Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tips Mencuci Mobil Warna Doff Stargazer X, Awet Anti Pudar

by Tigor Sihombing
Tips Mencuci Mobil Warna Doff Stargazer X

Kali ini Moladin akan menyampaikan tips mencuci mobil warna doff Stargazer X. Seperti kita ketahui, Hyundai Stargazer X memiliki pilihan warna bodi doff yakni Gravity Gold Matte.

Sama seperti warna doff pada kendaraan lainnya, karakter cat jenis ini akan cepat pudar bintik-bintik doffnya atau akan halus jika salah perawatan. Karena permukaan cat doff berbeda dengan cat glossy yang lebih halus.

Meski begitu cat doff memiliki kelebihan tahan lecet dibanding cat glossy. Maka dari itu untuk mempertahankan tampilan yang elegan dan eksklusif dari mobil doff diperlukan perhatian khusus dalam proses pencucian.

Artinya permukaan matte yang unik ini membutuhkan perlakuan hati-hati agar tidak menghilangkan keindahannya. Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah untuk mencuci mobil doff secara manual dengan benar yang disampaikan langsung oleh Bonar Pakpahan, selaku Product Expert Hyundai Motors Indonesia.

Bonar mengatakan sebelum memulai proses pencucian Stargazer X Gravity Gold Matte, pastikan kamu telah menyiapkan semua peralatan yang diperlukan. Gunakan bahan-bahan yang lembut seperti kain microfiber dan spons khusus yang dirancang untuk permukaan matte.

Baca juga  3 Cara Membuka Mobil yang Terkunci dari Dalam

Mulailah dengan membilas permukaan mobil menggunakan air bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu, pasir, atau kotoran lain yang dapat menyebabkan goresan ketika Anda mulai menggosok permukaan.

“Harus gunakan sabun mobil yang dirancang khusus untuk permukaan matte, jangan pakai sabun cuci piring ya,” tambah Bonar.

Campur sabun dengan air bersih dan gunakan spons atau wash pas lembut untuk membersihkan permukaan mobil secara lembut. Pria ramah tersebut jga mengatakan sebaiknya pemilik hindari menggunakan sikat dengan permukaan kasar, karena ini dapat merusak tampilan matte yang halus.

Setelah selesai mencuci, keringkan permukaan mobil dengan hati-hati menggunakan kain microfiber yang bersih dan kering. Hindari menggunakan handuk yang kasar atau kain yang tidak sesuai, hal ini untuk mengurangi resiko permukaan cat matte di Stargazer X kamu tergores.

Warna Mobil Cat Doff Jangan Pakai Wax

Tips Mencuci Mobil Warna Doff Stargazer X

Warna Hyundai Stargazer X Gravity Gold Matte

Dalam proses pencucian mobil doff seperti Stargazer X Gravity Gold Matte pun ada yang harus dihindari, salah satunya adalah supaya tidak mengunakan metode uap. Karena menurut Bonar panas dari proses cuci uap dapat menyebabkan komponen berminyak menempel pada lapisan cat matte, mengakibatkan noda atau perubahan tampilan

Baca juga  Sejarah Hyundai Santa Fe, Sudah 4 Generasi

Produk perawatan lilin atau wax juga tidak dianjurkan untuk mobil matte. Penggunaan bahan kimia semacam ini dapat mengubah kilap alami permukaan doff.

Adapun perawatan sederhanaya adalah untuk menghilangkan kotoran-kotoran kecil atau kontaminasi umum misalnya bisa mengunakan tissue alkohol atau IPA (Isopropil alkohol), baik itu kotoran burung, debu, dan sejenisnya. Lalu untuk noda-noda berminyak sebaiknya menggunakan produk sabun khusus untuk permukaan doff, seperti cairan khusus mengangkat tar, pelumas atau minyak.

Demikian ulasan terkait tips mencuci mobil warna doff Stargazer X. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika