by

Toyota Fortuner GR Sport, Apa yang Berubah?

Kemunculan Toyota Fortuner GR Sport cukup menyita perhatian, karena ini kali pertama di dunia. Indonesia pun menjadi negara pioner yang memasarkannya.

Fortuner varian GR Sport hadir sebagai varian tertinggi untuk model 4×2 baik mesin bensin (SRZ) dan diesel (VRZ). Sekaligus jadi pengganti dari varian TRD Sportivo yang sebelumnya ada.

Soal harga Toyota Fortuner GR Sport dibanderol Rp 544,2 juta (OTR Jakarta) khusus SRZ. Lalu model SRZ GR Sport dijual Rp 605,1 juta (OTR Jakarta).

Lalu apa perbedaan varian GR Sport dan TRD Sportivo? Secara kasat mata, kamu bisa lihat bedanya namun tidak banyak. Hanya aksen kecil seperti warna merah di grille kini hilang. Begitu juga tulisan TRD Sportivo di grille dan pelek kini dihilangkan.

Kemudian muncul emblem GR Sport di beberapa bagian bodi mobil, seperti bagasi dan bumper belakang. Sisi bodi juga sekarang menggunakan stiker GR Sport.

Fitur Baru di Fortuner GR Sport

interior toyota fortuner gr sport
Adaptable Auto A/C with Dual Zone jadi fitur pembeda di Fortuner varian GR Sport

Di samping punya tampilan yang sedikit berbeda, Toyota Fortuner GR Sport juga memperoleh fitur baru. Teknologi tersebut berguna untuk memberi kenyamanan lebih di dalam kabin.

Baca juga  Bocoran Peluncuran Avanza Generasi Terbaru, Sebentar Lagi?

“Fortuner GR Sport tidak hanya bermodalkan tampilan dan desain yang lebih sporty namun juga dibekali dengan sebuah fitur baru. SUV tangguh 7-seater yang dapat diandalkan di segala medan ini kini dilengkapi dengan fitur New Adaptable Auto A/C with Dual Zone,” seperti dikutip dari rilis resmi Toyota yang kami terima pada Senin (9/8/2021).

Guna adaptable Auto A/C with Dual Zone memungkinkan pengendara dan penumpang di bangku baris pertama Fortuner mendapat suhu yang berbeda. Alhasil kenyamanan saat berkendara bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Di samping itu, fiturnya tidak ada beda. Fortuner varian GR Sport memiliki wireless charger, rear seat entertainment, surround monitor, dan panel instrumen yang mampu memberi berbagai informasi.

Bicara keselamatan, SUV Toyota ini sudah memiliki 7 SRS Airbags, hill start assist (HSA), emergency brake signal (EBS), traction control (TRC), vehicle stability control (VSC), dan lain-lain. Bisa dikatakan persis sama dengan versi TRD Sportivo.

Performa Mesin Tidak Berubah

toyota fortuner gr sport tampak depan
Aksen merah hilang dari grille Fortuner

Toyota Fortuner GR Sport pun tidak mengalami perbedaan dari sisi mesin. Jantung mekanisnya tetap sama yaitu 2.7-liter untuk versi SRZ GR Sport. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 242 Nm dan tenaga maksimal 163 PS.

Baca juga  Suzuki Luncurkan Jimny LCV, Bagasinya Luas!

Sementara versi VRZ GR Sport mengandalkan mesin diesel 2.4-liter yang dilengkapi induksi turbo. Depot daya itu bisa melontarkan torsi 400 Nm dan tenaga 149,6 PS. Kedua opsi mesin Fortuner itu dipadankan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

Lewat fakta di atas, maka bisa dikatakan bahwa varian GR Sport untuk Fortuner hanya kosmetik belaka. Tidak ada peningkatan performa sama sekali yang membuat rasa berkendara mobil SUV ini semakin menyenangkan.

Itulah tadi bahasan lengkap Fortuner GR Sport di Indonesia. Buat kamu yang mencari informasi seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru