Tangkai Pengungkit Standar Tengah Motor Matic Bengkok? Ini Penyebab Sekaligus Solusinya


Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

 

 

 

Saat akan parkir baik itu di lokasi parkir, di rumah atau di tempat umum, hampir semua pemilik motor memanfaatkan standar samping atau standar tengah. Hal tersebut untuk memposisikan motor terparkir dengan benar. Sehingga motor yang berhenti lama atau sebentar, tetap aman tanpa terganggu kendaraan lain. Hanya saja dalam prosedur standar keamanan dan keselamatan berkendara, agar lebih kokoh dan enggak mudah ambruk idealnya posisi parkir motor memfungsikan standar tengah. Posisi parkir macam ini jauh lebih aman dibanding standar samping yang terasa seperti kurang mengunci.

Akan tetapi, terkadang saat memfungsikan peranti ini masih ada pemilik motor yang salah kaprah. Alhasil, banyak tangkai pengungkit sekaligus pengayun di standar tengah pada bengkok hingga posisinya melebar ke samping. Problem macam ini kerap terjadi pada motor matic, khususnya matic Honda BeAT produksi lama.

Honda Beat All New eSP

Harga yang tercantum adalah harga DP motor

 

Tangkai Pengungkit Bengkok Bukan Cuma Dari Material

Jika tangkai pengungkit bengkok dibagian standar tengahkeluar, ada baiknya lebih berhati-hati. Karena batang yang menjuntai keluar dapat bergesek ke aspal saat motor belok ke kiri. Resiko paling fatal jika tankai pengungkit tersangkut bahu jalan. Bisa-bisa pengendaranya yang terjungkal.

“Masalah seperti ini paling sering terjadi di matic Honda BeAT, terutama yang sudah lama pakai. Tapi saya juga pernah benahi hal ini di motor matic merek lain. Kasusnya sama, tangkai pengungkit bengkok hingga kearah luar,” ujar Sigit Haryanto, mekanik rumah modifikasi motor Black Orchid di Batas Kreo, Ciledug, Tangerang.

Bukan-cuma-kualitas-material-tapi-gimana-cara-standarin-motorBukan Cuma Kualitas Material, Tapi Gimana Cara Standarin Motor

Penyebab tangkai pengungkit standar tengah melebar keluar, analisa Sigit bukan cuma dipengaruhi materialnya yang jelek. Sebab, tidak semua tangkai berbahan besi di motor skubek alami hal tersebut.

Prosedur Yang Tepat Menggunakan Standar Tengah

Penyebab lain selain material yang jelek, bisa saja dari kesalahan prosedur saat pengendara menggunakan standar tengah. Mestinya, tangkai pengungkit cukup diinjak tanpa diberi beban. Jika posisi motor sudah aman dan tidak miring, proses selanjutnya bodi motor diangkat pakai tangan kanan sampai standar tengah benar-benar mengunci.

Posisi-ideal-saat-menggunakan-standar-tengahPosisi Ideal Saat Menggunakan Standar Tengah

Sebaliknya jika tangkai pengungkit diinjak sambil diberi beban tubuh atau sambil berdiri di atasnya. “Karena keseringan, wajar jika posisi tangkai pengungkit jadi melebar keluar. Padahal seharusnya tidak harus diinjak paksa. Sebab begitu posisi 2 batang kaki standar tengah sudah posisi tepat, motor langsung diangkat,” lanjutnya.

Tapi kalau posisi tangkai sudah melebar keluar, biar aman di jalan mending segera diperbaiki atau dikembalikan ke posisi awal. Caranya bisa pakai bantuan pipa besi untuk menekuknya kembali.

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *