Tips Membeli Motor Buat Para Driver Ojek Online

Moladin – Seiring dengan perkembangan teknologi berbasis internet yang begitu melesat, hadir inovasi-inovasi terbaru untuk memudahkan kehidupan. Salah satunya adalah transportasi berbasis aplikasi online, seperti Go-Jek dan Grab.

Hadirnya aplikasi ini tentu saja sangat memudahkan Anda ketika hendak melakukan perjalanan tanpa harus kelelahan menyetir kendaraan sendirian. Bahkan, seiring waktu, inovasi yang muncul semakin ketat dalam persaingan. Ditandai dengan munculnya fitur baru lain dalam satu aplikasi transportasi.

Tentunya, bagi sebagian besar masyarakat, hadirnya aplikasi ojek online ini sangat potensial. Pasalnya, kesempatan terbuka lebar, siapa pun yang ingin menjajal dibolehkan. Persyaratannya juga tidak sulit, hanya bermodal kendaraan lengkap dengan surat-suratnya, identitas diri, dan pastinya ponsel dengan kemampuan internet yang mumpuni.

Memang, jalanan pasti akan semakin padat dengan adanya motor-motor baru dengan atribut ojek online. Selain ponsel, produk lain yang tentu akan melejit penjualannya adalah motor.

Pasalnya, banyak pengemudi ojek online baru yang memutuskan untuk mengambil kredit motor dengan iming-iming keuntungan dari hasil tarik penumpang yang menjanjikan. Namun, tentu saja, itu hanya bisa terjadi kalau Anda rajin, ya!

 

Tips Beli Motor untuk Pengemudi Go-Jek dan Grab

tips-membeli-motor-buat-para-driver-ojek-onlineBagi mereka driver online carilah motor yang sesuai

Memang, potensi pasar kendaraan roda dua untuk ojek berbasis online pasti sangat menggiurkan. Ini terbukti dengan menjamurnya penawaran dari bank dan beragam dealer sepeda motor. Bahkan, perusahaan internal Go-Jek dan Grab pun menawarkan hal serupa pada mitra pengemudi mereka.

Kredit motor memang sangat menjanjikan untuk para pemberi pinjaman, karena keuntungan yang didapatkan terbilang besar dari bunga cicilan yang dibayarkan.

Namun, bagaimana dengan pengaju pinjaman? Menilik dari berbagai faktor yang ditemui sekarang di lapangan, Anda harus melakukan banyak pertimbangan jika ingin membeli motor baru. Tips berikut ini mungkin bisa menjadi acuan kala Anda ingin membeli motor untuk teman perjuangan mengadu nasib di jalanan:

 

1. Efisiensi Motor

Pasti Anda memiliki banyak sekali pilihan ketika ingin membeli motor. Tidak hanya dari merek, Anda pun pasti mempertimbangkan kenyamanan dan kemudahan pengoperasiannya, transmisi motornya (apakah manual atau otomatis), hingga besar motornya.

Memang, motor yang Anda pilih haruslah sesuai dengan efisiensi alias nilai gunanya. Kini, motor dengan transmisi otomatis sepertinya lebih nyaman dan lebih digandrungi para pengemudi Go-Jek maupun Grab.

Tidak hanya keren, motor besar ini terbilang nyaman ketika dikendarai. Jok motor yang lebar terkadang menjadi pertimbangan, karena membuat penumpang nyaman di perjalanan menjadi penilaian yang harus dilebihkan. Pun, motor bisa melaju lebih kencang di jalanan, meski tenaga yang dikeluarkan untuk menjaga keseimbangan juga tak kalah besar.

 

2. Tips Membeli Motor, Pertimbangkan Konsumsi BBM

tips-membeli-motor-buat-para-driver-ojek-onlinePertimbangkan konsumsi BBM

Ini nih, poin yang selalu dikeluhkan para pengemudi ojek online kepada perusahaan, tak sedikit juga kepada penumpang. Terlebih di ibu kota, yang pastinya macet sudah seperti sahabat di perjalanan.

Pasalnya, kemacetan membuat bensin lebih cepat habis akibat pembakaran yang terus dilakukan tetapi motor tidak berjalan. Akibatnya, pengemudi harus merogoh kocek lebih dalam untuk modal beli bahan bakar.

Sayangnya, pemasukan kadang tidak seimbang dengan pengeluaran, yang membuat para pengemudi ini memutuskan untuk mengambil pesanan makanan atau penumpang dengan jarak yang dekat.

Nah, ini juga harus jadi pertimbangan para pengemudi ketika hendak beli motor untuk narik. Tips membeli motornya jangan pakai yang boros BBM, karena jelas akan membuat pendapatan jadi tidak maksimal.

 

3. Perhatikan Cicilan dan Pemasukan

Membeli motor baru, berarti Anda memiliki tanggung jawab, yaitu melunasi cicilan motor setiap bulan. Supaya bisa terpenuhi, tentu Anda harus bekerja dengan lebih keras, dalam hal ini mengambil orderan lebih banyak dari biasanya.

Namun, tips membeli motor sederhananya perhatikan cicilan yang dibayarkan, apakah sesuai dengan pemasukan rata-rata yang Anda dapatkan setiap harinya. Jika tidak, sepertinya Anda harus menurunkan harga motor yang dibeli. Jangan sampai merugi, karena motor bisa ditarik kembali, Anda jadi tidak bisa ngojek lagi.

 

4. Haruskah Beli Motor dengan Cara Kredit?

Salah satu aturan yang diberlakukan oleh perusahaan transportasi online Go-Jek dan Grab adalah motor yang digunakan oleh pengemudi harus setidaknya adalah produksi tahun 2010.

Bukan tanpa alasan, tentu saja ini sebagai tindakan pencegahan terjadinya kerusakan motor ketika sedang berkendara dan membawa penumpang, karena akan berdampak pada kepuasan penumpang.

Jika motor Anda sesuai spesifikasinya, tentu tidak masalah. Namun, bagaimana jika tidak atau Anda justru tidak punya motor? Kredit memang menjadi salah satu solusi terbaik.

Namun, sekali lagi, perhatikan beberapa hal, apakah harus beli motor baru? Motor seperti apa yang Anda cari? Berapa kisaran harga dan besarnya cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan?

 

5. Tips Membeli Motor, Pelajari Kredit Sebaik Mungkin

tips-membeli-motor-buat-para-driver-ojek-onlinePelajari sistem kredit dengan sebaik mungkin

Kalau memang harus kredit, Anda pun perlu mempelajari sebaik mungkin tentang masalah satu ini. Marak sekali penipuan kredit dengan iming-iming bunga rendah atau layanan pinjaman uang online yang cepat cair. Hati-hati, salah-salah justru malah rugi.

Ketahui dengan baik layanan pemberi pinjaman yang Anda pilih, berapa suku bunganya, apakah ada keuntungan seperti bonus dan diskon yang bisa didapatkan untuk meringankan cicilan, dan lain sebagainya.

Jadi, motor yang Anda pakai untuk bekerja sebagai pengemudi Go-Jek atau Grab pun pasti aman dari incaran sitaan. Semoga bermanfaat ya Moladiners tips membeli motor tadi, pertimbangkan banyak hal agar semua sesuai dengan rencana dan narik pun jadi lebih semangat.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *