Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Tips Memilih Karpet Mobil, Jangan Salah Pilih!

by Firdaus Ali
Tips memilih karpet mobil

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa tips memilih karpet mobil. Mulai dari mengenal jenis karpet mobil dan juga fungsinya.

Karpet mobil merupakan salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan. Meski keberadaanya untuk alas kaki, jenis, dan warna yang dipilih sangat mempengaruhi kenyamanan penumpang dan estetika sebuah mobil.

Saat beli mobil baru memang sudah ada karpet yang disediakan oleh pabrikan atau diler penjual mobilnya. Namun mayoritas karpet bawaan dari pabrikan otomotif berjenis bludru. Alhasil, karpet mobil yang terbuat dari bahan bludru tersebut mudah kotor dan susah dibersihkan.

Nah, jika Kamu berniat membeli karpet mobil aftermarket, ada baiknya memperhatikan dari jenis materialnya, tekstur dan warna agar tidak salah beli. Biar tidak penasaran, berikut beberapa tips memilih karpet mobil:

1. Pilih Karpet Mobil Yang Tidak Licin

Tips memilih karpet mobil

Pilih karpet mobil dengan permukaan yang tidak licin

Tips memilih karpet mobil pertama adalah yang tidak licin. Sebab karpet mobil yang licin bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara. Karpet yang licin seringkali berubah posisi dan ini sangat mengganggu.

Untuk memastikan sendiri apakah karpet tersebut licin atau tidak, Kamu bisa dengan mengetesnya langsung. Namun jika tidak memungkinkan, bisa meminta penjual untuk mengetes apakah karpet mobil tersebut licin atau tidak.

Baca juga  7 Keunggulan Karpet Mobil Trapo 3D Xtreme Bisa Dibeli via Tokopedia

2. Pilih Yang Ada Perekat Atau Pengaitnya

Tips memilih karpet mobil

Pilih yang ada perekat atau pengaitnya agar tidak mudah bergeser

Langkah selanjutnya dalam memilih karpet mobil yaitu yang ada perekat atau ada pengaitnya. Perekat atau pengait sangat penting jika karpet tidak langsung pas dengan ukuran ruang mobil agar tidak mudah bergeser. Bagi yang ukurannya sudah pas, maka perekat tidak terlalu dibutuhkan.

Ketika karpet tidak memiliki perekat dan mudah bergeser, maka sangat mungkin kotoran yang berada di karpet bisa tumpah ke bawah karena geseran.

3. Pilih Yang Elastis

Tips memilih karpet mobil

Pilih material yang elastis

Tips memilih karpet mobil selanjutnya adalah dengan memilih material yang lentur atau elastis. Karpet mobil yang bagus umumnya memiliki sifat lentur atau elastis. Semakin lentur maka karpet akan semakin bagus dan awet digunakan. Jika karpet kurang lentur biasanya akan mudah robek atau patah.

Biasanya karpet yang memiliki elastisitas tinggi harganya lebih mahal dibandingkan yang elastisitasnya rendah. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal dibandingkan harus membeli berulang kali barang yang kualitasnya kurang bagus.

4. Pilih Warna Yang Netral

Tips memilih karpet mobil

Warna yang terang bisa dipilih jika sesuai dengan selera dan interior mobil

Beberapa orang kadang terlena dengan pemilihan warna karpet mobil. Misal suka warna yang mencolok, lalu ketika dipasang di mobil ternyata tidak senada. Ketika dipandang pun ternyata terlihat kurang sinkron.

Baca juga  7 Keunggulan Karpet Mobil Trapo 3D Xtreme Bisa Dibeli via Tokopedia

Untuk menghindari hal ini memang yang paling tepat adalah memilih warna yang netral. Warna netral bisa berupa warna hitam, cokelat, atau warna gelap lainnya. Memilih warna cerah tidak masalah asalkan sudah membayangkan jika ditaruh di mobil terlihat pas.

5. Pilih Yang Tidak Bau Menyengat

Tips memilih karpet mobil

Pilih karpet mobil yang tidak bau menyengat

Karpet mobil yang bagus adalah yang tidak bau. Setidaknya baunya tidak mengganggu. Nah, bagi yang suka belanja online susah sekali menentukan apakah karpet ini bau atau tidak. Lebih baik memang harus beli langsung dan mencium apakah karpet tersebut bau atau tidak.

Setelah mengetahui tips memilih karpet mobil, selanjutnya kami juga akan menginformasikan mengenai jenis-jenis karpet mobil berdasarkan bahan materialnya. 

Karpet Mobil Material Karet

Jenis material yang umum dijual dipasaran adalah bahan karpet yang terbuat dari karet. Umur pemakaian karpet mobil karet ini juga tergolong lama.

Kelebihan dari jenis bahan ini bisa dengan mudah membersihkannya karena kotoran yang menempel pada karet gampang lepas saat dicuci. Harganya beragam, ada yang sedang dan ada yang mahal, tergantung dari ketebalan dan kualitas karetnya.

Baca juga  7 Keunggulan Karpet Mobil Trapo 3D Xtreme Bisa Dibeli via Tokopedia

Karpet Mobil Material Beludru

Tips memilih karpet mobil

Jenis karpet mobil beludru susah dibersihkan

Jika Kamu suka kesan yang mewah, maka karpet mobil dengan material beludru ini adalah pilihannya. Permukaan beludru ini akan memberikan kenyamanan di kaki. Namun, kekurangannya adalah lebih susah dibersihkan dibandingkan jenis karpet mobil lainnya. Selain itu, harganya juga tergolong mahal.

Karpet Mobil Material Sintetis

Selanjutnya ada karpet mobil dengan material sintetis. Karpet mobil dari bahan sintetis ini menyerupai karpet mobil yang berbahan karet. Mudah juga dibersihkan dan banyak diminati karena harganya yang terjangkau. Kekurangannya jelas umur penggunaannya tidak selama karpet mobil karet.

Karpet Mobil Material PVC

Material PVC juga tersedia untuk jenis karpet mobil. Karpet mobil berbahan PVC ini sering kali disebut karpet mie atau bihun. Penyebutan itu karena permukaan karpet ini menyerupai mie atau bihun. Dengan permukaan yang seperti itu, daya cengkeram karpet ini lebih bagus di kaki.

Karpet yang satu ini juga lebih mudah dibersihkan. Jika ketumpahan air tinggal dikibas-kibaskan. Jika kotor juga tinggal disikat dan dicuci dengan sabun. Karpet ini juga cepat kering saat dijemur.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika