Thursday, February 2, 2023
Banner

Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru 2023, Semua Golongan!

by Tigor Sihombing

Kira-kira berapa tarif tol Jakarta Bandung untuk tahun 2023? Penting mengetahuinya, terlebih bila kamu mau melakukan perjalanan naik mobil dari Jakarta ke Bandung. Dengan tahu biaya tol yang perlu dikeluarkan, kamu bisa menyiapkan bujet sebelum memulai road trip.

Seperti diketahui, jarak Jakarta – Bandung sekitar 166 km. Terhitung dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau Tol Dalam Kota Jakarta, kemudian masuk ke Tol Cikampek (bisa lewat Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zeyed (MBZ), Purwakarta, Padalarang (Cipularang) hingga Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). Adapun waktu tempuhnya sekitar 2 – 3 jam.

Rute tol yang dilalui dari Jakarta menuju Bandung dengan menggunakan kendaraan pribadi juga beragam. Kamu bisa pilih sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Sesampainya di Tol Padaleunyi, barulah kamu bisa mengambil jalan keluar tergantung tujuannya. Pasalnya di sini, sudah masuk wilayah Bandung.

Tol Padaleunyi sendiri memiliki panjang 58,5 km dengan 8 gerbang tol, yakni Padalarang, Baros, Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Moh. Toha, Buah Batu, dan Cileunyi. Kalau mau ke pusat Kota Bandung, bisa pilih keluar Tol Pasteur.

Sementara kalau ingin ke Kabupaten Bandung, bisa keluar di pintu tol setelahnya. Misal kamu mau ke Kawasan Wisata Ciwidey dan Stadion Si Jalak Harupat, bisa keluar di Pasir Koja. Sementara kalau mau ke daerah pabrik Rancaekek, bisa keluar Tol Cileunyi.

Baca juga  Fitur Baru Google Maps, Ada Info Tarif Tol

Paling umum adalah keluar Tol Pasteur kalau mau ke Bandung. Maka total tarif Tol Jakarta-Bandung sesuai dengan rute di atas adalah Rp 76.500. Mau tahu rinciannya? Berikut kami bahas secara detail:

Jenis Golongan Kendaraan di Jalan Tol

tarif tol Jakarta Bandung 2023

 Medan turunan dan menanjak, khas Tol Cipularang

Sebelum mengetahui harga tol Jakarta-Bandung, patut diketahui terlebih dahulu jenis golongan kendaraan di tol. Karena harga bayar tol ditentukan oleh masing-masing jenis kendaraannya berdasarkan golongan.

Berdasarkan Kepmen PU No 370/KPTS/M/2007, mobil pribadi jenis minibus, hingga sedan atau jip termasuk kendaraan Golongan I. Selain mobil pribadi, yang termasuk kendaraan Golongan adalah pick up atau truk kecil dan bus. Berikut daftar golongan kendaraan di tol selengkapnya:

  • Golongan I: Sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus
  • Golongan II: Truk dengan 2 (dua) gandar
  • Golongan III: Truk dengan 3 (tiga) gandar
  • Golongan IV: Truk dengan 4 (empat) gandar
  • Golongan V: Truk dengan 5 (lima) gandar

Tarif Tol Dari Jakarta Ke Bandung Kendaraan Golongan I untuk Masing-Masing Pintu Tol

tarif tol Jakarta Bandung 2023

Gerbang Tol Pasteur sebagai pintu masuk ke Kota Bandung

Dalam membeberkan tarif Tol Jakarta Bandung, kami akan mencoba menjelaskannya secara detail dari masing-masing tol yang dilewati, khususnya untuk kendaraan Golongan I terlebih dulu. Dari Jakarta menuju Bandung, salah satunya perlu melewati lebih dulu melewati Tol Dalam Kota yang biayanya Rp 10.500.

Baca juga  Ketahui Batas Kecepatan di Jalan Tol, Ngebut Ada Sanksinya!

Selanjutnya masuk Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zeyed (MBZ) dengan biaya Rp 20.000 untuk keluar di Cikampek. Berikutnya masuk Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang (Cipularang) dengan tarif Rp 42.500.

Jadi dari Jakarta sampai Padalarang, biayanya Rp 73.000. Kemudian ditambah biaya Tol Padalarang – Cileunyi dengan tarif tol berbeda-beda setiap pintu keluar. Mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Dengan demikian total tarif tol Jakarta Bandung untuk kendaraan golongan I sebagai berikut:

  • Jakarta-Bandung keluar area Padalarang : Rp 73.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Baros : Rp 75.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Pasteur : Rp 76.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Pasir Koja : Rp 77.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Kopo : Rp 77.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Moh Toha : Rp 78.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Buah Batu : Rp 79.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Cileunyi : Rp 83.000

Kalau menurut kamu tarif tol Jakarta Bandung masih kemahalan, bisa pilih-piilh jalan tol. Misal, dari Jakarta tidak perlu masuk Tol Dalam Kota. Kemudian tidak perlu masuk Tol Layang MBZ. Maka dengan demikian, biaya tol yang kamu keluarkan bisa berkurang sekitar Rp 30 ribuan. Lumayan kan?

Tarif Tol Jakarta-Bandung 2022 untuk Golongan II dan III

tarif tol Jakarta Bandung 2023

Golongan 2 seterusnya tentu lebih mahal biaya Tolnya

Berbeda dengan truk bersumbu atau gandar dua dan tiga termasuk kedalam kendaraan golongan II dan III. Kendaraan tersebut memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan golongan I, maka dari itu kendaraan golongan II dan III memiliki tarif yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan golongan I.

Baca juga  Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Dikebut, Untuk Jalan Alternatif

Dibawah ini merupakan tarif Tol Jakarta Bandung untuk kendaraan golongan II dan III:

  • Jakarta-Bandung keluar area Padalarang : Rp101.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Baros : Rp104.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Pasteur : Rp110.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Pasir Koja : Rp110.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Kopo : Rp110.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Moh Toha : Rp110.000
  • Jakarta-Bandung keluar area Buah Batu : Rp112.500
  • Jakarta-Bandung keluar area Cileunyi : Rp119.000

Biaya tarif tol yang harus kamu keluarkan saat melewati tol Jakarta-Cikampek dengan menggunakan kendaraan golongan II dan III yaitu sebanyak Rp 30.000. Kemudian masuk Tol Cipularang kena biaya Rp 71.500 sampai Padalarang. Jadi total biaya yang dikeluarkan Rp 101.500. Ditambah lagi kalau kamu mau ke Bandung, harus masuk Tol Padelunyi yang tarif yang berbeda-beda di tiap pintu Tol

Pada tol Padaleunyi, tarif yang harus dikeluarkan memiliki kisaran antara Rp 4.500 sampai dengan Rp17.500 untuk kendaraan Golongan II dan III awal tahun 2023. Mohon perhatian, biaya yang disampaikan ini adalah yang terbaru per Januari 2023 berdasarkan sumber Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikelola oleh Badan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di mana harga yang tertera bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomoif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika