Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Road Trip ke 5 Tempat Wisata di Banyuwangi, Asik Naik Campervan

by Tigor Sihombing

Kali ini Moladin akan menyampaikan tempat wisata di Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur, yang berbatasan langsung dengan Selat Bali di sebelah timur, Kabupaten Situbondo di sebelah barat, dan Kabupaten Jember di sebelah utara.

Banyuwangi berhadapan langusung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan. Maka tidak heran jika Banyuwangi terkenal dengan keindahan pantainya, pulau-pulau yang memikat termasuk pegunungan yang tidak kalah eksotis.

Jika kamu menggunakan mobil pribadi, jarak antara Jakarta dan Banyuwangi berkisar 1.055 km, dengan estimasi perjalanan yang bisa memakan waktu 16-18 jam tergantung pada kecepatan dan kondisi lalu lintas. Rute perjalanan umumnya melalui jalan tol dan jalan nasional di Jawa.

Salah satu tempat wisata populer di Banyuwangi adalah Kawah Ijen, yang terkenal dengan fenomena blue fire-nya yang langka. Kawah Ijen juga memiliki danau belerang yang menarik dan memikat wisatawan.

Banyuwangi juga memiliki berbagai pantai yang indah yang bisa jadi spot favorit untuk melakukan camping dengan mobil campervan. Misalnya ada Pantai Plengkung (G-Land) yang terkenal di kalangan peselancar, dan Pantai Sukamade yang menjadi tempat peneluran penyu hijau.

Atau bisa menikmati pemandangan yang tidak kalah bagusnya di Pantai Pulau Merah. Secara keseluruhan, Banyuwangi adalah sebuah destinasi wisata yang menarik di Indonesia dengan keindahan alam, budaya, dan tradisinya yang kaya.

Hanya saja memang, paling enak ke sini naik mobil atau bawa campervan untuk berpindah dari satu lokasi wisata ke yang lain. Hal tersebut lantaran Banyuwangi sangat luas dan tidak semua area dikover dengan angkutan umum.

Bagi yang penasaran dengan tempat wisata di Banyuwangi, berikut ulasan lengkapnya:

1. Kawah Ijen

tempat wisata di Banyuwangi - Kawah Ijen

Blue Fire di Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen adalah salah satu tujuan tempat wisata di Banyuwangi. Kawah ini terkenal dengan fenomena blue fire-nya yang langka, karena kamu hanya bisa menemukan fenomena ini di dua tempat dunia, yakni di Askja-Islandia dan di Banyuwangi itu sendiri.

Jalur menuju kawasan Kawah Ijen bisa ditempuh menggunakan mobil melalui melalui Kecamatan Licin. Dari pusat kota Banyuwangi ke Ijen, butuh perjalanan naik mobil sejauh 44 Km atau 1 jam 30 menit. Pengendara tidak akan menemui kesulitan, karena jalan menuju ke arah sana sebagian besar sudah diaspal halus. Selain itu kanan-kiri jalan juga ramai oleh rumah-rumah penduduk. Penerangan pun memadai.

Baca juga  7 Tempat Wisata di Garut yang Hits, Ramah Mobil!

Sampai di Kecamatan Licin memasuki kawasan Ijen, ada pos retribusi masuk desa wisata. Di sini, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang. Kemudian ketika sampai pos paltuding tempat para wisatawan berkemah, kamu harus menanjak ke Gunung Ijeng untuk melihat kawah dan bluefire. Perjalanannya cuma sekitar 3,8 Km, hanya saja ketika ditempuh dengan berjalanan kaki bisa 3-4 jam.

2. Pantai Pulau Merah

tempat wisata di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Rute menuju Pantai Pulau Merah Pantai Pulau Merah berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya dari Kota Banyuwangi sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira dua jam dengan menggunakan mobil.

Sedangkan harga tiket masuk Pantai Pulau Merah terbilang murah, yakni mulai Rp 10.000 per orang. Sedangkan kendaraan parkir hanya yaitu Rp 2.000 untuk motor Rp 5.000 untuk mobil roda 4, dan Rp 10.000 untuk roda enam.

Pantai Pulau Merah adalah pantai yang memukau dengan pasir berwarna merah yang jadi ciri khasnya. Air laut yang jernih, ombak yang tenang, dan pemandangan alam yang spektakuler, menjadikan pantai ini tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Di pulau merah kamu juga bisa lakukan camping disekitar pantai dengan campervan. Di sana juga tersedia beberapa homestay yang menarik untuk dicoba.

3. Pantai Plengkung (G-Land) 

tempat wisata di banyuwangi - pantai plengkung g-land

Banyak wisatawan surfing di Pantai Plengkung, karena ombaknya menyenangkan

Pantai Plengkung terkenal di kalangan peselancar sebagai salah satu spot selancar terbaik di dunia. Ombak yang tinggi dan kuat di pantai ini menarik peselancar dari berbagai belahan dunia.

Tidak hanya itu, pantai Plengkung juga banyak spot menarik untuk kamu yang suka mancing dan bersepeda. Untuk menuju Pantai Plengkung kamu marus memasuki Taman Nasional Alas Purwo, di mana cukup terpencil dan akses jalan kesana masih semi off road. 

Malalui rute darat kamu bisa memulainya naik mobil dari pusat Kota Banyuwangi yang berjarak 86 km ke arah Pantai Plengkung atau perjalanan sekitar 2-3 jam. Sepanjang berkendara, kamu juga akan melewati berbagai pantai lain seperti Pantai Pancur dan Pantai Ireng.

Baca juga  5 Tempat Wisata di Lampung dan Biaya Road Trip Naik Mobil!

Tiket masuk kendaraan di Pantai Plengkung sekitar Rp 10 ribuan. Tertarik mencoba datang ke tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini?

4. Pantai Sukamade

tempat wisata di banyuwangi - pantai sukamade

Lihat penyu di Pantai Sukamade, Banywangi

Pantai Sukamade terkenal sebagai tempat peneluran penyu hijau. Kamu dapat menyaksikan penyu bertelur di malam hari atau melihat anak penyu yang baru menetas di pagi hari. Ini adalah pengalaman yang sangat berkesan dan edukatif.

Untuk mendapatkan pengalaman melihat penyu di Pantai Sukamade, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 pada Senin-Kamis atau Rp 7.500 pada akhir pekan. Kemudian khusus melihat penyu bertelur di malam hari, bisa pakai guide dengan tarif Rp 30 ribu.

Road trip ke tempat wisata di Banyuwangi tentu wajib ke Pantai Sukamade, hanya saja naik mobil ke sini jalannya cukup menantang. Kamu perlu menuju ke arah barat daya sejauh 82 Km ke Pantai Rajegwesi terlebih dulu. Kemudian dilanjut dengan perjalanan yang lebih ekstrem sejauh 10 Km, bahkan menyeberangi sungai. Bisa dikatakan, total perjalanan mencapai 5 jam. Maka dari itu ada baiknya naik mobil SUV dengan ground clearance tinggi.

5. Taman Nasional Baluran

tempat wisata di Banyuwangi - taman nasional baluran

Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Naik mobil dari pusat kota Banyuwangi ke Baluran sekitar 60 kilometer atau memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Percayalah, Taman Nasional Baluran adalah tujuan wisata alam yang menakjubkan. Dengan savana yang luas, hewan liar seperti kerbau, rusa, dan beragam spesies burung, serta lanskap yang indah, taman nasional ini menawarkan pengalaman safari yang unik.

Di Baluran, kamu juga bisa menemui pantai Bama yang eksotik. Kamu bisa parkir mobil di sana, sambil meminum kelapa muda dan menikmati keindahan alam.

Biaya Road Trip ke Baluran

road trip jakarta banyuwangi

Total biaya road trip Jakarta ke Banyuwangi pulang pergi mencapai Rp 5-6 jutaan

Untuk road trip ke 5 tempat wisata di Banyuwangi, tentunya perlu biaya yang tidak sedikit. Sebagai gambaran, perjalanan dari Jakarta ke Baluran menempuh total 1.055 Km. Artinya untuk ongkos bensin mobil yang menggunakan pertalite dengan konsumsi BBM rata-rata 1:10 Km/liter, butuh 105,5 liter Pertalite. Bila dijumlahkan ke nominal uang, biayanya sekitar Rp 1,05 jutaan. 

Baca juga  5 Tips Modifikasi Mobil Jadi Campervan, yang Penting Nyaman

Ditambah lagi dari Jakarta ke Banyuwangi pastilah lewat tol supaya perjalanan bisa lebih cepat sampai. Biaya tol Jakarta-Banyuwangi adalah Rp 811.500. Itu pun perlu keluar tol di Probolinggo Timur, kemudian dilanjutkan berkendara dengan jalan nontol sampai ke Banyuwangi.

Alhasil total biaya perjalanan dari Jakarta ke Banyuwangi via tol adalah Rp 1,86 jutaan. Kalau pulang pergi berarti Rp 3,72 jutaan.

Belum lagi biaya menginap di hotel atau homestay Banyuwangi, hitungan kasarnya sekitar Rp 500 ribu per malam. Kecuali kalau kamu naik campervan, maka cukup menginap di mobil. Tapi ada juga biaya tambahan lain, seperti ongkos makan, tiket masuk wisata, dan oleh-oleh. Tentunya biaya bensin selama berkendara di Banyuwangi juga perlu diperhitungkan. Maka totalnya bisa tembus Rp 5-6 jutaan untuk road trip naik mobil ke tempat wisata di Banyuwangi.

#WujudkanMimpi Liburanmu dengan MOFI

moladin finance - MOFI - pinjaman instan

Moladin Finance

Nah kalau kamu mau berlibur tapi bujetnya kurang, bisa dapatkan tambahan uang dari gadai BPKB mobil di Moladin Finance (MOFI)

MOFI sendiri memiliki produk MoTunai yaitu pembiayaan BPKB kendaraan mobil perorangan dengan batas usia kendaraan 15 tahun saat tenor berakhir. Tenor pinjaman yang ditawarkan juga sangat fleksibel mulai dari 12 bulan sampai 48 bulan, jadi untuk cicilan perbulannya sangat meringankan.

Adapun minimum pinjaman untuk berlibur yang bisa kamu dapatkan dapatkan dari MOFI mulai dari Rp 20 juta. Menariknya, dana yang bisa diterima konsumen bisa sampai 95%, serta proses pencairan yang cepat, hanya dalam waktu 1 hari kerja. Jadi tunggu apa lagi, kalau memang kurang dana untuk berlibur, kamu bisa gadai BPKB mobil di MOFI dengan mengisi form di sini.

Demikian ulasan tempat wisata di Banyuwangi yang bisa dikunjungi dengan naik mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbar seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika