oleh

Toyota Great Corolla Vs Honda Civic Ferio, Beli yang Mana?

Kali ini Moladin akan mengulas Toyota Great Corolla VS Honda Civic Ferio. Kedua mobil ini memiliki kesamaan, yakni sebagai sedan Jepang favorit di zamannya.

Nah untuk kamu yang ingin berburu unit bekasnya, tidak ada salahnya melihat perbandingan kedua mobil tersebut dari berbagai sisi yang akan kami suguhkan.

Karena mengetahui perbandingan antara Toyota Great Corolla Vs Honda Civic Ferio adalah wajib jika kamu akan memboyong satu antara dua sedan tahun 1990an ini.

Menurut Gembong, mekanik Mitra Karya Motor mengatakan jika baik Great Corolla dibanding Honda Civic Ferio memiliki teknologi yang serupa.  “Mungkin orang lebih ke desain, keduanya mobil ini juga sama-sama murah di pasaran,” tambah Gembong.

Untuk lebih lengkapnya mengenai perbandingan Toyota Great Corolla dan Honda Feriio yuk simak langsung ulasan lengkapnya.

Dimensi Lebih Pendek Ferio

Toyota Great Corolla Vs Honda Ferio
Honda Civic Ferio

Toyota Great Corolla Vs Honda Civic Ferio jika dilihat dari dimensi, Great Corolla lebih pendek.

Menurut data masing-masing pabrikan, Toyota Great Corolla memilki panjang 4.270 mm x lebar 1.685 mm x tinggi 1.380 mm. Sementara Civic Ferio mempunyai dimensi panjang 4.470 mm x lebar 1.695 mm x tinggi 1.385 mm.

Jika dilihat berdasarkan data tersebut, ternyata Great Corolla tidak hanya lebih pendek, melainkan berdimensi lebih kecil dibanding Honda Civic Ferio. Salah satu kekurangan mobil berdimensi besar adalah sulit untuk bermanufer alias susah belok.

Baca juga  MG5 Siap Meluncur di GIIAS 2021, Sedan Murah Paling Ganteng!

Harga Sparepart Serupa

Toyota Great Corolla Vs Honda Ferio
Misal untuk kampas rem belakang, baik Great Corolla dan Honda Civic Ferio original dibanderol pada kisaran harga Rp 200 – 250 ribuan.

Selanjutnya adalah dalam hal sprepart. Di beberapa forum mobil bekas yang membahas Great Corolla dan Ferio dikatakan kedua mobil ini memiliki harga sparepart setara.

“Hal ini sebenarnya wajar karena mobil tersebut  keluar di tahun yang hampir sama, harga sparepart mirip-mirip, dengan catatan sama sama part original,” kata Raka Aditya pengguna Ferio yang juga pernah menggunakan Great Corolla sebagai kendaraan sehari-harinya.

Selain itu iya juga mengatakan jika untuk ketersediaan part selama masih tinggal di kota yang cukup besar baik Great Corolla maupun Honda Civic Ferio masih sama-sama tersedia di toko onderdil.

Namun untuk masalah varian, spare parts Great Corolla lebih banyak. Mulai dari parts copotan lokal, EX-Singapore, JDM, hingga KW.

Misal untuk kampas rem belakang, baik Great Corolla dan Honda Civic Ferio original dibanderol pada kisaran harga Rp 200 – 250 ribuan.

Mesin Ferio Almunnium Case

Toyota Great Corolla Vs Honda Ferio
Kelamahan blok aluminium durabilitynya kurang baik, mudah over heat, tapi memilki kelebihan lebih ringan, kalau Toyota pakai case mesin almunium mulai Altis.

Bicara tenaga, jika mengacu pada data pabrikan, di atas kertas Honda Civic Ferio lebih besar. Tercatat Toyota Great Corolla dengan mesin 4A-FE 1.600 cc, DOHC 16 katup, memiliki tenaga maksimum di 115 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 147 Nm di 4.700 rpm.

Baca juga  Generasi Terbaru Toyota Starlet Lahir Kembali, Tertarik?

Sementara Honda  Ferio yang merupakan Civic pertama yang dijejali teknologi katup Variable Valve Timing and Lift Electronic (VTEC), punya tenaga maksimum 125 dk di 6.400 rpm, dan torsi lebih tinggi 1 Nm dari Greco, yakni di angka 148 Nm di 5.500 rpm.

Soal tenaga ini, walaupun secara angka output power tidak selisih jauh tapi untuk Ferio tenaganya lebih besar di atas, yang membuat mobil 1.600 cc tersebut  lebih menyenangkan buat diajak lari lari. Belum lagi dengan dukungan mesin Honda yang paling modern saat itu, karena mengusung variable timing alias VTEC.

Sedangkan Great Corolla kebalikannya, jika mengacu pada data mesin 4A-FE nya memiliki torsi bawah yang padat yang tentunya asik diajak harian dengan karakter khas jalan raya Indonesia stop n go.

Gembong juga mengatakan perbedaan keduanya terdapat pada bahan case mesin. Jika Greeat Corolla menggunakan iron case, sedangkan Ferio menggunakan almunium case.

“Kelamahan blok aluminium durabilitynya kurang baik, mudah over heat, tapi memilki kelebihan lebih ringan, kalau Toyota pakai case mesin almunium mulai Altis,” tambah Gembong.

Interior Khas Mobil 90-an, Sama-sama Fabric

Toyota Great Corolla Vs Honda Ferio
Bahan jok fabric Honda Civic Ferio.

Unutk bagian interior, baik Toyota Great Corolla maupun Honda Civic Ferio memiliki kualitas yang mirip-mirip. Selain itu untuk jok sama – sama mengusung bahan fabric sebagai bawaan standar. Keduanya tidak memilki bahan jok kulit sebagai bawaan di zamannya.

Baca juga  Review Honda CR-V Gen 2, Layak Dibeli?

Pajak dan Perawatan

Toyota Great Corolla VS Honda Ferio
Ilustrasi pajak.

Untuk pajak kendaraan, antara Toyota Great Corolla VS Honda Civic Ferio memliki perbedaan. Great Corolla 1.6 Liter produksi 1995-1997 di kisaran Rp 890 ribuan – Rp 1 jutaan, tergantung tahun pembuatan.

Sedangkan Honda Civic Ferio di angka Rp 1,3 jutaan untuk produksi 1995 – 1997. Lalu keluaran terakhir atau tahun 2000 di kisaran Rp 1,8 jutaan.

Lalu soal perawatan, jika ingin meminang Toyota Great Corolla dan Honda Civic Ferio, perhatikan kondisi kaki-kakinya seperti sokbreker, ball joint, tie-rod, cross joint, hingga rack steer.

Karena khas mobil sedan tua, komponen kaki-kaki kedua mobil tersebut rentan bermasalah.

Selain itu, di beberapa forum Great Corolla juga disebutkan kedua mobil tersebut memiliki karakter yang cukup bertolak belakang. Ferio lebih ke arah sporty, dengan khas kaki-kaki agak keras. Sedangkan Great Corolla sebaliknya.

Sementara untuk transmisi matik kedua sedan ini cukup responsif dan bisa diandalkan. Namun pada Civic Ferio, pastikan perpindahan matiknya bekerja dengan halus tanpa entakan, khususnya dari gigi 1 ke 2. Karena biaya perbaikan transmisi matik ini tidak murah loh.

Sedangkan penyakit khas Great Corolla menurut beberapa penggunanya, ada pada seal atas dan bawah rack power steering yang cepat kalah.

Demikian ulasan terkait perbandingan antara Toyota Great Corolla VS Honda Civic Ferio. Simak terus Moladin.com untuk update kabar berita terbaru otomotif.

Terbaru