Minggu, Mei 26, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Target Mitsubishi Fuso eCanter Untuk Kota Besar, Meluncur Tahun Depan?

by Firdaus Ali
Target Mitsubishi Fuso eCanter

Target Mitsubishi Fuso eCanter untuk kota besar, belum untuk wilayah pinggiran. Hal ini disebabkan karena ketersediaan infrastruktur yang berkaitan dengan kendaraan elektrik. Namun kedepannya tidak menutup kemungkinan akan merambah wilayah lain beriringan dengan tumbuhnya infrastruktur yang mendukung.

Membahas Mitsubishi Fuso eCanter memang selalu menarik, truk listrik ini digadang-gadang akan menjadi terobosan baru sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang. Namun begitu, pihak KTB mengungkapkan untuk fokus market awal, wilayah Jakarta terlebih dahulu.

“Kita ingin konsennya di Jakarta dulu karena fokusnya memang di kota besar yang infrastrukturnya sudah bisa mendukung kendaraan tersebut nantinya dan itu memang targetnya untuk kendaraan logistik,” jelas Wakil Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Aji Jaya (8/10/2023).

Lebih lanjut, Aji juga berharap pemerintah segera untuk membangun infrastruktur untuk kendaraan listrik serta adanya subsidi.

“Untuk subsidi kendaraan listrik, motor sudah didukung, bus sudah didukung, mobil penumpang sudah juga. Truk belum kelihatan, kita masih menunggu. Kita juga berusaha bagaimana kita bisa mendapat dukungan dari pemerintah. Minimal sama (dukungan subsidi/insentif) dengan yang diberikan ke jenis kendaraan listrik lainnya, ya karena kalau semangatnya adalah udara bersih, itu kontribusinya dari kendaraan listrik pastinya,” jelas Aji.

Baca juga  Alasan Truk-truk Mitsubishi Fuso Laris di Pasaran, Turun Semua di GIICOMVEC 2024

Sekilas Mengenai Mitsubishi Fuso eCanter

Target Mitsubishi Fuso eCanter

Mitsubishi Fuso eCanter

Target Mitsubishi Fuso eCanter untuk kota-kota besar seperti Jakarta karena ketersediaan infrastruktur kendaraan listrik. eCanter merupakan truk ringan bertenaga listrik pertama yang diproduksi secara seri di Jepang, dan telah beroperasi di Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Truk ini sepenuhnya bertenaga listrik sehingga bebas emisi gas buang, memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dengan akselerasi yang bertenanga, mudah dioperasikan, dan cocok untuk sektor logistik di area perkotaan, serta, distribusi lokal.

Generasi terbaru dari Mitsubishi Fuso eCanter dikenalkan oleh KTB saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Agustus lalu. Truk itu tampil perdana di Indonesia setelah diluncurkan di Jepang pada September tahun 2022.

Mitsubishi Fuso eCanter memakai baterai model modular, mulai dari satu sampai tiga baterai bisa dipasang, tergantung wheelbase. All New eCanter tersedia dalam kapasitas baterai 41 kWh (jarak tempuh 80 km), 83 kWh (140 km), 124 kWh (200 km). Pengecasan dapat dilakukan dengan kecepatan normal lewat steker AC maupun secara kilat (fast charging) melalui steker DC.

Baca juga  Mitsubishi Fuso eCanter Bakal Meluncur Juli 2024!

Fuso eCanter juga memakai lampu depan baru yang dilengkapi dengan Intelligent Headlight Control. Sehingga lampu bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan misalnya pakai pakai lampu dekat atau jauh.

Pada bagian kabin, desainnya mengutamakan kenyamanan mengemudi. Misalnya dasbor yang lebih rendah, layar instrumen LCD 10 inci, sampai model setir baru.

Di Jepang, tersedia fitur V2X yang membuat eCanter baru mampu menjadi sumber listrik darurat. Fitur-fitur lainnya ialah 4 Level Regenerative Braking, LCD Meter Cluster, Audio Steering Switch, Fuso Easy Key Access.

Adapun aspek keselamatan dan keamanan ditingkatkan lewat Collision Mitigation Brake System with Active Brake Assist 5, Active Sideguard Assist 1.0, Active Attention Assist.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika