Minggu, September 25, 2022

Toyota Luncurkan GR 86 2022, Lebih Mahal dari Subaru BRZ!

by Tigor Sihombing

Toyota Indonesia resmi memperkenalkan GR 86 terbaru di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil sport hasil pengembangan Subaru dan Toyota ini dibanderol dengan harga Rp 938,5 juta on the road Jakarta.

Jika melihat harga Toyota GR 86 2022, ternyata lebih mahal dari kembarannya yaitu Subaru BRZ. Pasalnya mobil sport Subaru cuma dipasarkan dengan banderol mulai Rp 825 juta.  

Toyota mengatakan, 86 mengambil inspirasi pengembangan dari AE86 yang kesohor di tahun 1980an. Buat yang belum tahu AE86 adalah salah satu classic sport car yang dikagumi oleh para car enthusiast termasuk di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari desain eksterior yang agresif dan aerodinamis.

Mobil Sport Toyota 86 juga digemari oleh banyak modifikator di dunia karena sport car ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dimodifikasi. Tidak ketinggalan performanya juga istimewa.

Mesin Toyota GR 86 Pakai Boxer 2.400 cc

toyota gr 86 2022

Mesin Toyota GR 86 persis dengan yang dipunya oleh kemabarannya Subaru BRZ

Sementara itu, khusus untuk Toyota GR 86 adalah model sports car GR global ketiga bersama GR Supra dan GR Yaris. Seperti yang kita ketahui Toyota GR 86 model 2022 merupakan mobil yang langsung ditangani dan dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing (TGR).

Baca juga  Spesifikasi Toyota Vellfire Personel Debu yang Ringsek

Nah untuk versi terbaru ini, All New GR 86 tidak hanya hadir dengan bahasa desain eksterior dan interior baru. Tentunya secara desain lebih agresif serta sporty, namun juga dengan mesin baru yang lebih bertenaga.

Mesin baru pada Toyota GR 86 2022 memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2.400 cc masih dengan tipe boxer engine untuk mempertahankan Center of Gravity yang rendah. Berbeda dengan versi lama yang hanya berkapasitas 2.000 cc. Kubikasi sama juga digunakan oleh kembarannya yaitu Subaru BRZ yang juga meluncur bersamaan di GIIAS.

Dengan rasio kompresi 12.5:1, tenaga yang dihasilkan mesin menjadi lebih tinggi. Di mana tenaga maksimum meningkat 14%, dari 207 PS (152 kW) pada 7.000 rpm menjadi 235 PS (173 kW) pada 7.000 rpm. Begitu juga dengan torsinya yang meningkat sebesar 18%, dari 212 Nm pada 3.700 rpm, menjadi 250 Nm pada 3.700 rpm.

“Kami bersyukur sejak diperkenalkan pada tahun 2012, Toyota 86 mampu melebihi ekspektasi pelanggan terhadap sebuah sports car,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Baca juga  Menkeu: Relaksasi Pajak untuk Mobil 2.500 cc Mulai April 2021

Anton menambahkan hingga Juli 2022, lebih dari 800 unit Toyota 86 telah terjual. Ini menjadi bukti bahwa memang mobil sport ini benar-benar diminati oleh konsumen Indonesia.

“Dari total line-up GR kita, total sudah ada 105.530 unit yang terserap. Maka di kesempatan ini kita hadirkan enam produk baru di GR Sport, empat diantaranya merupakan pembaharuan dari Ayla, Fortuner, Yaris, dan Rush,” tambahnya.

Di GIIAS 2022, Toyota juga Hadirkan Hilux GR Sport

Toyota Hilux GR Sport

Toyota juga hadirkan Hilux, Fortuner, Yaris, Ayla, hingga Raize dalam balutan varian GR Sport model 2022 di GIIAS

Selain Toyota GR 86 2022, di GIIAS hadir pula berbagai model GR Sport lain seperti HiluxGR Sport. Keistimewaan mobil double cabin ini dibekali dengan mesin 1GD dengan power 37% lebih bertenaga serta suspensi yang lebih rigid.

Kombinasi performa mesin dan suspensi yang mumpuni membuat Hilux GR Sport mampu melibas medan yang paling berat sekalipun. Lebih dari itu, untuk menghadirkan peace of mind bagi pengemudi kala menempuh medan yang sulit, Hilux GR Sport juga dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga  Tips Beli Toyota Vios Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

Model GR Sport pada Hilux mengusung gaya tough dan sporty pada exterior. Ditandai dengan GR alloy wheel serta GR Sport bar di bagian belakang. Sementara di dalam, kesan advance dan sporty terasa sangat kental.

Penggunaan entertainment system dengan 8” display serta GR sport seat dan penambahan paddle shift membuat driver lebih in control meski sedang melibas medan yang sulit sekalipun.

Perpaduan antara interior yang nyaman, exterior sporty, dan performa buas ini lahir dari pengalaman Toyota GAZOO Racing menghadapi bengisnya trek Dakar Rally yang sangat panjang dimana kenyamanan driver serta performa mobil sangat diperhatikan.

Selain itu, ada pula Toyota Fortuner GR Sport, Raize GR Sport, Ayla GR Sport, Yaris GR Sport yang tampil dalam versi facelift di GIIAS 2022. Demikian ulasan terkait peluncuran Toyota GR 86 2022 di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika