oleh

3 Varian Honda City Hatchback RS, Ini Bedanya!

Saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) memiliki tiga varian Honda City Hatchback RS. Di antaranya Honda City Hatchback RS M/T, Honda City Hatchback RS CVT dan Honda City Hatchback RS with Honda Sensing.

Ketiga model sedan hatchback tersebut dipasarkan mulai harga Rp 330 – 360 jutaan. Yang terakhir meluncur adalah Honda City Hatchback RS with Honda Sensing.

Pihak Honda melengkapi City Hatchback RS terbaru ini dengan fitur keselamatan canggih yang membuat berkendara semakin aman sekaligus menyenangkan.

“Sesuai dengan kebutuhan konsumen dan gaya hidup anak muda yang dinamis, kini kami melengkapi Honda City Hatchback RS dengan fitur keselamatan canggih yang membuat berkendara semakin aman sekaligus menyenangkan,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM  beberapa waktu lalu.

Nah kali ini Moladin akan membeberkan perbedaan dari ketiga varian Honda City Hatchback RS baik yang varian manual, CVT dan yang terbaru yang mengadopsi teknologi Honda Sensing. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Varian Termurah, Honda City Hatchback RS M/T

Varian Honda City Hatchback RS
Varian Honda City Hatchback RS dengan transmisi manual 6-percepatan

Mulai dari varian yang termurah Honda City Hatchback RS M/T. Unit ini pasarkan dengan harga on the road Jakaryta Rp 333.600.000. 

Honda City Hatchback RS M/T meluncur pertama kali pada tahun lalu berbarengan dengan versi CVT. Berbeda dengan di Thiland, versi manual 6 percepatan ini hanya ada di Indonesia. 

Varian mesinnya pun berbeda, di Thailand menggunakan mesin berkapasitas 1.000 turbo. Sedangkan versi Indonesia 1.500 cc 4 silinder segaris DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW.

Baca juga  Harga Honda Brio Terbaru 2022, Masih Diskon PPnBM?

Adapun performanya mencapai 121 PS (119,3 HP)/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm. Lebih besar di banding Honda Jazz yang hanya 120 PS.

Pada Eksterior, Honda City Hatchback RS M/T sudah dibekali dengan fitur lampu LED DRL, begitu pun dengan pengguna an lampu kabut yang juga sudha mengadopsi LED.

Begitu pun dengan spionnya sudah tersemat Black door mirror with LED Turning Signal. Pada kaki-kaki Honda City Hatchback RS M/T mengusung pelek alloy berukuran 16 inci.

Selain itu juga ada remote engine start yang bisa menghidupkan mobil tanpa masuk ke kabin.

Pada interior, untuk menghadapi mobil ini pemilik tinggal menekan tombol starter (one push ignation system).

Selain itu fitur Auto ACnya juga sudah diterangi oleh red illumination yang membuat kabin terkesan sporty.

Selain itu model ini juga didukung oleh touchscreen display berukuran 8 inci, yang dikombinasikan dengan speaker 8 titik.

Pada kursi pemunpang dań pengendara menggunakan bahan standar suede fabric. Honda juga menyediakan faslitas utuk menunjang mobilitas penumpangnya dengan menghadirkan 2 power outlet untuk mengecas hape di baris kedua.

Untuk sistem keamanan, Honda City Hatchback RS M/T juuga dibekali dengan multi angle rearview camera untuk membantu penglihatan object depan.

Selain itu juga ada ABS, ABD, BA, dan brake override system yang membuat berkendara semakin aman.

Baca juga  World Premiere Honda ZR-V RS di GIIAS 2021?

2. Honda City Hatchback RS CVT

Varian Honda City Hatchback RS
City Hatchback RS CVT dan MT, cuma beda di sistem transmisi saja

Berikutnya adalah perbedaan dengan Honda City Hatchback RS CVT.
Model ini memiliki semua fitur yang terdapat pada varian MT. Namun pada Honda City Hatchback RS CVT didukung oleh transmisi otomatis 6 percepatan.

Honda City Hatchback RS CVT dibanderol dengan harga on the road Jakarta Rp 343.600.000.

3. Varian Termahal, City Hatchback RS with Honda Sensing

Varian Honda City Hatchback RS
Teknologi Honda Sensing menjadikan berkendara dengan City Hatchback RS semakin menyenangkan

Sebagai type tertinggi, Honda City Hatchback RS with Honda Sensing dibekali dengan fitur tercanggih yang tidak dimiliki oleh dua varian di bawahnya.

Selain itu model ini juga sudah memiliki semua fitur dari dua model di bawahnya. Sebagai varian termahal, unit ini memiliki beberapa fitur terkini.

Pertama adalah adanya fitur Honda Lane Watch. Fitur ini merupakan blind spot monitoring yang membantu mengatasi blind spot yang tidak tertangkap spion. Visualnya bisa dilihat pada layar panel tengah yang ada di dasbor.

LaneWatch memiliki fungsi yang sama dengan kaca spion pada umumnya, tetapi visual tersebut dihasilkan dari sebuah kamera.

Selain itu varian ini dibekali dengan Meter Cluster yang terintegrasi langsung dengan Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio berukuran 8 inci.

Jika pada Honda City Hatchback RS sebelumnya, panel instrumen ini hanya menggunakan system MID biasa. Tapi pada New Honda City Hatchback RS with Honda Sensing sudah mengusung Meter Cluster TFT Display berukuran 7 inci.

Komponen ini hadir dengan desain yang lebih atraktif, menggunakan kombinasi warna-warna yang memancarkan aura sporty, juga display animasi dua dimensi yang menarik. Alhasil informasi yang didapatkan pengemudi tentang mobil bakal lebih banyak.

Baca juga  Awal 2022, Harga All New Honda BR-V Naik!

Meter Cluster ini juga semakin spesial, karena terintegrasi langsung dengan head unitlayar sentuh berukuran 8 inci milik City Hatchback.

Fitur lain yang tidak ada pada varian di bawahnya adalah Auto Head Light. Fungsi fitur ini sangat sederhana, namun sangat penting. Di mana cara kerja fitur Auto Head Light adalah dengan menyalakan lampu secara otomatis ketika kondisi jalan mulai dirasa gelap.

Lainnya adalah fitur Walk Away Auto Lock. Fungsi dari Walk Away Auto Lock adalah untuk mengunci mobil dengan sendirinya, apabila kamu lupa mengunci kendaraan.

Fitur ini bekerja ketika kamu mematikan kendaraan, kemudian menjauh dengan membawa kunci melebihi jarak 2 meter dari mobil. Secara otomatis, pintu mobil akan mengunci.

Dan yang terakhir tentu saja hadirnya fitur Honda Sensing, yang merupakan teknologi keselamatan terbaru Honda. Secara umum fitur ini mampu memprediksi pergerakan objek di sekitar mobil dan akan memberikan peringatan dini pada pengemudi.

Sebagai informasi, fitur Honda sensing ini menjadi yang pertama tersedia untuk model Hatchback Honda. Di dalamnya terintegrasi, Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Auto-High Beam (AHB).

Demikian ulasan terkait varian Honda City Hatchback RS. Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru seputar otomotif.

Terbaru