Tipe Motor yang Umum Dikendarai, Sudah Tahu?

Hai-hai, sobat Moladin. Ketemu lagi sama Jinny. Kali ini Jinny akan menambah wawasan sobat Moladin dengan memberikan sedikit informasi mengenai tipe motor yang umum kita temukan di Indonesia. Lho, memangnya ada motor yang tidak umum di Indonesia? Ada dong, informasi itu disimpan dulu sama Jinny ya. Sekarang, kita belajar dulu soal motor yang paling umum digunakan di Indonesia. Let’s go!

Tipe Motor Sport

Motor sport sering disebut juga sportbikes. Oleh karena motor ini awalnya diperuntukkan bagi penggemar olahraga motor, sportbikes dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kelincahan. Intinya mah, bagaimana caranya hasil kemajuan teknologi dan riset pabrikan motor berpadu padan di jalanan.

Kawasaki Ninja 250 FI

*Angsuran mulai dari

Karakteristik motor sport antara lain tempat duduknya tinggi, pegangan tangan alias stangnya lebih pendek, dan pijakan kakinya khas mencirikan sportbikes. Mesin motor sport bisa di ukuran cc berapapun, tapi biasanya cc-nya mulai dari 150cc.

Motor sport RPM-nya juga tinggi. Sepengetahuan Jinny, motor sport dengan RPM paling tinggi dipegang oleh Yamaha R6 yang mencapai 14.500 RPM. Pastinya kalau mengendarai motor ini seperti terbang bersama angin saking cepatnya. Chasis dan bodi motor sport juga dibuat dari material yang ringan tapi so pasti sangat kuat seperti alumunium dan carbon fiber. Untuk mengendarai motor sport kalian butuh keterampilan yang tidak sedikit, bosque. Butuh latihan terus menerus supaya ahli dalam mengendalikan motor sport ini jalanan.

Tipe Motor Touring

Motor touring termasuk motor paling besar yang bisa kita temukan saat di jalan raya. Dengan menggabungkan stang yang posisinya tinggi dan agak ke belakang, pijakan kaki yang agak ke depan, posisi berkendara yang santai, plus cover depan untuk memecah angin, serta desain yang ergonomi, motor touring benar-benar diperuntukkan bagi kalian yang mengutamakan kenyamanan berkendara dalam jarak yang jauh.

Suzuki GSX S 150

*DP mulai dari

Motor touring seperti Honda Gold Wing bahkan menawarkan radio satelit, GPS, hingga Apple CarPlay ke dalam sistemnya. Salah satu karakteristik motor touring adalah adanya ruang kargo. Ruang kargo ini memudahkan kalian yang ingin melakukan touring ramai-ramai, apalagi kalau touringnya bersama keluarga, pastinya ada banyak barang yang harus dibawa. Ruang kargo inilah yang jadi penyelamat kalian, sob.

Ada lagi jenis motor yang masuk dalam kategori motor touring yaitu motor sport touring. Motor ini banyak dipengaruhi oleh sportbikes sih sebenarnya. Mesinnya lebih gahar daripada motor touring pada umumnya, bahkan penampilannya juga lebih mirip dengan motor sport, namun posisi stangnya yang naik, pijakan kaki yang ke depan, penangkal angin, dan adanya ruang kargo memberikan sentuhan motor touring pada motor hybrid ini. Apapun pilihan kalian, sob, kalau ingin perjalanan jarak jauh yang aman dan nyaman, motor touring-lah jagoannya.

Tipe Motor Bebek

Nah sekarang kita ngobrolin soal motor bebek ya, sob. Motor bebek termasuk ke dalam golongan sepeda motor kecil. Motor ini dibangun di atas kerangka yang terdiri dari sebuah pipa berdiameter besar.

Yamaha Jupiter Z1

*DP mulai dari

Posisi tangki bahan bakar dan penahan percikan air di bagian kaki motor bebek sama dengan motor skuter matic. Namun, roda, posisi mesin dan transmisinya sama dengan motor standar yang digerakkan menggunakan rantai. Ukuran mesin motor bebek biasanya berkisar 50 cc- 125 cc, tapi sekarang sudah banyak lho, sob, motor bebek yang mempunyai kapasitas mesin 150cc, contohnya Suzuki Satria F150.

Tipe Motor Skuter Matic

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), motor terlaris di pasaran sampai tahun 2018 adalah motor skuter matic, sob. Skuter sendiri adalah kendaraan beroda dua yang memiliki lantai di bagian pijakan kaki pengendara. Boleh percaya boleh tidak, prototype pertama skuter matic ini berbentuk Otoped.

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

Kalau di motor bebek, mesin motor diletakkan di bagian bawah rangka tengah, untuk skuter matic posisi mesinnya di belakang, bisa di bagian samping atau depan roda belakang. Ukuran rodanya pun lebih kecil daripada motor bebek. Adapun pelopor pertama motor skuter matic di dunia adalah Vespa PK125. Motor ini lebih dikenal dengan nama Corsa, diperkenalkan pada tahun 1984 di Italia.

Nah sudah tahu kan tipe motor yang banyak digunakan di Indonesia. Kalau tipe motor yang cocok dengan kepribadian kamu apa nih, sob? Kalau sudah tahu, buru-buru klik beli motor di Moladin ya.

Ingat motor, ingat Moladin!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *