by

Toyota Umumkan Harga Raize 1.200 cc, Lebih Murah!

Toyota akhirnya mengumumkan pemesanan Raize 1.200 cc sudah bisa dilakukan sejak Kamis (17/6/2021). Kemudian untuk harga Raize 1.200 cc sangat menarik, karena lebih murah dibanding versi 1.000 cc turbo.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi mengatakan bahwa harga Toyota Raize 1.200 cc mulai Rp 202 jutaan untuk varian G MT dan Rp 215 jutaan varian G CVT. Hal tersebut sudah termasuk diskon akibat relaksasi PPnBM 100 persen dari pemerintah yang diperpanjang.

“Harganya sangat kompetitif dan bisa jadi pilihan untuk konsumen Indonesia,” beber Anton dalam acara virtual media gathering Toyota yang berlangsung hari ini.

Bandingkan dengan Toyota Raize 1.000 cc turbo yang harganya mulai Rp 228,4 juta hingga 276,1 juta (OTR Jakarta). Jadi memang harga Raize 1.200 cc lebih murah.

Kemudian soal peluncuran mobil Toyota Raize 1.200 cc, sesunguhnya dimajukan dari perencanaan awal. Toyota tadinya bakal memasarkan model ini pada semester dua 2021. Hanya saja menurut Anton, karena banyaknya permintaan konsumen untuk Raize yang lebih terjangkau dan ada perpanjangan relaksasi PPnBM 100 persen dari pemerintah, maka penjualan model ini dimajukan ke Juni 2021.

Baca juga  World Premiere Mobil Baru Honda di Indonesia, Catat Tanggalnya

“Dari sisi produksi juga sudah ready. Jadi tidak ada salahnya sedikit memajukan. Memberi pilihan terhadap konsumen,” beber Anton.

Spesifikasi Toyota Raize 1.200 cc

harga raize 1.2 liter - eksterior
Ciri khasnya bisa dilihat dari pelek warna silver, kemudian tidak tersedia pilihan warna bodi two tone

Usai tahu harga Raize 1.200 cc, apakah kamu tertarik punya? Jika iya, ada baiknya cek dulu spesifikasi lengkapnya.

Tentu yang paling berbeda adalah mesin. Sesuai namanya, mobil ini memakai kubikasi mesin 1.200 cc tanpa turbo. Jantung mekanis ini bisa melontarkan torsi puncak 113 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm. Kemudian untuk transmisi ada dua pilihannya yaitu 5-percepatan manual dan CVT.

Jika dibanding dengan Raize 1.000 cc turbo, ternyata performa itu lebih lemah. Dari sisi torsi kurang 27 Nm dan tenaga berkurang 10 PS. 

Sebagai informasi, mesin 1.200 cc milik Raize beda dengan Calya. Pasalnya konfigurasi yang dipakai cuma tiga silinder, bukan empat silinder. Walau demikian, Toyota mengklaim mesin tiga silinder ini punya getaran yang minim seperti halnya yang sudah dilakukan di mesin Raize 1.000 cc turbo.

Baca juga  Kia Sonet Pakai Logo Baru, Lebih Keren!

Perbedaan secara eksterior juga terlihat jelas, terutama dari sisi roda. Khusus Raize 1.200 cc menggunakan pelek yang lebih kecil yaitu ukuran 16 inci. Kemudian tidak memiliki pilihan warna two tone.

Varian 1.200 cc dari Raize ini juga tidak memiliki versi GR Sport. Jadi hanya ada varian G dengan transmisi manual serta CVT. Alhasil jangan berharap kemunculan versi TSS atau Toyota Safety Sense di model Raize 1.200 cc. “Kalau yang lain sebenarnya relatif sama,” kata Anton.

Bicara fitur keselamatan, mobil SUV ringkas kembaran Daihatsu Rocky tersebut juga cukup istimewa. Tersedia anti-lock braking system (ABS), vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), dan airbag. Ada pula fitur keamanan seperti alarm dan immobilizer.

Setelah mengetahui spesifikasi dan harga Raize 1.200 cc, bagaimana pendapat kamu? Untuk informasi terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru