Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Tempat Wisata di Bali Kekinian dan Rute Mobilnya!

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Bali

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa tempat wisata di Bali hits dan kekinian, yang tentunya menarik untuk dikunjungi. Selain itu, tempat wisata tersebut juga tentunya mudah untuk dijangkau dengan mobil.

Siapa yang tak kenal bali, sebuah pulau yang lokasinya berada di sebelah Timur Indonesia yang banyak memiliki kekayaan budaya dan tempat pariwisata. Bali tidak hanya dikenal oleh warga domestik, namun juga warga negara asing.

Pulau Bali mempunyai luas 5,780 kilometer persegi dan terbagi 9 wilayah. Yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan dan Kota Denpasar.

Ada beberapa alasan mengapa Bali menjadi tempat favorit untuk berlibur. Di antaranya adalah:

  • Tersedia banyak pilihan akomodasi, dari harga murah sampai resort mewah.
  • Tempat makan juga sangat mudah di temukan di pulau Bali. Selain itu, tersedia kuliner dari beranekaragam negara dan kuliner dari banyak wilayah di Indonesia.
  • Transportasi liburan di pulau Bali menggunakan kendaraan pribadi, jadi wisatawan tidak perlu banyak berjalan kaki.
  • Area pulau Bali sangat aman, membuat wisatawan yang liburan bersama anak-anak merasa nyaman.
  • Harga dan biaya wisata di pulau Bali lebih murah.
  • Menawarkan banyak pilihan tempat wisata, keunikan seni & budaya, serta aktivitas liburan yang dapat mengakomodir selera wisatawan yang berbeda.

Penasaran apa saja tempat wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi? Berikut informasinya.

1. Desa Penglipuran

Tempat wisata di Bali

Desa Penglipuran. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Bali pertama yang menarik untuk dikunjungi adalah Desa Penglipuran yang lokasinya berada di Jalan Penglipuran, Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Kemudian untuk jam operasional untuk wisatawan mulai dari 8.15 pagi hingga pukul 6 sore.

Baca juga  5 Tempat Wisata Hits di Tangerang, Mudah Dijangkau Mobil

Kamu mungkin akan bertanya, apa keunikan desa Penglipuran jika di bandingkan dengan desa lainnya di pulau Bali? Daya tarik utama yang pengunjung lihat saat memasuki desa Pengelipuran adalah desain rumah penduduk terlihat sama dengan desain Bali asli. Seperti gerbang masuk rumah, desain atap, serta tata letak rumah.

Selain itu, pada area luar dan di dalam area rumah di tanami banyak pohon bunga dengan tatanan rapi. Daya tarik utama yang saya lihat paling menonjol dari desa Pengelipuran adalah kebersihan area desa.

Untuk menuju Desa Penglipuran, kamu bisa naik mobil dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, kemudian menuju ke utara sejauh 55 Km atau sekitar 1 jam 30 menit. 

2. Pantai Jimbaran

Tempat wisata di Bali

Pantai Jimbaran. Foto: Istimewa

Tempat wisata bali selanjutnya adalah pantai Jimbaran. Yup, Pulau Bali memang terkenal dengan  keindahan pantainya. Daya tarik utama yang membuat wisatawan tertarik liburan ke pantai Jimbaran karena keindahan pasir putihnya, dengan bentangan garis pantai yang sangat panjang.

Karena posisi pantai menghadap ke sisi barat, maka di sore hari pantai Jimbaran menjadi salah satu spot terbaik melihat pemandangan sunset di pulau Bali. Selain itu, di bibir pantai Jimbaran juga terdapat banyak cafe seafood bakar dengan view pemandangan pantai.

Di malam hari, suasana makan malam dengan cahaya lilin dan lokasi di tepi pantai sambil melihat sunset menjadi daya tarik lain pantai Jimbaran sebagai tempat wisata selain pasir putihnya. Tertarik untuk ke sini?

Baca juga  6 Tempat Wisata Kekinian di Semarang, Asik Dijangkau Mobil!

Pantai Jimbaran berada di daerah Kuta Selatan. Perjalanan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke lokasi wisata ini cuma sekitar 10 Km atau 20 menit naik mobil. 

3. Pantai Pandawa

Tempat wisata di Bali

Pantai Pandawa. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Bali dengan naunsa keindahan pantai adalah pantai Pandawa. Tempat ini juga tak kalah menarik dari pantai Jimbaran, yaitu memiliki pasir putih dan garis pantai yang panjang.

Hal lain yang menjadi daya tariknya adalah ombak yang relatif tenang, sehingga aman untuk bermain anak-anak. Selain itu, di area pantai juga terdapat penyewaan kano dan warung yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Pantai ini di beri nama Pandawa karena pada tebing karang menuju akses masuk ke area pantai terdapat patung dari panca Pandawa. Total ada enam patung, seperti patung Arjuna, Yudistira, Nakula, Sadewa, Dewi Kunti, dan patung Bima.

Lokasi Pantai Pandawa ada di Bali paling Selatan. Naik mobil dari Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar 20 Km atau 35 menit.

4. Sawah Terasering Tegallalang

Tempat wisata di Bali

Sawah terasering Tegallalang. Foto: Istimewa

Selain wisata pantai, pulau Bali juga punya wisata dengan pemandangan alam yaitu sawah terasering Tegallalang yang lokasinya di daerah Ubud. Sawah Instagrammable ini merupakan undakan sawah yang disusun mengikuti sistem irigasi tradisional Bali yang disebut “subak.”

Bukan hanya bentangan sawah terasering yang memikat mata, tetapi ada pula pemandangan dari Desa Pejeng dan Bukit Campuhan yang ikut berpadu menciptakan lanskap bertingkat yang mempesona. UNESCO bahkan telah menetapkan keindahan sistem irigasi bertingkat “subak” di Sawah Terasering Tegallalang ini sebagai UNESCO World Heritage List.

Baca juga  6 Tempat Wisata Hits di Bekasi, Mudah Dijangkau Mobil!

Buat menuju ke sawah terasering Tegallalang, kamu harus naik mobil ke arah utara Bali. Perjalanan sekitar 45 Km atau 1 jam 50 menit.

5. Pura Ulun Danu Bratan

Tempat wisata di Bali

Pura Ulun Danu Bratan. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Bali berikutnya adalah Pura Ulun Danu Bratan yang lokasinya berada di tepi danau Bratan di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan Bali. Adapun kalau naik mobil, jaraknya sekitar 56 km dari kota Denpasar atau sekitar 2 jam 5 menit berkendara.

Pura Ulun Danu terletak di tepi barat Danau Bratan di Bedugul. Terletak di ketinggian 1.239 meter di atas permukaan laut adalah salah satu pura terindah dan paling banyak difoto di Bali. Dan juga Ulun Danu berada di dalam gunung berapi yang sekarang sudah punah namanya Gunung Chatur. Ini adalah salah satu sumber irigasi utama di dataran tinggi Bali.

Dalam kompleks Pura Ulun Danu Bedugul terdapat lima pura dan satu buah stupa. Kelima pura tersebut memiliki nama Penataran Agung, Dalem Purwa, Lingga Petak, Taman Beji dan Prajapati.

Kelima pura ini meskipun berada di satu kompleks, ternyata memiliki fungsi masing-masing yang berkaitan dengan tradisi keagamaan masyarakat Hindu di Bali.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Bali. Selain kelima tempat wisata tersebut, tentunya masih  banyak tempat wisata menarik di pulau Bali yang bisa dikunjungi. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif dan tempat wisata menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika