir.

Sementara untuk varian tertingginya, yakni Toyota Raize GR Sport mendapat tambahan beberapa aksen baru seperti GR Sport Bodykit, Sport Emblem, dan lain-lain. Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Baca juga  50 Tahun Toyota Indonesia, Komitmen Mobil Elektrifikasi

Terbaru