Senin, April 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Varian MG4 EV Ignite Vs i-Smart, Sudah Long Range?

by Tigor Sihombing
MG4 EV Ignite Vs i-Smart

Moladin akan mengulas perbedaan MG4 EV Ignite Vs i-Smart 2023. Ya, ternyata mobil listrik ini punya dua varian, informasi tersebut kami dapatkan dari laman resmi MG Indonesia. Kira-kira di mana letak perbedaan antara keduanya?

Secara dimensi, baik MG 4 EV Ignite dan i-Smart tidak beda. Bodi eksteriornya punya panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm dan tinggi 1.516 mm. Kemudian wheelbase rodanya 2.705 mm dengan ground clearance 117 mm. Jarak bodi mobil listrik ini dengan permukaan jalan turut disokong penggunaan velg 17 inci dan ban berprofil 215/50 pada kedua varian.

Sementara sistem peredaman pakai McPherson Strut di depan dan Free 5 Links di belakang. Kaki-kaki diperkuat perangkat pengereman cakram di seluruh roda.

Penggunaan Baterai 51 kWh di MG4 EV, Bukan Long Range!

MG4 EV Ignite vs i-Smart

MG4 EV di Indonesia belum memiliki baterai long range

Di samping itu, MG4 EV merupakan mobil global elektrik dari MG yang sudah menggunakan teknologi baterai terbaru yang mereka beri nama Rubik’s Cube. Efeknya bisa menyimpat tenaga listrik lebih banyak dengan dimensi baterai ringkas. 

Hanya saja di Indonesia, baik MG4 EV Ignite Vs i-Smart masih pakai kapasitas 51 kWh. Berdasarkan pengujian mode NEDC didapat jarak tempuhnya dalam kondisi baterai penuh mencapai 425 km.

Baca juga  Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT, Beli yang Mana?

Padahal di negara lain seperti Inggris, sudah tersedia MG4 EV Long Range yang baterainya punya kapasitas lebih besar yaitu 64 kWh dengan jarak tempuh hingga 579 Km. Sayangnya, hingga saat ini varian Long Range itu belum masuk Indonesia.

Kemudian spesifikasi MG4 EV Ignite dan i-Smart di Indonesia memiliki motor elektrik yang berada di roda belakang. Di atas kertas bisa melontarkan tenaga 170 PS dan torsi 250 Nm. Soal akselerasi bisa melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 3,8 detik. 

Setelah tahu kesamaannya, bagaimana dengan perbedaan MG4 EV Ignite vs i-Smart? Berikut bahasan lengkapnya:

MG4 EV Ignite

MG4 EV Ignite Vs i-Smart

Interior MG 4 EV Ignite

Eksterior, MG4 EV Ignite sudah menggunakan lampu LED pada bagian depan dan belakang. Visibilitas di siang hari juga akan semakin aman dengan adanya lampu DRL.

Model ini pun sudah dilengkapi dengan Automatic on off headlight control system, LED Brake light, spion lipat dan elektrik, fitur kaca anti embun dan door penel docoration.

Baca juga  Pabrik Mobil MG di Indonesia Siap Dibangun, Fokus Produksi EV?

Sedangkan pada interiornya, MG4 EV Ignite bernuansa hitam dan menggunakan trim syhthetic leather kombinasi fabric. Sudah menggunakan Electric Windows One Touch Up-Down hanya di sisi supir dan juga sudah memiliki fitur Dimming Rear View Mirror.

Terkait system keamanan, type Ignite hanya memiliki LKA (lane Keeping Assist) dan LDW (lane daparuting warning), ISOFIX, Retractable Fron Seat Belt with Automatic T ension Relief, Front, Side, and C urtain Airbags dan Immobilizer Keyless System.

Selain itu, MG 4 EV Ignite sudah dibekali beragam fitur dari Apple CarPlay atau AndroidAuto dapat diakses dari layar sentuh atau head unit berukuran 10,25 inci. Wireless charging pad terletak di belakang Rotary Gear Selector, menambah kenyamanan saat mengisi baterai gadget yang mendukung fitur tersebut.

Harga MG4 EV Ignite cuma Rp 649,9 juta (OTR Jakarta).

MG4 EV i-Smart

MG4 EV Ignite Vs i-Smart

Interior MG4 EV i-Smart lebih atraktif.

Sedangkan pada MG4 EV Magnify i-Smart tentunya fitur yang lebih istimewa. Tampak pembedanya dari eksterior adalah kehadiran Tail Light dengan tambahan Position Light, serta spoilernya sudah mengusung konsep Twin Arrow Wing.

Baca juga  MG Cyberster Debut di Goodwood Festival 2023, Lanjut ke Indonesia?

Lalu pada interior MG4 EV Magnify i-Smart, sudah pakai warna two tone. Bicara fitur, ada tambahan seperti ELK (Emergency Lane Keeping Assist), LCA, blind spot detection, Rear cross trafic allert, door opening warning, rear cross trafic braking, dan 3d surround view camera. Intinya teknologi keselamatan mobil listrik ini lebih lengkap.

Selayaknya varian i-Smart, MG 4 EV varian tertinggi ini juga memiliki teknologi Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect. Fitur i-Smart memudahkan smartphone terhubung sepenuhnya lewat layanan telematika dengan mobil. Istimewa bukan? 

Pengecekan status baterai juga dapat diakses dari mana saja menggunakan aplikasi MG iSMART yang terinstal di smartphone. Aplikasi ini juga sanggup membantu menemukan charging station terdekat, serta mengontrol berbagai fungsi maupun mengakses berbagai status MG4 EV lainnya. Hanya saja terkait harga MG 4 EV i-Smart, belum ada informasinya.

Demikian ulasan MG4 EV Ignite Vs i-Smart. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika