5 Tips Berkendara Motor Saat Musim Hujan, Utamakan Safety!

Tips Berkendara Motor Saat Musim Hujan – Berkendara sepeda motor saat musim penghujan memang bukanlah sesuatu yang mudah. Pengendara wajib waspada dan selalu membawa peralatan berkendara ekstara untuk melindungi bagian tubuh dari guyuran hujan.

Maka dari itu, mulai dari jas hujan sampai dengan perlengkapan lainnya wajib ditaruh dan disimpan dalam bagasi. Agar Anda tetap Aman berkendara, inilah tips berkendara motor saat musim hujan. Simak pembahasan berikut ini.

 

1. Pakailah Jas Hujan Setelan

tips-berkendara-motor-saat-musim-hujan-utamakan-safety
Pakai jas hujan setelan

Tips berkendara motor saat musim hujan yang pertama, sebagai pengendara sepeda motor wajib melindungi tubuh dari guyuran hujan. Lantas harus bagaimana? Pakailah jas hujan setelan, jangan menggunakan jas hujan ponco karena model ini berbahaya saat Anda menggunakan motor dengan transmisi manual. Salah-salah jas hujan yang menjuntai bisa masuk ke bagian rantai motor dan hal yang tidak di inginkan pun terjadi.

Selain jas hujan, pengendara juga wajib melindungi bagian kepala. Disarankan menggunakan helm full face, karena menutup bagian seluruh wajah. Selanjutnya, untuk bagian kaki belilah jas hujan yang melindungi bagian ini, kini sudah banyak dijual di pasaran.

 

2. Cek Bagian Lampu dan Pengereman

tips-berkendara-motor-saat-musim-hujan-utamakan-safety
Cek baik lampu dan pengereman

Jangan abaikan kondisi motor Anda, ini jadi tips berkendara motor saat musim hujan kedua. Sudah melindungi seluruh bagian jangan lupa bahwa motor harus dalam keadaan yang sehat ketika menghadapi hujan. Hal yang paling penting adalah bagian lampu dan pengereman.

Ketika musim hujan kedua hal ini jadi penting, mengingat jarak pandang dikala hujan menjadi lebih terbatas. Sistem pencahayaan yang maksimal sangatlah membantu. Sistem pengereman juga harus diperhatikan, baik bagian depan ataupun belakang. Karena kondisi jalanan saat hujan menjadi lebih licin.

 

3. Bijaklah Berkendara

Bijaklah dalam berkendara saat kondisi hujan

Hal yang tidak kalah penting di musim hujan sekaligus jadi tips berkendara motor selanjutnya. Jaga jarak aman dengan pengendara lain yang ada di depan, pastikan tidak terlalu dekat. Disamping itu, Anda wajib hukumnya untuk memacu kendaraan dengan tidak ugal-ugalan apalagi sampai kebut-kebutan. Mungkin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pacu kendaraan di angka 60km/jam.

Baca juga;

 

4. Waspa Kondisi Jalan

Jangan sala terabas jalan yang terdapat genangan air

Terlihat sepele namun harus tetap harus diperhatikan, itulah yang menjadi tips berkendara motor saat hujan. Pilihlah jalan yang tidak terdapat genangan air. Kenapa? Kondisi jalan yang menggenang air mungkin bisa jadi itu adalah jalanan yang berlubang. Kalau sampai diterabas nantinya bisa mengakibatkan Anda terjatuh.

Tidak cuman itu saja, saat menghantam jalan yang berlubang dan itu dalam maka akan berbahaya. Bisa membuat bagian suspensi dan ban motor Anda akan mengalami gangguan, seperti misalnya shockbreaker retak atau ban bocor.

 

5. Pilih Bagian Jalan yang Kering

Pilih bagian jalan yang lebih kering

Hal ini biasanya kerap kali dilupakan oleh para pengendara sepeda motor ketika berkendara di musim hujan. Meski kondisi hujan, Anda bisa mengakali dengan tetap berjalan di bagian yang kering. Biasanya bagian ini akan ada di bagian pinggir jalan raya yang dekat dengan pembatas jalan. Ini menjadi tips berkendara motor saat musim hujan yang terakhir.

So, buat Anda yang sedang mencari apparel untuk menghadapi musim penghujan? Caranya gampang banget, cukup dengan cara melalui link ini! Dapatkan penawaran terbaik untuk produk Apparel yang tersedia. Ingat Motor! Ingat Moladin!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *