Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Tarif Tol Terbaru dari Bogor ke Bandara Soekarno Hatta via JORR dan Tol Baru

by Tigor Sihombing
Tarif Tol Terbaru dari Bogor ke Bandara Soekarno Hatta

Kali ini Moladin akan membahas Tarif Tol Terbaru dari Bogor ke Bandara. Tol Jagorawi kini telah tersambung langsung ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melalui beberapa rute tol yang terhubung. Ini termasuk Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B yang telah terhubung dengan Tol Serpong-Cinere Seksi 2.

Bagi warga Ciawi, Bogor, Sentul, Cibinong, Cimanggis, Cibubur, Ciracas, hingga Taman Mini, perjalanan menuju Bandara Soetta kini menjadi lebih mudah dengan masuk ke Tol Jagorawi terlebih dahulu.

Rincian Tarif Tol Bogor Soekarno Hatta

image702
Kendaraan Golongan I yang masuk Tol Jagorawi dikenakan tarif Rp 7.500.

Dilansir dari laman resmi BPTJ, berikut adalah rincian tarif tol untuk kendaraan Golongan I dari Bogor ke Bandara Soetta:

  1. Tol Jagorawi: Tarif Rp 7.500
  2. Tol Cijago: Tarif Rp 15.000 (naik dari sebelumnya Rp 9.000)
  3. Tol Serpong-Cinere: Tarif Rp 11.000
  4. Tol Kunciran-Serpong: Tarif Rp 21.000
  5. Tol Sedyatmo (Cengkareng): Tarif Rp 8.500

Total tarif tol yang harus disiapkan pengendara adalah Rp 63.000 untuk perjalanan dari Bogor ke Bandara Soetta via Tol Jagorawi, Tol Cijago, Tol Serpong-Cinere, Tol Kunciran-Serpong, dan Tol Sedyatmo.

Lebih Cepat Lewat Tol Serpong-Cinere

image703
Dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit dari Cimanggis, jalan tol ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat Bogor dan Depok untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta tanpa harus melewati Jalan Tol JORR 1 dan Tol Dalam Kota

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km telah resmi beroperasi, melengkapi seksi 1 sepanjang 6,56 km yang sudah beroperasi sejak April 2021. Dengan total panjang 10,13 km, jalan tol ini menawarkan waktu tempuh sekitar 20-30 menit dari Cimanggis, menjadikannya alternatif bagi warga Bogor dan Depok menuju Bandara Soekarno-Hatta tanpa perlu melewati Jalan Tol JORR 1 dan Tol Dalam Kota.

Baca juga  Siap-Siap, Tarif Tol di Jakarta Bakal Segera Naik

Menurut Direktur Operasi II Waskita Karya, Dhetik Ariyanto, tol ini terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B. Koneksi ini membuat perjalanan ke Bandara Soetta lebih efisien, terutama bagi pengguna jalan dari wilayah Jabotabek yang ingin menghindari kepadatan di Tol Sedyatmo.

“Dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit dari Cimanggis, jalan tol ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat Bogor dan Depok untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta tanpa harus melewati Jalan Tol JORR 1 dan Tol Dalam Kota,” kata Dhetik Ariyanto dalam keterangan resmi pada Selasa (9/1/2024).

Ruas Seksi 2 ini merupakan lanjutan dari Seksi 1 Tol Serpong-Cinere. Seksi 1 sepanjang 6,56 km telah beroperasi sejak April 2021. Dengan tambahan 3,57 km yang tersambung, total panjang Jalan Tol Serpong-Cinere yang telah beroperasi menjadi 10,13 km.

“Jalan Tol Serpong-Cinere juga terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang sebelumnya sudah difungsionalkan sejak arus mudik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru),” tambah Dhetik.

Baca juga  Inilah Besaran Tarif Tol Trans Jawa, Update 2020

Jalan Tol Cinere-Jagorawi, yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat, menjadi alternatif untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten. Pengguna jalan di sekitar Jabodetabek juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo, akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tanjung Priok maupun arah Cawang.

Selain rute Depok-Bandara Soekarno-Hatta, tol ini juga mempermudah warga Bogor yang ingin bepergian menuju Bandara Soekarno-Hatta. Pada 1 Januari lalu, dengan kondisi jalan yang lengang, perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bogor bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Junction Krukut-Cinere dan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere ini terhubung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya dan mendukung konektivitas Jabodetabek. Adapun Jalan Tol JORR 2 berperan penting dalam menyediakan alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

Update Tarif Tol Bandara Terbaru di Gerbang Sedyatmo

image705
dengan kondisi jalan yang lengang, perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bogor bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Adapun tarif tol terbaru 2024 di Gerbang Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo di Cengkareng, Tangerang, Banten, adalah sebagai berikut:

  1. Golongan I: Rp 8.500
  2. Golongan II: Rp 11.000
  3. Golongan III: Rp 11.000
  4. Golongan IV: Rp 12.000
  5. Golongan V: Rp 12.000

Golongan kendaraan yang berhak menggunakan tol ini meliputi mobil sedan, pick-up, jip, truk kecil, bus, dan truk besar dengan dua hingga lima gandar. Sayangnya, akses untuk kendaraan beroda dua tidak disediakan di ruas tol ini.

Baca juga  Tarif Tol Jakarta-Surabaya Terbaru 2023, Semahal Apa?

Dengan mengetahui tarif tol terbaru dan rute yang tersedia, pengendara dapat lebih mudah memperkirakan biaya perjalanan mereka dari Bogor ke Bandara Soetta. Infrastruktur tol yang semakin baik dan tersambung dengan baik tidak hanya memudahkan perjalanan tetapi juga membantu mengurangi waktu tempuh dan kepadatan lalu lintas.

Perjalanan yang lebih efisien dan cepat ke Bandara Soetta kini bisa dinikmati oleh lebih banyak pengguna jalan, berkat tersambungnya berbagai ruas tol di JORR 2.

Perencanaan perjalanan yang baik, termasuk memperkirakan tarif tol dan memilih rute terbaik, akan sangat membantu pengendara dalam memastikan perjalanan yang lancar dan bebas stres. Dengan perkembangan infrastruktur tol yang terus berlanjut, diharapkan perjalanan menuju berbagai destinasi di Jabodetabek akan semakin nyaman dan efisien.

Demikian ulasan terkait Tarif Tol Terbaru dari Bogor ke Bandara Soekarno Hatta. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika