Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power, Pilih SUV Hybrid yang Mana?

by Tigor Sihombing
Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

Kali ini Moladin akan mereview Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power. Dimana keduanya sama-sama mengadopsi system penggerak hybrid.

Sebagai informasi ya,meski mengadopsi sistem gerak hybrid, namun mekanisme kerja keduanya berbeda. Misal pada Nissan Kicks e-Power, mesin yang menggunakan bahan bakar bensin tersebut sama sekali tidak terhubung dengan roda penggerak, tapi hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik aja, atau generator yang fungsinya mengisi daya listrik ke baterai Lithium.

Sedangkan pada Toyota C-HR Hybrid, mesin bensinnya bisa mengisi daya baterai tapi bisa juga menggerakkan roda saat dibutuhkan performa lebih. Mesin ini akan aktif bersama dengan hybird jika dalam kondisi mobil dipacu kencang.

Adapun perbedaan lainnya, kali ini Moladin akan menyampaikannya secara rinci, baik dari performa, fitur, hingga akomodasi. Berikut ualsan lengkapnya.

Harga Nissan Kicks Lebih Murah Dibanding Toyota C-HR

Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

Harga lebih murah jadi keunggulan Nissan Kicks e-Power

Kali ini, Moladin beberkan hasil review Nissan Kicks E-Power facelift 2023. Buat yang belum tahu, ini adalah SUV dengan teknologi series hybrid yang meluncur pada 2020 di Indonesia. Kemudian versi faceliftnya hadir di tahun 2022 lewat berbagai ubahan signifikan.

Nissan Kicks E-Power saat ini menjadi kompetitor dari Toyota C-HR Hybrid. Salah satu hal menarik darinya adalah harga yang terbilang murah. Harga terbaru saat ini banderolnya cuma Rp 519 juta.

Sedangkan Toyota C-HR Hybrid dijual mulai Rp 601 juta (non premium color) dan Rp 602,5 juta (premium color).

Nissan Kicks E-Power Lebih Jago Menanjak Dibanding C-HR

Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

Kicks e-Power jago menanjak

Perbandingan antara Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power berikutnya adalah soal kemampuan menanjak. Berdasarkan data pabrikan, Nissan Kicks e-power facelift 2022 terbaru saat ini memiliki  kapasitas baterai yang lebih besar dari 1.57 kWh menjadi 2.06 kWh.

Hasilnya, dengan tenaga baterai yang lebih besar, mobil ini mampu berkendara lebih jauh 30% dengan Mode EV. Selain itu, performa Kicks e-Power terbaru meningkat tenaganya dari 129 PS menjadi 136 PS. Kemudian untuk torsi juga bertambah dari 260 Nm menjadi 280 Nm.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Raize, Patut Dibeli Gak nih ?

Sedangkan Toyota C-HR Hybrid yang mengusung mesin 2ZR-FXE 1.798 cc memiliki tenaga sebesar 100 ps (engine) dan 36 ps (motor). Kemudian tenaga itu disalukan ke roda depan melalui transmisi CVT 7-speed.

Lalu bagaimana dengan performanya saat diajak melewati jalan menanjak di kemiringan 21 derajat? Dengan diisi oleh 5 orang penumpang dengan total berat 454 Kg kurang lebih.

Hasilnya, NIssan Kicks E-Power bisa menanjak dengan baik. Tidak ada spin atau kesulitan menanjak, meski mobil berhenti di titik tanjakan tercuram. Sedangkan pada Toyota C-HR ketika mobil berhenti di titik tertinggi tanjakan dan coba dijalankan kembali, mobil sempat melakukan spin dan terasa tenaga terbuang percuma di beberapa titik.

Nissan Kicks Lebih Kencang Dibanding Toyota C-HR Hybird

Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

Toyota C-HR Hybrid kalah performa dengan Nissan Kicks e-Power

Perbandingan antara Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power soal akselerasi. Kami juga menguji kemampuan berlarinya dari posisi diam hingga 100 km/jam. SUV berteknologi series hybrid ini bisa membukukan waktu 8,83 detik.

Sedangkan Toyota C-HR Hybird yang bermesin 1.800 cc hybrid. Hasilnya C-HR jauh lebih lambat dengan akselerasi 0-100 km/jam cuma 12,0 detik.

Kenapa akselerasi SUV Nissan tersebut bisa begitu mantap? Hal ini disebabkan oleh racikan sistem series hybrid yang membuat mobil sebenarnya digerakkan oleh motor elektrik secara terus menerus. Dengan kata lain, ini adalah mobil hybrid yang punya rasa berkendara seperti mobil listrik. Oleh karenanya, akselerasinya bisa instan. Di atas kertas, motor elektrik di Kicks e-Power terbaru sudah pakai generasi-2, alhasil performanya jauh lebih baik dibanding versi sebelum facelift.

Review Nissan Kicks e-Power soal akselerasi, pun berlanjut dengan pengetesan drag race 201 meter. Hasilnya mobil ini mampu mencatatakan waktu 10,01 detik dan lagi-lagi jadi pemenang. Sementara Toyota C-HR Hybrid punya catatan 11,7 detik.

Baca juga  Menakar Kiprah Mobil Listrik Toyota di Tanah Air, Laku?

C-HR Hybrid Lebih Irit BBM Dibanding Nissan Kicks Hybird

Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

C-HR Hybrid Lebih irit BBM

Perbandingan antara Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power berikutnya ada di soal konsumsi BBM. Tim youtube Moladin sudah mengetesnya dengan metode yang dilakukan cek MID dan full to full.

Mulai dari MID lebih dulu, dilakukan dengan berkendara melewati jarak 100 km kurang lebih. Alhasil mobil yang roda depannya digerakkan motor elektrik ini membukukan catatan 18,7 km/liter dengan kondisi stop and go atau di dalam kota, sedangkan Toyota C-HR Hybrid 22,3 km/liter.

Kemudian untuk rute jalan tol, konsumsi BBM Kicks e-Power mencapai 18,4 km/liter, lalu pada C-HT Hybrid tembus 22,9 km/liter.

Pengujian irit untuk Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power selanjutnya pakai metode full to full. Artinya bensin kami isi lebih dulu hingga penuh, kemudian mobil diajak berkendara sejauh 76 Km dengan kondisi jalan lengan dan kecepatan rata-rata 47 km/liter.

Nissan Kicks e-Power menghasilkan 21,3 km/liter, sama dengan C-HR yang juga 21,3 km/liter.

Sama-sama punya Desain dan Fitur Modern

Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power

Perbandingan antara Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power adalah soal fitur. Kicks e-Power facelift 2023 memiliki tampilan baru dengan logo di paras yang bisa menyala.

Kemudian velg juga pakai desain lebih ramping, sehingga terkesan futuristik. Bicara fitur, versi terbarunya ini dilengkapi teknologi Nissan Intelligent Mobility.

Di dalamnya terintegrasi intelligent forward collision warning, lane departure warning, blind spot warning, intelligent emergency braking, rear cross traffic alert, intelligent around view monitor , high beam assist, intelligent driver alertness, hingga intelligent cruise control.

Selayaknya mobil listrik, Kicks e-Power juga memiliki fitur e-Pedal. Artinya mobil ini bisa berakselerasi dan berdeselarasi hanya dari satu pedal saja. Gambaran kasarnya seperti bom-bom car. Jadi kamu tidak perlu injak rem sama sekali. Kalau mau melaju cukup injak pedal gas. Saat deselarasi, lepas pedal gas maka mobil otomatis melakukan pengereman.

Baca juga  Nissan Serena e-Power C28 Rilis di GIIAS 2023, Berapa Harganya?

Tentunya fitur e-Pedal tidak akan dimiliki oleh mobil-mobil hybrid lain seperti Toyota C-HR. Inilah yang jadi keunggulan dari Nissan Kicks e-Power.

Sedangkan pada Toyota C-HR Hybird sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif TSS (Toyota Safety Sense). Dimana fitur ini sudah terintegrasi dengan fitur Forward Collison Warning, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, dan fitur keselamatan aktif lain.

Selain fitur keselamatan aktif, CH-R Hybrid juga tetap dilengkapi fitur keselamatan pasif seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. Selain itu di dalam kabin tersedia tujuh SRS Airbag (D+P+S+CSA+D-Knee) dan seatbelt di setiap jok.

C-HR Hybrid juga memiliki mode berkendara EV Mode yang memungkinkan mobil berjalan dengan motor elektrik full selama baterai di mobil ini kondisi penuh. Adapun mode berkendara Sport, Normal, dan Eco tetap tersedia di mobil ini.

Luas Bagasi Lebih Luas Nissan Kicks e-Power

Bagasi Nissan Kicks

Berikutnya perbandingan bagasi. Nissan Kicks e-Power Facelift 2023 punya bagasi dengan lebar 100 cm, panjang 89 cm, dan tinggi 55 cm. Hasilnya kalau dijumlahkan total luas bagasi 489,5 liter. Bagasi tersebut lebih besar dibanding Toyota C-HR Hybird yang punya kapasitas angkut cuma 325 liter.

Demikian ulasan Toyota C-HR VS Nissan Kicks e-Power. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika