Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Yaris Cross Hybrid Vs Honda HR-V Turbo RS, Bagus Mana?

by Tigor Sihombing
Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo

Kali ini Moladin akan mengkomparasi data pabrikan Toyota Yaris Cross Hybrid Vs Honda HR-V Turbo RS. Maklum kalau keduanya dibandingkan, lantaran di segmen SUV kelas menengah dengan mesin 1.500 cc.

Bedanya untuk Yaris Cross pakai teknologi hybrid. Sementara HR-V RS menggunakan induksi turbo untuk mendukung performanya.

Sebagai informasi saat ini Toyota Yaris Cross Hybrid GR Sport yang merupakan varian tertinggi dijual Rp 450 jutaan, banderol tersebut hanyalah kisaran, karena pabrikan berlogo T belum membeberkan secara resmi. Sedangkan Honda HR-V Turbo RS, harganya Rp 529,9 juta.

Lalu apakah dengan harga yang lebih murah, maka Yaris Cross Hybrid 2023 lebih layak untuk dibeli? Atau jangan-jangan Honda HR-V RS dengan banderol yang lebih mahal bakal punya banyak keunggulan? Buat kamu yang penasaran, berikut komparasi lengkap Toyota Yaris Hybrid Vs Honda HR-V Turbo RS:

Tenaga Lebih Besar Honda HR-V Turbo RS

Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo

Mesin HR-V 1.5 Turbo RS sama dengan kepunyaan CR-V 1.5 Turbo

Komparasi Toyota Yaris Cross Hybrid vs Honda HR-V Turbo RS yang pertama adalah mesin. SUV pabrikan H tegak dibekali mesin VTEC berkapasitas 1.500 cc dengan induksi turbo. Di atas kertas sanggup memuntahkan tenaga sebesar 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm pada 4.500 rpm. Buas!

Sedangkan Toyota Yaris Cross Hybrid mengadopsi mesin 1.500 cc berkode 2NR-VEX yang dikawinkan dengan motor elektrik. Mesin bensinnya bisa mengeluarkan tenaga 90 hp dan torsi puncak 121 Nm. Sementara motor elektriknya mampu melontarkan torsi 141 Nm dan tenaga 79 hp. Tampak performanya sangat buas bukan?

Baca juga  Honda Brio Satya S dan E Facelift 2023, Apa Bedanya?

Hanya saja cara kerja mesin hybrid tidak seperti itu. Performa total dari Yaris Cross ini tidak bisa ditambahkan secara manual begitu saja antara mesin bensin dan motor elektrik. Toyota sendiri mengklaim tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan Yaris Cross Hybrid cuma 110 hp atau setara 111,5 PS.

Dengen begitu berarti Yaris Cross Hybrid bertenaga lebih kecil di banding HR-V Turbo, meski didukung oleh dua tenaga penggerak yaitu mesin konvensional dan motor listrik. Bisa jadi, Toyota memang mengejar efisiensi untuk mesin hibridanya. Walau memang secara data, angka irit untuk Yaris Cross hybrid belum diumumkan.

Head Unit Yariss Cross Hybrid Lebih Besar

Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo RS

Tampilan interior Yaris Cross Hybrid

Terkait system hiburan, head unit Toyota Corolla Cross Hybird GR Sport berukuran 10,1 inci, dengan wireless smartphone connectivity. Sedangkan Honda Hr-V Turbo RS berukuran 8 inci.Untuk fitur lainnya, keduanya sudah dibekali fitur Power Back Door with Kick Sensor.

Dengan adanya fitur Power Back Door with Kick Sensor ini tentunya akan memudahkan pemilik mobil saat membawa barang bawaan yang banyak dan akan memasukan ke ruang bagasi.  Hanya dengan mengayunkan kaki di bawah area pintu bagasi, maka otomatis pintu akan terbuka sendiri.

Baca juga  4 Mobil Mewah Bekas Taksi, Murah Banget!

Toyota Yaris Cross Hybrid Punya Jok Elektrik untuk Pengemudi

tips naik mobil di sirkuit untuk pemula

Atur posisi ketinggian, maju mundur masih manual di HR-V Turbo

Pada interior Toyota Yaris Cross Hybrid sudah dilengkapi jok elektrik atau Electric Seat Adjuster, utamanya untuk sisi pengemudi. Dengan demikian, pengaturan posisi duduk jadi lebih mudah, baik itu maju mundur atau naik turun.

Hal tersebut tentunya menjadikan pengemudi merasa lebih nyaman. Jok elektrik di interior Yaris Cross disebut sebagai keunggulan, lantaran para kompetitor seperti Honda HR-V Turbo tidak memilikinya.

Toyota juga mengklaim SUV ringkas miliknya punya posisi duduk yang tertinggi dibanding rival. Efeknya visibilitas berkendara jadi lebih jelas, sehingga rasa berkendara ala SUV bisa terwujud.

Tirai Panroramic Sunroof Yaris Cross Hybrid Bisa Dibuka Elektrik

Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo

Sunroof Yaris Cross tidak bisa dibuka, tapi tirainya punya pengaturan buka tutup dengan elektrik

Fitur yang jadi kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 antara lain hadirnya Panoramic Glass Roof with Power Sunshade. Dengan kata lain, SUV ringkas ini buka tutup kover kaca di atapnya sudah elektrik. Hanya saja, atapnya kacanya sendiri tidak bisa terbuka. 

Setidaknya fitur power sunshade di Yaris Cross ini lebih unggul dibanding punya Honda HR-V Turbo RS. Pasalnya kalau di SUV Honda, proses buka tutupnya masih manual. 

Baca juga  Spesifikasi Innova D’Masiv Yang Kecelakaan di Situbondo

Radius Putar Yariss Cross Hybrid Kecil, Mudah Putar Balik

Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo

Radius putar Honda HR-V lebih memakan ruang dibanding Yariss Cross Hybird.

Perbandingan antara Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo berikutnya adalah soal radius putar. Sebagai mobil perkotaan hal ini tentunya penting. Toyota Yaris Cross Hybrid radius putarnya kecil, cuma 4,2 meter.

Bandingkan dengan radius putar Honda HR-V Turbo RS mencapai 5,5 meter.Dari data tersebut alhasil Toyota Cross hybird pastinya untuk bermanuver di perkotaan, lebih lincah, begitu pula ketika mau putar balik.

Manuver Yaris Cross yang lincah di perkotaan, didukung pula dimensi mungil. SUV Toyota ini punya panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

Sedangkan Honda HR-V terbaru dimensinya lebih besar yakni panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.590 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Honda HR-V Turbo Sudah Punya Paddle Shift

Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo

Interior HR-V Turbo RS yang setirnya sudah pakai paddle shift

Perbandingan antara Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo lainnya adalah paddle shift. Pada Yaris Cross hybrid fitur ini nihil, sedangkan pada Honda HR-V RS fitur paddle shift sudah ada. 

Guna paddle shift adalah memberikan kesenangan berkendara lebih ke pengemudi. Pasalnya fitur ini memungkinkan mobil bertransmisi otomatis, melakukan simulasi perpindahan gigi manual lewat tuas yang ada di balik kemudi. Alhasil sensasinya seperti sedang mengendarai mobil balap.

Demikian ulasan Toyota Yaris Cross Hybrid VS Honda HR-V Turbo. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika