oleh

Tes Performa HR-V Turbo RS di Sirkuit Mandalika, Gas Pol!

Kesempatan untuk tes performa HR-V Turbo RS di Mandalika datang juga. Di sini saya diperbolehkan gas pol SUV besutan Honda tersebut.
 
Walau merupakan kali pertama saya berkendara di Sirkuit Mandalika, tapi ternyata tidak sulit untuk bisa menikmati. Maklum, Honda memberikan saya instruktur hebat yaitu pembalap, Alvin Bahar.
 
Kemudian yang tidak kalah membantu, saya berkendara dengan Honda HR-V terbaru. Mobil ini sudah banyak berubah dibanding model lama.
 
Dari sisi konstruksi, kini dimensinya lebih lebar dan atapnya lebih rendah. Lalu yang tidak kalah istimewa, pakai mesin turbo 1.500 cc. Padanannya transmisi otomatis CVT, sehingga tidak perlu repot-repot ganti gigi. Cukup injak gas dan rem. Pemula sekali pun, pasti bisa menikmati Sirkuit Mandalika dengan HR-V generasi ketiga. 
 
Jadi saat berkendara, saya cukup masukkan posisi transmisi ke D (drive). Kemudian pakai mode sport. Alhasil ketika pedal gas diinjak habis, responsnya lebih mantap. Kalau mau merasakan sensasi perpindahan gigi manual ala mobil balap, bisa gunakan paddle shift.
 

HR-V Mudah Libas Sirkuit Mandalika

tes performa hr-v turbo rs di sirkuit mandalika 002
Harusnya Honda bisa memberi HR-V Turbo tenaga yang lebih buas, karena basis mesinnya sama dengan CR-V Turbo
 
Tes performa HR-V Turbo RS ini berlangsung di Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 Km. Hasilnya total 17 tikungan yang ada, mudah saja dilibasnya.
 
Dari awal berkendara, sesungguhnya lintasan sudah sangat menantang. Pasalnya ada tikungan tajam setelah lintasan lurus, jadi saya harus mengerem cukup dalam.
 
Untung sistem pengereman HR-V Turbo RS sudah dilengkapi dengan ABS. Efeknya jadi sangat mumpuni melakoninya. Tidak perlu takut rem terkunci, walau diinjak sejadi-jadinya.
 
Saat melewati tikungan 2 dan 3 yang berbentuk seperti huruf S, tes performa HR-V Turbo RS membuktikan bahwa mobil masih sangat stabil ketika dipakai meliak-liuk. Rasanya ban sangat lengket dengan aspal. 
 
Kemudian, saya banyak menemukan tikungan cepat di Sirkuit Mandalika. Ini juga bukan kendala buat HR-V, gejala limbungnya minim jadi terasa stabil.
 
Sampai ke tikungan 10, ada speed trap. Di sini harus melakukan late braking, karena lintasan berbentuk mirip U-Turn. Terakhir yang juga bikin deg-degan adalah tikungan 16 dan 17 Sirkuit Mandalika sangat sempit. Jadi benar-benar membutuhkan konsentrasi untuk bisa melaluinya.

Kekurangan Honda HR-V Turbo RS

tes performa hr-v turbo rs di sirkuit mandalika 004 - interior
Pengaturan jok HR-V terbaru masih manual alias belum elektrik
 
Sesungguhnya tes performa HR-V Turbo RS di Sikruit Mandalika sangatlah menyenangkan. Hanya saja bukan berarti tidak bisa dibuat lebih istimewa.
 
Apalagi menurut saya, HR-V terbaru punya potensi untuk itu. Namun memang, Honda melakukan beberapa pembatasan di mobilnya. Sebut saja dari sisi tenaga mesin cuma sanggup mengeluarkan 177 PS. Padahal ini mesin yang sama seperti milik CR-V dan Accord, di mana tenagabaslinya bisa tembus 190 PS.
 
Tes performa HR-V Turbo RS di Sirkuit Mandalika membuktikan, dengan 177 PS memang sudah cukup responsif. Walau demikian belum terasa beringas. Bayangkan kalau bisa dapat 180 PS saja, pasti akselerasi HR-V akan semakin mengagetkan.
 
Mode sport yang ada, juga tidak terlalu mengubah banyak pengaturan. Onsert Ophirio selaku Dealer Skill Development Assistsnt Manager PT Honda Prospect Motor mengatakan cuma putaran mesin yang diatur supaya terjaga di posisi optimal.
 
Buat kamu yang belum tahu, HR-V punya tiga mode berkendara: sport, normal, dan econ. Lantaran ini test drive di sirkuit, maka sport adalah pilihannya. Sementara kalau di jalan raya, bisa pilih normal atau econ.
 
“Mode econ untuk lebih menghemat BBM, salah satu caranya dengan mengatur kerja AC agar tidak terlalu membebani mesin,” jelas Onsert saat ditemui Moladin di Mandalika, Nusa Tenggara Barar, Senin (24/5/2022).
 
Kemudian yang juga jadi kekurangan dari HR-V Turbo RS adalah aksesori beraura sporty di tubuhnya cuma hiasan belaka. Jika dilihat, ada tambahan spoiler di sekujur tubuhnya. Sayangnya hal tersebut tidak dibuat untuk keperluan aerodinamika, melainkan kosmetik.
 
Belum selesai, di sektor interior juga ada kekurangan SUV Honda ini. Salah satunya walau dijual dengan harga setengah miliar, tapi pengaturan joknya masih manual. Saat tes performa HR-V Turbo RS, saya merasakan perjuangan menyesuaikan posisi duduk yang nyaman. 
 
Itulah tadi bahasan test drive Honda HR-V terbaru di Sirkuit Mandalika. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!
 
https://www.youtube.com/watch?v=mYTfiScnNSo
Baca juga  Honda E Segera Mengaspal di Indonesia?

Terbaru