by

Tips Merawat Pintu Geser Mobil, Tidak Sulit!

Merawat Pintu geser atau sliding door harus dilakukan secara berkala. Hal ini dilakukan agar komponen-komponen pendukungnya berusia pakai panjang. 

Pintu geser sendiri umum digunakan pada mobil-mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Adapun kelebihan mobil yang menggunakan pintu geser adalah memberikan kesan luas, mewah, dan memudahkan keluar masuk di lokasi parkir yang sempit.

Dalam perkembangannya pintu geser bisa dibuka tutup secara elektronik, meskipun hingga kini masih ada saja mobil dengan pintu geser yang ditutup secara manual. Selain itu mobil yang mengadopsi pintu geser biasanya mempunyai sensor keselamatan untuk mengurangi resiko terjepit.

Nah dengan teknologi-teknologi yang tersemat pada pintu geser ini, harus dibarengi dengan perawatan yang baik. Hal ini agar pintu selalu berfungsi maksimal dan tahan lama.

Merawat pintu geser lebih dini juga memberi keuntungan untuk memperpanjang usia parts, karena jika bicara perangkat elektronik pada sliding door tentu saja bukan harga yang murah ketika sudah terjadi kerusakan.

Maka dari itu, berikut kami sampaikan cara merawat pintu geser, sebagai mana telah kami rangkum dari laman resmi Hyundai.

Baca juga  Kisaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil, Mahal?

5 Langkah Merawat Pintu Geser

cara merawat pintu geser mobil
Pintu geser mobil sejatinya perlu dirawat agar tahan lama dan awet

Kalau kamu punya mobil dengan pintu geser seperti Honda Freed, Hyundai H-1, Toyota Voxy, dan lain-lain, wajib melakukan perawatan lebih. Pasalnya pintu geser tersebut harus senantiasa dirawat. Perhatiannya juga ekstra jika dibanding pintu konvensional.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk merawat pintu geser mobil:

1. Jangan Buka-Tutup Pintu Saat Mesin Mati

Ini paling utama dan prioritas. Terlihat sepele tapi penting untuk dilakukan. “Ketika kondisi mesin mati, usahakan pintu geser tidak sering dibuka-tutup,” tulis Hyundai.

Karena pintu geser menggunakan sistem elektrik, jadi saat mesin mati akan menyedot kapasitas listrik aki.

2. Jangan Mempercepat Gerakan Pintu

Prilaku lainnya dalam merawat pintu geser sebaiknya jangan mempercepat gerakan pintu. Biarkan saja sistem kerja elektrik bekerja sesuai hingga selesai. Apabila tak sabar ingin mempercepat proses tutup, dipastikan akan mengurangi kinerja sistem elektrik pada pintu geser tersebut.

3. Pastikan Laher Dalam Kondisi Baik

Jika laher sudah mengeluarkan suara, maka segera lakukan perawatan dengan memberikan pelumas agar lebih licin dan mengurangi bunyi yang mengganggu. Usahakan pelumas tidak menetes kemana-mana ketika mengolesinya.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

4. Bersihkan Area Rel Secara Berkala

Rel yang jarang dibersihkan akan menimbulkan kotoran sehingga menyumbat pergeseran pintu mobil. Untuk mengatasi masalah ini, area rel harus dibersihkan secara berkala. Bersihkan dengan cairan berkualitas, selain membersihkan juga sekaligus merawat rel tetap dalam kondisi baik.

5. Berikan Pelumas Parafin Pada Rel

Setelah membersihkan area rel, langkah selanjutnya dalam merawat pintu geser adalah olesi area rel dengan menggunakan pelumas pasta yang mengandung parafin. Jangan gunakan yang mengandung oli, karena oli akan memudahkan debu dan kotoran untuk menempel.

Di pasaran sendiri hampir semua merek mobil mengeluarkan varian MPV yang mengadopsi pintu geser. Di line up Toyota ada MPV kelas menengah seperti Sienta dan di kelas premiumnya diadopsi oleh Voxy dan Alphard.

Untuk Honda sendiri, di pasaran masih ada Honda Freed meski unit barunya sudah setop produksi. Sedangkan pada Hyundai ada MPV andalan mereka H-1.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin.com.

Baca juga  Per yang Cocok untuk Avanza, Pakai Punya BMW atau Volvo

Terbaru