Tes Volvo XC40 Recharge BEV, Mobil Terkencang Versi Moladin

by Tigor Sihombing
Tes Volvo XC40 Recharge, sejauh ini terkencang versi Moladin

Kali ini Moladin akan mengulas tentang hasil tes tes Volvo XC40 Recharge BEV. Seperti pengujian kami sebelumnya, mobil yang menggunakan satu baterai sebagai sumber tenaga ini kami uji komprehensif menaklukan berbagai perameter pengetesan.

Profil SUV listrik satu ini memang diam-diam menghanyutkan. Hadir di Indonesia pada akhir 2022, XC40 Recharge BEV dibangun berdasarkan platform Compact Modular Architecture (CMA).

Mobil listrik Volvo XC40 Recharge memakai baterai motor listrik dengan output gabungan 413 hp dan torsi 660 Nm. Potensi tenaga yang jauh lebih besar jika dibandingkan Hyundai Ioniq 5 dengan output 214 hp dan torsi 350 Nm.

Volvo XC40 Recharge BEV mengusung baterai lithium-ion 78 kWh yang bisa memberikan jangkauan 400 km untuk sekali pengisian daya. Sedangkan lama pengecasan dari 0-80 persen bisa tuntas 40 menit dengan fast charging DC 150 kW.

Penasaran dengan kemampuan lebih Tank Swedia modern ini, berikut ulasan lengkap tes Volvo XC40 Recharge mulai dari tes menanjak, sprint, fitur, hingga akomodasi.

Tes Volvo XC40 Recharge Menanjak

image760
Tercepat mengalahkan Hyundai Ioniq 6 dengan catatan waktu 7 detik.

Pada tes menenjak, Volvo XC40 Recharge BEV kami set dengan mode berkendara normal, plus transmisi Manual 1 (AT), dan traction control On. Oh ya untuk mode berkendara mobil ini menyediakan dua pilihan Normal dan Off road.

Kondisi pengetesan dalam kondisi cuaca cerah, alhasil jalannya kering membuat mobil ini dapat melaju dengan traksi maksimal.

Baca juga  Volvo Balik Ke Indonesia, Cuma Jual Mobil Listrik?

Hasilnya dari kondisi berhenti pada kemiringan 21 derajat, mobil berisikan 4 penumpang dewasa dengan berat rata-rata 100 kg, dengan mudah Volvo XC40 Recharge BEV naik pada titik ujung tanjakan tuntas dalam waktu hanya 6,3 detik saja.

Hasil ini cukup untuk mengalahkan catatan waktu menanjak Hyundai Ioniq 6 yang mengunci tes waktu 7 detik pada parameter yang sama.

Tes Akselerasi Terkencang

image761

Pengujian selanjutnya mengacu pada performa dan akselerasi. Volvo XC40 Recharge BEV memiliki kapasitas baterai 78 KWH dengan daya jelajah 500km.

Untuk pengecasannya menggunakan DC CCS2 EV Cahrging Socket, dengan charging speed 150 kw.

Sementara potensi tenaganya mengandalkan motor listrik berkapasitas 78 kw-hour dengan torsi 670 Nm, tenaga 408 hp dual motors AWD. Modal tenaga yang besar untuk mengunci pengetesan akselerasi 0-100 km/jam, Volvo XC40 Recharge mampu menuntaskan cuma dalam waktu 4,4 detik.

Dan untuk akselerasi menuju 201 meter, menghasilkan 4,2 detik. Catatan waktu ini menempatkan XC40 listrik jadi mobil terkencang yang pernah Moaldin tes mengalahkan BMW i7 EV XDrive

Lalu untuk konsumsi listrik Volvo XC40 Recharge pada rute berkendara di dalam kota menghasilkan 6,1 km/kwh, dan di luar kota menghasilkan 6,2 km/kwh.

Baca juga  MPV Volvo EV Siap Meluncur, Mobil Keluarga Futuristik!

Tes Kenyamanan

image762
Interior berkualitas dan nyaman

Tes Volvo XC40 Recharge di parameter kenyamanan menjadi poin penting selanjutnya yang tidak kalah menarik. Meski untuk hal satu ini, kredibilitas Volvo tidak perlu diragukan. Suspensinya empuk, namun tidak membuat mobil limbung.

Begitu pun dengan kursi penumpang depan dan sopir. Meski diduduki penumpang berukuran besar dengan berat 130 kg, jok masih terasa nyaman.

Sedangkan untuk test kebisingan menggunakan desibel meter, hasil kekedapan kabin mobil ini mencatatkan angka 72,4 desible. Hal ini lantaran suara kaki-kaki sangat terdengar ke kabin saat melewati speed trap.

Tes Volvo XC40 Recharge Dari Sisi Fitur dan Desain

image758
Desain aerodinamisnya memberikan tampilan modern dan sporty, sementara fitur-fitur keselamatan seperti lampu LED adaptif dan sistem bantuan pengemudi memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

Volvo XC40 Recharge BEV adalah SUV kompak yang memadukan desain elegan dengan teknologi canggih dan kenyamanan maksimal. Memiliki dimensi 4.440 mm panjang, 1.863 mm lebar, dan 1.651 mm tinggi, mobil ini menawarkan ruang yang cukup luas bagi lima penumpang.

Headroom yang lega dengan ukuran 991 mm di bagian depan dan 994 mm di bagian belakang memastikan kenyamanan optimal bagi semua penumpang. Bagasi dengan kapasitas maksimum 452 liter membuatnya ideal untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan jauh.

Eksterior Fungsional dan Estetis

Tes Volvo XC40 Recharge BEV

Eksterior Volvo XC40 Recharge dirancang tidak hanya untuk estetika, tetapi juga untuk fungsionalitas. Dilengkapi dengan empat kamera 360° dan sensor sisi (flank), pengemudi dapat dengan mudah manuver dan parkir bahkan di ruang yang sempit.

Baca juga  5 Mobil Volvo Resmi Masuk Indonesia, Recharge dan Harga Mahal!

Desain aerodinamisnya memberikan tampilan modern dan sporty, sementara fitur-fitur keselamatan seperti lampu LED adaptif dan sistem bantuan pengemudi memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

Interior Terhubung dengan Teknologi Google

Masuk ke dalam kabin, Volvo XC40 Recharge menawarkan interior yang menggabungkan kenyamanan dengan teknologi terkini. Head unit dilengkapi dengan Google Apps bawaan, memungkinkan pengemudi untuk mengatur navigasi, mengubah suhu kabin, memutar musik, dan mendapatkan informasi kondisi mobil dengan mudah.

Integrasi dengan Google Home menambah kenyamanan, memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan berbagai fitur mobil melalui perintah suara.

Koneksi tanpa batas ini memungkinkan pengemudi dan penumpang tetap terhubung dengan dunia luar sambil menikmati perjalanan. Sistem infotainment yang intuitif dan layar sentuh beresolusi tinggi membuat pengoperasian berbagai fitur menjadi lebih mudah dan efisien.

Kursi yang nyaman dengan material berkualitas tinggi dan berbagai opsi penyesuaian memberikan pengalaman berkendara yang mewah.

Demikian ulasan kami mengenadi tes Volvo XC40 Recharge BEV. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

YouTube player

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika