Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Test Drive Toyota Agya GR Sport di Sirkuit GWK Bali!

by Tigor Sihombing
toyota agya gr sport

Akhirnya momen test Drive Toyota Agya GR Sport datang juga. Saya dapat kesempatan dari Toyota Astra Motor (TAM) untuk jajal mobil ini di Bali pada 4-6 April 2023.

Tiga hari berkendara rasanya tidak sulit untuk saya membuat kesimpulan atas mobil mungil ini. Apalagi bicara medan yang dilalui, cukup beragam mulai dari macet di perkotaan daerah Denpasar dan Kuta, hingga jalanan yang lumayan lengang di Ubud.

Hal menarik lain, saya juga berkendara bersama Agya Gen-2 di Sirkuit buatan area Garuda Wisnu Kencana. Lintasan tersebut cukup untuk merepresentasikan performa dari varian GR Sport.

Mau tahu hasil test drive Toyota Agya GR Sport yang kami lakukan selama di Bali? Berikut bahasan lengkapnya:

Mesin Bertenaga di Putaran Bawah

test drive toyota agya gr sport

Agya GR Sport pakai mesin 1.200 cc

First impression yang saya rasakan ketika berkendara dengan Toyota Agya terbaru adalah sporty, khususnya varain GR Sport. Bagaimana tidak? Eksteriornya saja sudah tampak penggunaan body kit.

Interior Agya GR Sport, juga disuguhkan berbagai aksen ala mobil sport. Ada jahitan merah di jok dan logo GR Sport. Kemudian hadir paddle shift yang semakin membuatnya mirip mobil balap.

Lalu ketika pedal gas diinjak, benar saja bahwa performanya mantap. Agya Gen-2 ini punya limpahan tenaga yang cukup merata di putaran bawah, ini sangat berbeda dengan generasi pertamanya. Jadi saat test drive Toyota Agya GR Sport di Bali, saya tidak perlu menginjak pedal gasnya terlalu dalam, mobil sudah berakselerasi dengan mantap.

Baca juga  Sambut G20 Bali, Toyota Serahkan 41 unit BZ4X dan 102 Lexus UX 300e

Salah satu penyebab performanya di putaran bawah lebih baik, karena pakai mesin 1.200 cc 3-silinder terbaru berkode WA-VE. Jantung mekanis yang sudah dibekali teknologi Dual VVT-i tersebut mampu melontarkan tenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi yaitu 113 Nm.

Tidak hanya itu, transmisi CVT di Agya terbaru juga memiliki tuas D dan S. Di mana ketika saya ingin berkendara sedikit lebih agresif, tinggal pindahkan ke tuas S.

Di Agya GR Sport, ada pula tombol Power Mode yang terdapat pada bagian setir, sayang tombol ini terlalu kecil untuk disentuh. Meski begitu tombol Power Mode mampu memberi akselerasi yang lebih responsif, terutama saat saya mencoba overtake kendaraan lain yang berada di depan. Mode ini juga memudahkan ketika Agya GR Sport melibas tanjakan.

Belum lagi adanya paddle shift yang teradapat pada stir, memudahakan pemindahan gigi cepat hanya dari lingkar kemudi. Alhasil rasanya seperti sedang berada di mobil balap.

Akselerasi dan Handling Toyota Agya GR Sport

Toyota agya gr sport di sirkuit GWK Bali

Toyota Agya GR Sport saat bermanuver di sirkuit GWK Bali

Selanjutnya saya dapat kesempatan untuk melakukan test drive Toyota Agya GR Sport di sirkuit buatan di kawasan GWK Bali. Ada dua hal yang dicoba di sini, akselerasi dan handling.

Baca juga  Review Toyota Kijang Kapsul, Kelebihan, Kekurangan, dan Harganya!

Pada tes akselerasi, saya mencoba gas pol di lintasan yang panjangnya cuma sekitar 100 meter. Hasilnya dengan menggunakan transmisi CVT, akselerasi Agya GR Sport terasa sangat responsif di putaran bawah. Sayang track tidak begitu panjang, hingga mobil hanya bisa mencapai kecepatan 60 km/jam.

Beberapa media lain saat tes akselerasi ini, menggunakan aplikasi smartphone untuk melihat catatan waktunya. Ternyata dari 0-50 km/jam, Agya GR Sport bisa melesat dalam 5,2 detik.

Selanjutnya test drive Toyota Agya GR Sport ini dilakukan untuk mencoba handling di beberapa tikungan sirkuit GWK. Kali ini saya diberi kesempatan didampingi pebalap profesional dan juga mencobanya sendiri.

Hasilnya dalam melibas-libas tikungan tajam mobil tidak mengalami limbung yang terlalu parah. Agya terbaru terasa begitu stabil dan terus berada di jalurnya. Begitu pun saat kami melibas cone jalan yang disediakan sebagai halang rintang, mobil dengan mudah dibelokan dalam kecepatan tinggi lebih dari 50 km/jam.

Kemampuan handling yang mantap itu disebabkan oleh special tunning di Agya GR Sport. Varian ini mendapatkan special tunning di setir, suspensi, dan ban.

Baca juga  Kijang Kapsul Bisa Trade-in Toyota Innova Baru, Mau?

Di mana untuk setirnya dibuat lebih berat dibanding Agya G. Alhasil pengemudi jadi semakin mudah untuk melakukan manuver ke kiri dan kanan. Ini dikuatkan pula lewat penggunaan ban sport dari Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15 yang mampu mencengkeram aspal dengan baik.

Lalu soal suspensinya pun sudah mendapat special tunning jadi semakin kaku. Ini mampu menciptakan rasa stabil ketika Agya GR Sport diajak bermanuver di kecepatan tinggi.

“Dengan mengadopsi platform baru, setting ulang suspensi, dan performa diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan sebuah mobil yang memiliki akselerasi yang melebihi ekspektasi,” Kata Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Itulah tadi ulasan soal test drive Toyota GR Sport di Sirkuit GWK Bali. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika