Friday, February 3, 2023
Banner

5 Tempat Wisata Hits di Surabaya yang Ramah Mobil

by Tigor Sihombing

Saat ini banyak tempat wisata hits di Surabaya terbaru yang dibuka. Semakin beragam, tidak melulu hanya mengandalkan museum sebagai khas wisata kota-kota besar. Buat kamu yang belum sempat liburan, mungkin ini waktu yang tepat mengunjungi Surabaya.

Dengan demografis sebagai Kota Metropolitan, Surabaya juga cocok dijadikan destinasi Wisata. Terlebih untuk kamu yang tinggal di luaran Surabaya dan ingin mencicipi wisata khas kota Pahlawan tersebut.

Terkait transportasi, sudah tentu tempat-tempat wisata di Surabaya mudah dijangkau dengan mobil pribadi. Hal ini lantaran kota Surabaya kontur jalannya tidak berbeda jauh dengan Jakarta.

Beberapa tempat berlibur kekinian di Surabaya yang bisa kamu kunjungi antara lain Kampung Bulak, Alun-Alun Bawah Tanah, Pulau Noko, Jalan Tunjungan, hingga Camping Ground Hotel Singgasana.

Penasaran seperti apa tempat-tempat wisata kekinian di Surabaya tersebut, berikut ulasan lengkapnya:

1. Kampung Bulak

tempat wisata di Surabaya - kampung bulak

Kampung Bulak awalnya hanyalah kampung biasa, namun pemerintah Surabaya akhirnya mengubah kampung ini menjadi kampung warna-warni di tahun 2016 lalu

Tempat wisata hits di Surabaya yang pertama ada Kampung Bulak. Perkampungan ikonik ini hadir dengan tata ruang dimana rumah warganya dicat warna-warni. Disana kamu bisa berburu spot-spot Instagramable di kampung ini sampai puas.

Lokasi yang sudah dikelola secara serius ini terletak di dekat Pantai Ria Kenjeran Surabaya. Untuk biaya tiket masuknya seharga Rp 2.000 saja. Parkir mobil tersedia di lokasi dan sudah dikelola secara serius.

Kampung Bulak awalnya hanyalah kampung biasa, namun pemerintah Surabaya akhirnya mengubah kampung ini menjadi kampung warna-warni di tahun 2016 lalu. Serta dijadikan sebagai tempat wisata kekinian. Selain di cat, beberapa tembok rumah warga juga dilukis dengan berbagai gambar menarik yang semakin memanjakan mata ketika melihatnya.

Kamu juga bisa melakukan sejumlah aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sana. Salah satu aktivitas menarik di Kampung Bulak ini adalah mengunjungi Sentra Ikan Bulak (SIB). Lokasinya tidak jauh dari pantai Cumpat. Kamu juga dapat menjumpai berbagai kuliner olahan hasil laut yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga  5 Tempat Wisata Hits di Tangerang, Mudah Dijangkau Mobil

2. Alun-alun Bawah Tanah Surabaya 

tempat wisata di Surabaya - alun alun bawah tanah

Meskipun di dalam basement, area permainan skateboard masih terang karena terdapat skylight dari kaca di atas ruangan yang memancarkan sinar matahari dari luar.

Berada di pusat kota, Alun-alun Bawah Tanah jadi tempat wisata kekinian di Surabaya yang layak dikunjungi. Terutama untuk kamu yang menyukai budaya seni pop dan konteporer.

Alun-alun Bawah Tanah berlokasi di ruang bawah tanah (basement) kompleks Alun-alun Surabaya. Tepatnya di Jalan Gubernur Suryo Nomor 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Ada beragam aktivitas di Alun-alun Surabaya baik di area bawah tanah, maupun di luar yang dapat dilakukan pengunjung. Misalnya ada pameran seni berupa lukisan serta foto dokumentasi dinas-dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Salah satu lukisan yang dipamerkan adalah lukisan Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno.

Pengunjung dapat berfoto bersama karya seni tersebut. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan seni dari grup band maupun seniman lokal. Kehadiran musisi lokal tersebut menambah semarak suasana di area alun-alun bawah tanah Surabaya. 

Untuk kamu yang hobi skateboard, di sana juga ada skatepark yang bisa digunakan, dan terbilang luas. Meskipun di dalam basement, area permainan skateboard masih terang karena terdapat skylight dari kaca di atas ruangan yang memancarkan sinar matahari dari luar. Yang tidak kalah seru lainnya tentu saja pusat oleh-oleh kerajinan seni. Serta banyaknya tempat wisata lainnya disekitar lokasi.

Misalnya ada Monumen Kapal Selam Surabaya Lokasinya berada sekitar dua kilometer (km) dari Alun-alun Surabaya. Selain itu, terdapat Museum Surabaya (Gedung Siola) yang berjarak hanya 1,9 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira empat menit.

Baca juga  6 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Ramah Mobil

Pilihan lainnya adalah Taman Bungkul yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 11 menit dengan jarak 4,3 kilometer. Taman di pusat Kota Surabaya ini memiliki fasilitas hiburan, mulai dari taman bermain anak, air mancur, area jogging, hingga area bermain skateboard. Wisawatan juga bisa berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya, Tugu Pahlawan, dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya.

Tempat Parkir Alternatif Alun-Alun Surabaya

Hanya saja kalu kamu bawa mobil ke alun-alun Surabaya, tempat parkir agak susah, karena memang ramai yang datang. Oleh karenanya, kamu bisa gunakan tempat parkir alternatif seperti yang sudah diberikan di bawah ini:

  • Parkir basement gedung balai pemuda – Di sini bisa parkir 215 motor dan 45 mobil
  • Pinggir Jalan Yos Sudarso – Total 35 mobil bisa parkir di sini
  • Pinggir Jalan Ketabang Kali – Bisa menampung 50 mobil
  • Jalan Taman Aspari – 50 mobil bisa tertampung di sini
  • Jalan Sedap Malam – Dapat parkir 120 mobil

3. Jalan Tunjungan

tempat wisata Surabaya

Pertunjukan seni yang tidak pernah padam di jalan Tunjungan Surabaya.

Jalan Tunjungan resmi ditetapkan sebagai tempat wisata di Surabaya sejak tahun 2021. Di sana masyarakat akan disuguhi banyak pertunjukan seni, kuliner dan keindahal lampu warna-warni yang menerangi lokasi tersebut.

Jalan Tunjungan merupakan salah satu heritage gedung Surabaya yang saat ini lokasinya sudah dikelola sangat serius. Setelah Tunjungan Romansa resmi dihidupkan, Pemkot Surabaya juga menerapkan aturan parkir. Para pengunjung yang datang diminta tidak memarkir kendaraannya di Jalan Tunjungan. Hal itu berlaku sejak pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Sebagai gantinya, pemkot menyediakan 9 lokasi atau kantong parkir di sekitar kawasan wisata Jalan Tunjungan. Di antaranya yakni di Gedung Siola, TEC, Hotel Double Tree, Jalan Genteng Besar, Jalan Tanjung Anom, Hotel Majapahit, Pasar Tunjungan, Jalan Kenari, dan Hotel Swiss Bell Inn.

Baca juga  8 Tempat Wisata Kekinian di Bogor yang Nyaman Dijangkau Mobil

4. Camping Ground Hotel Singgasana

tempat wisata Surabaya - Camping Ground Hotel Singgasana

Camping di Surabaya

Jika kamu ingin paket camping keluarga silahkan kunjungi Camping Ground Hotel Singgasana. Hotel ini memiliki taman tropis yang subur seluas 15 hektar ini sangat cocok untuk kegiatan keluarga.

Dikelilingi 15 hektar taman bernuansa tropis nan rimbun, Singgasana Adventure terdiri dari dua fasilitas unggulan di Singgasana Hotel Surabaya: Camping Ground dan Outbound Area.

Dirancang khusus untuk acara keluarga hingga gathering perusahaan, para tamu dapat menikmati beragam aktivitas luar ruangan di Outbound Area yang dapat membantu meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan kerjasama tim.

Mulai dari harga Rp 350 per orang kamu sudah bisa menikmati sensasi camping di tengah kota Surabaya. Hotel Singgasana, berlokasi di Jl Golf 1 Surabaya, Gn. Sahari, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya, Jawa Timur.

5. Pulau Noko

tempat wisata Surabaya - Pulau Noko

Pulau Noko dekat dengan Surabaya

Berikutnya tempat wisata di Surabaya adalah Pulau Noko. Meski masuk dalam kabupaten Gresik, tetapi lokasi Pulau ini tidak begitu jauh dari Pusat kota Surabaya.

Untuk menuju salah satu pulau tersembunyi ini, kamu perlu menuju Pelabuhan Gresik dahulu. Di sana ada fasilitas parkir mobil yang aman. Kemudian, dari Pelabuhan Gresik biasanya pengunjung akan naik kapal ke Pulau Bawean kemudian ke Pulau Noko. Pulau Noko berada di sebelah Pulau Nawean.

Pulau Noko ini berupa pulau kecil dengan pantainya yang terkenal indah. Pasirnya putih dengan air laut jernih dan terumbu karang cantik. Karena tempatnya yang asyik, Pulau Noko juga biasa dijadikan tempat camping.

Sementara, untuk biaya masuk ke Pulau Noko tidak ada biaya. Akan tetapi, kamu perlu membayar sekitar Rp 250.000 sampai Rp 350.000 untuk sewa perahu. Jadi, kalau camping ramai-ramai, kamu bisa patungan biaya perahu dengan teman-teman.

Demikian ulasan tempat wisata hits dan kekinian di Surabaya. Bila sudah mendatangi semua tempat liburan di sini, mungkin bisa berpindah ke Malang yang hiburannya tidak kalah istimewa. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otmotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika