Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota IMV 0 Pick-Up Siap Hadir di GIIAS 2023, Pakai Nama Kijang Rangga?

by Tigor Sihombing
Toyota IMV 0

Toyota IMV 0 resmi diperkenalkan pada perayaan ulang tahun ke-60 Toyota Motors Thailand di Bangkok tahun lalu. Konsep mobil pick-up ini sangat menarik, lantaran desainnya unik serta posisinya hadir sebagai adik Toyota Hilux. 

Kini beredar kabar, mobil tersebut akan dihadirkan di Indonesia tepatnya di GIIAS 2023 dengan nama Kijang Rangga. Walau belum tampil di Tanah Air, sudah ada sales Toyota yang memasarkan mobil pick-up berlogo T ini di sosial media Instagram.

“Spesifikasinya belum diinfokan, tapi terdapat dua pilihan mesin: bensin dan diesel. Harga kisaran Rp180-250 juta, sudah bisa dipesan,” kata sales Toyota tersebut ke Moladin.com.

Jika benar demikian, maka Toyota IMV 0 akan jadi mobil niaga yang siap menghadapi Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga. Menarik bukan? Wajar kalau pabrikan berlogo T menyasar pasar pick-up, lantaran memang pasarnya cukup besar di Indonesia.

Toyota IMV 0 sendiri merupakan pikap serbaguna yang dirancang sebagai kendaraan bermesin konvensional dengan menggunakan mesin Internal Combustion Engine (ICE). Mobil ini dengan mudah bisa dijadikan mobil komersil berjenis apapun, mulai dari campervan, mobil resto dan sebagainya.

Baca juga  Toyota Altis 2022 Meluncur, Lebih Aman!

Toyota IMV 0 Pakai Mesin Bensin dan Diesel Kepunyaan Hilux

Toyota IMV 0

Toyota IMV 0 dirancang jenbjadi kendaraan yang mudah mengaplikasikan konsep apa saja.

Toyota memberikan pilihan menarik bagi penggemar kendaraan bermesin konvensional dengan hadirnya IMV 0. Laman Driveautoblog Thailand, menyebut mobil pick-up ini digadang-gadang akan menggendong mesin 2GD-FTV kepunyaan Hilux. Di atas kertas mesin diesel 2.4 liter dengan turbo variabel, intercooler, transmisi 6-percepatan tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 150 hp dan torsi puncak 400 Nm.

Sementara bila sales Toyota benar, bakal ada mesin bensin yang kemungkinan juga pakai punya Hilux yaitu 1TR-FE 2.000 cc. Di atas kertas bisa menghasilkan torsi 183 Nm dan tenaga 140 PS.

Nama “IMV 0” kemungkinan merujuk pada arsitektur rangka ladder IMV atau Innovative International Multi-purpose Vehicle Toyota, yang sebelumnya diperkenalkan pada tahun 2004. Platform ini telah sukses digunakan untuk beberapa kendaraan produksi, termasuk pikap Hilux, SUV Fortuner, dan MPV Innova.

Kini, platform tersebut telah mengalami pengembangan lebih lanjut untuk mewujudkan model konsep IMV 0 yang lebih canggih dan unggul. Sekilas melihat desain eksterior IMV 0, kita akan teringat pada konsep Urban Cruiser EV, khususnya pada bagian depannya.

Baca juga  Innova Diesel Masih Tetap Diproduksi, Walau Ada Zenix!

Mobil ini terlihat menggunakan warna dasar hitam pada area bumper dengan gaya modern, serta trim atas yang memberi sentuhan desain elegan derta penggunaan LED dan desain grille yang khas.

Kesan tangguh dan siap menghadapi petualangan di jalanan didapatkan dari desain overfender atau spatbor yang menonjol, serta pegangan di kap mesin. Tidak hanya itu, pada bagian atapnya, terdapat braket besi berbentuk pipa yang mungkin berfungsi sebagai tempat untuk menaruh barang, menjadikan IMV 0 sebagai mobil yang sangat fungsional dan praktis.

Melihat bagian belakangnya, IMV 0 memiliki bak yang sangat panjang dengan dek yang cukup rendah. Meskipun begitu, tampilannya lebih mirip dengan mobil towing daripada mobil pikap pada umumnya. Desain ini memberikan karakter unik pada IMV 0 dan menjadikannya berbeda dari kendaraan pikap konvensional lainnya.

Kijang Rangga Pick-Up Siap Lawan Mitsubishi L300

interior toyota imv 0 - kijang rangga

Interior Toyota IMV 0

Informasi soal nama Kijang Rangga yang bakal digunakan untuk pasar Indonesia sebagai pengganti IMV 0 mencuat saat dilakukan persiapan GIIAS 2023. Di mana media nasional, Kompas.com melihat langsung di booth Toyota Commercial, ada sebuah dekorasi bertuliskan Rangga Concept. Mobilnya memang tidak ada di sana, tapi banyak yang menduga bahwa itu merupakan nama IMV 0 untuk pasar Indonesia.

Baca juga  7 Perbedaan Toyota Rush G Vs GR Sport

Nama Rangga sendiri tidak aneh digunakan oleh Toyota. Pasalnya pada era 90-an, Kijang Rangga pernah hadir sebagai salah satu varian dari Kijang Kapsul. 

Bila benar Kijang Rangga hadir sebagai mobil pick-up Toyota terbaru, maka harusnya akan jadi adik dari Toyota Hilux. Apalagi melihat harga yang ditawarkan adalah Rp180-250 juta.

Hanya saja kalau mesinnya 2GD-FTV apakah bisa dijual semurah itu? Atau jangan-jangan akan pakai mesin lain? Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Toyota di GIIAS 2023.

Demikian ulasan Toyota IMV 0 yang diprediksi juga akan hadir di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika