Ketahui Aturan dan Tarif Parkir Inap Bandara Soekarno-Hatta biar Ga Bayar Jutaan

Ada banyak cara untuk menuju bandara. Sebagian orang memilih diantar keluarga, ada yang menggunakan jasa transportasi online, diantar jasa travel, taksi bandara, sampai yang membawa kendaraan pribadi. Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi ketika hendak bepergian lewat bandara, kamu bisa memanfaatkan layanan parkir inap yang memang sudah disediakan.

Di Indonesia, sudah banyak bandara, terutama bandara besar, yang menyediakan lahan parkir inap. Yang perlu kamu tahu, layanan parkir inap biasanya memiliki tarif dan aturan yang berbeda dibanding parkir reguler. Penting untuk menggali informasi sebelum memutuskan untuk meninggalkan kendaraanmu di lahan parkir bandara. Kalau sampai salah parkir, kamu bisa diwajibkan membayar biaya yang mahal, mencapai jutaan rupiah.

Bandara Soekarno-Hatta (SHIA) juga menyediakan lahan parkir inap bagi para pelancong yang ingin terbang dari sana. Kamu bisa meninggalkan mobilmu di lahan parkir inap sementara kamu bepergian ke luar kota atau ke luar negeri. Parkir inap ini sengaja disediakan bagi mereka yang butuh menitipkan kendaraan dalam waktu lebih dari empat jam.

Pihak pengelola bandara pun sudah membuat parkir inap menjadi lebih akomodatif bagi mobil yang ditinggal lumayan lama oleh para pemiliknya. Fasilitas pada parkir inap lebih lengkap dan memadai untuk kendaraan, utamanya roda empat. Di lokasi ini sudah terdapat kanopi untuk melindungi kendaraan, ada layanan shuttle untuk mengantarkan pemilik kendaraan menuju terminal yang dia tuju, serta tarif parkir inap bandara Soekarno-Hatta juga lebih murah.

Parkiran

Saat ini, tarif parkir reguler di bandara soekarno-hatta baru saja mengalami kenaikan. Pemilik kendaraan yang memarkir mobilnya di lokasi reguler akan dikenai tarif progresif yang relatif mahal. Salah satu contoh adalah pada tahun 2018, seorang pemilik mobil mendapatkan tagihan lebih dari satu setengah uta rupiah karena memarkir kendaraannya selama beberapa hari di tempat parkir reguler.

Untuk lokasi parkir inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di depan kantor imigrasi dan di depan stasiun kereta bandara. Tempat parkir inap ini memiliki kapasitas yang lumayan besar, bisa menampung hingga 868 mobil. Jika anda kesulitan menemukan tempat parkir inap ini, jangan ragu bertanya dan meminta bantuan kepada petugas atau pegawai bandara.

Berikut adalah tarif parkir reguler bandara Soekarno Hatta

Jenis Kendaraan

Jam Pertama

Tiap Jam Berikutnya

Jika Melebihi 4 Jam

Sedan, Jeep, dan sejenisnya

Rp5.000 untuk satu jam pertama

Rp4.000

Rp10.000 per jam

Bus dan Truk Golongan 1 (4-6 roda)

Rp12.000 untuk dua jam pertama

Rp3.000 untuk 4 jam berikutnya

Rp3.000 per jam

Bus dan Truk Golongan 2 (> 6 roda)

Rp17.000 untuk dua jam pertama

Rp5.000

Sepeda Motor dan Sejenisnya

Rp5.000 Setiap kali masuk atau per hari

 

Tarif parkir langganan umum Bandara Soekarno-Hatta

Jenis Kendaraan

Tarif Langganan Bulanan

Tarif Langganan Tahunan

Sedan, Jeep, dan sejenisnya

Rp720.000

Rp7.200.000

Bus dan Truk

Rp820.000

Rp8.200.000

Sepeda Motor dan Sejenisnya

RP150.000

Rp1.500.000

 

Tarif parkir inap Bandara Soekarno-Hatta cukup simpel. Bagi mobil sedan, Jeep, dan sejenisnya dikenakan tariff Rp30.000 untuk 4 jam pertama. Selanjutnya, tarifnya adalah Rp6.000 untuk tiap jam selanjutnya. Untuk parkir pengendapan taksi, tarifnya adalah Rp7.000 untuk setiap kali masuk atau per hari.

Selain bisa menginapkan mobil kamu di parkiran resmi bandara, kamu juga bisa memanfaatkan jasa parkiran swasta yang terletak di sekitar bandara. Salah satunya adalah Soewarna Business Park yang menyediakan layanan parkir inap bagi pengunjung SHIA. Lokasinya sangat mudah dijangkau, hanay sekitar 2,5 kilometer dari pintu tol Bandara, tepatnya di seberang Cengkareng Golf Club. Di sekitar lahan parkir ini adalah berbagai restoran terkenal dan foodcourt yang baru dibuka.

Tarif menitipkan mobil di Soewarna Business Park bahkan lebih murah dibanding tarif parkir inap Bandara Soekarno-Hatta. Kamu cukup membayar Rp4.000 per jam saja. Dan jika mobilmu kamu parkir lebih dari 24 jam, kamu cukup membayar 15 jam saja per harinya. Jadi kamu mendapat 9 jam parkir gratis di sini. Dengan kata lain, tariff parkir mobil di Soewarna maksimal adalah Rp60.000 per 24 jam. Murah banget kan?

 

Yamaha MT 15

*Angsuran mulai dari

 

Soewarna Business Park memiliki 6,5 atap untuk menampung mobil. Setiap atap memiliki kapasitas sekira 40 mobil. Dengan kata lain, parkiran ini mampu menampung sekitar 260 mobil setiap harinya. Keberadaan atap itu menjamin mobil tidak akan kehujanan ataupun kepanasan. Kemanan terjamin karena Soewarna sudah dilengkapi dengan CCTV dan petugas keamanan yang memadai. Untuk layanan tambahan, Soewarna juga melayani car wash, wax, scrub jamur di kaca. serta poles bodi mobil.

Yang mungkin jadi pertanyaanmu sekarang adalah bagaimana caranya kamu bisa sampai ke bandara jika memarkir mobil di Soewarna. Jawabannya sederhana, Soewarna juga menyediakan shuttle service yang siap mengantarkan kamu ke terminal bandara 24/7. Kamu juga bisa minta dijemput dari bandara untuk mengambil mobilmu di Soewarna lagi.

Jadi, sekarang pilihannya ada di kamu sendiri. Apakah kamu ingin menggunakan layanan parkir inap di bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II atau menggunakan layanan parkir inap swasta seperti dari Soewarna, kamu yang menentukan.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *