Terhindar dari Basah Saat Hujan? Wajib Bawa Perlengkapan ini

Moladin – Berkendara saat hujan memang sangat tidak nyaman. Belum lagi, bisa-bisa malah tidak enak badan. Mau bagaimana lagi, mobilitas diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. Agar terhindar dari basah ketika mengendarai motor, wajib bawa perlengkapan berikut ini.

1. Jas Hujan

Simpan jas hujan selalu di bagasi motor

Perlengkapan satu ini menempati posisi pertama lantaran memiliki fungsi signifikan untuk membuat tubuh tetap kering. Untuk jas hujan terbaik saat perjalanan terlebih menempuh jarak jauh, pilihlah model setelan agar tidak mengganggu pengendara lain. Selain itu, usahakan berwarna cerah dan berbahan PVC, karena dapat meningkatkan visibilitas di bawah guyuran air.

2. Jaket Anti Air

Gunakan jaket yang anti air

Suhu udara ketika hujan menjadi lebih dingin. Ditambah embusan angin saat berkendara dengan motor, tubuh akan kedinginan dan rentan menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, gunakanlah jaket anti air agar terasa lebih hangat.

3. Pelindung Sepatu

Kaki basah membuat perjalanan terasa kurang nyaman. Bukan hanya dingin, terkadang merasa gatal lantaran cipratan air kotor di genangan. Sebagai antisipasi, sediakanlah pelindung sepatu agar tetap kering dan terpenting tidak membuat Anda harus membersihkan ketika sampai tujuan.

4. Sepatu Boots

Sepatu boots adalah pelindung kaki utama dari air. Terbuat dari bahan karet tahan lama dan mudah dibersihkan, perlengkapan ini sangat cocok digunakan ketika Anda menempuh perjalanan jauh.

5. Helm

Pilihlah helm  dengan fitur anti-fog untuk singkirkan embun di bagian kaca

Meski tidak sedang hujan, helm wajib digunakan saat berkendara. Namun, ketika menembus guyuran air di jalan, pilihlah pelindung kepala ini dengan fitur anti-fog untuk menyingkirkan embun di bagian kaca. Aksesori tersebut biasa dijual terpisah dengan ragam model. Selain itu, pasanglah pinlock agar visor semakin jernih.

6. Sarung Tangan

Bisa dibilang, menggunakan sarung tangan saat berkendara di bawah hujan dapat meningkatkan keselamatan Anda. Hal ini disebabkan handle grip menjadi licin lantaran terkena air, sehingga mengurangi kemampuan mengendalikan gas motor. Berbahaya sekali bukan ketika kondisi tidak kondusif?

 

Perlengkapan Berkendara Tambahan Saat Hujan

Berkendara saat hujan bukan hanya memperhatikan tentang keselamatan melainkan kesenangan dalam perjalanan. Sebelum berangkat, pastikan Anda membawa perlengkapan tambahan sebagai berikut:

1. Pakaian Ganti

Meski Anda sudah memakai jas hujan dan jaket anti air, berjaga-jagalah membawa pakaian ganti agar tidak terlalu lama memakai pakaian basah. Dengan begitu, Anda tetap bisa berkendara dengan keadaan baik.

2. Obat-obatan

Musim hujan membuat daya tahan tubuh menurun. Apalagi, jika Anda berkendara saat hujan, risiko semakin meningkat. Untuk mengantisipasi hal tidak menyenangkan ini, jangan lupa memasukkan obat-obatan sebagai teman perjalanan.

3. Tool Kit

toolkit-wajib-dipakai-sesuai-keperluanTool kit jadi solusi untuk atasi permasalahan ringan saat hujan

Kendaraan bermotor rentan mengalami kerusakan saat diajak melaju di musim hujan. Bahkan, terjadi gangguan secara tiba-tiba padahal semula terlihat prima. Oleh karena itu, bekali perjalanan Anda dengan tool kit untuk menangani permasalahan ringan semisal mengencangkan baut sebelum menemukan bengkel terdekat.

4. Peta Fisik

Sekarang ini bisa menggunakan GPS

Di zaman modern seperti sekarang, untuk mengetahui rute perjalanan Anda dapat menggunakan GPS di gawai. Namun, sinyal kemungkinan tidak baik ketika hujan lebih-lebih jika disertai petir. Oleh karena itu, bawalah peta fisik sebagai ganti. Pastikan pula Anda melihat penunjuk arah ini sembari menepikan kendaraan.

5. Power Bank

Kebutuhan komunikasi sangat penting bagi semua orang terlebih sedang berada dalam urusan mendesak seperti pekerjaan. Agar gawai tetap menyala, sehingga tidak ketinggalan informasi, bawalah serta power bank di tas Anda.

6. Lap dan Handuk

Ketika hujan semakin deras, lebih baik Anda menepikan kendaraan terlebih dahulu untuk menjaga keselamatan Anda. Sembari Anda beristirahat, keringkan badan menggunakan handuk. Sebelum melanjutkan perjalanan, jangan lupa juga mengelap jok.

7. Aksesori Rambut

Bagi pengendara wanita, rambut basah terasa kurang nyaman apalagi saat mengenakan helm. Selain itu, penampilan menjadi tidak rapi. Mudah saja, jangan lupa sediakan aksesori rambut seperti bandana, jepit, dan ikat rambut.

8. Sabun Anti Bakteri

Mungkin perlengkapan tambahan ini terdengar berlebihan. Namun, akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan Anda. Air hujan bercampur dengan genangan adalah pembawa sumber penyakit. Ketika Anda menepi untuk istirahat, cucilah kaki dan tangan dengan sabun anti bakteri.

9. Uang Tunai

Membawa uang tunai saat bepergian memang berisiko mengalami tindak pencurian. Namun, saat musim hujan dan kesulitan menemukan ATM terdekat, alat jual beli ini akan sangat berguna. Untuk menghilangkan kekhawatiran Anda, letakkan di tempat terpisah dari dompet.

Berkendara saat hujan memang tidak nyaman dan lebih berisiko. Namun, kebutuhan mobilitas sehari-hari tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, persiapkan perlengkapan anti air mulai dari jas hujan sampai sarung tangan. Bawaan tambahan pun perlu Anda perhatikan agar perjalanan lebih menyenangkan.

Ingin membeli berbagai apparel berkendara dengan kualitas dan model terbaik? Mudah saja, ambil gawai Anda, lalu bukalah situs Moladin.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *